Latest News

6 Tips SEO Konten untuk Pemula

Menulis bukan perkara yang mudah, tetapi bukan berarti tidak sulit. Tergantung pada keterampilan dan gairahnya. Namun demikian, prinsip bahwa hadirnya konten dalam blog ialah yang utama, maka sesulit apapun dalam membuat artikel, tetap saja harus dilakukan.

tips SEO konten bagi blogger pemula
Tidak dapat dipungkiri pula, bahwa konten ialah raja. Konten memiliki kekuatan penuh dalam perkembangan blog secara keseluruhan. Bagi blog, tidak perlu desain yang cantik dengan template yang menawan, jikalau artikel yang ada hanya asal-asalan saja. Coba lihat blog milik gadis Nigeria yang sukses dengan blog pribadinya. Linda Ikeji, nama gadis mantan model yang kini beralih profesi jadi blogger yang sukses. Meski jumlah follower dan trafiknya banyak, namun template yang dipakai hanya memakai template bawaan blogger. Dan hal itu tidak menyurutkan para perusahaan iklan untuk ikut menempatkan iklannya di blog tersebut.

Inilah mengapa kecerdasan dalam membuat konten postingan sangat diperlukan. Optimasi blog mudah terdongkrak dengan hadirnya konten yang menarik. Lalu bagaimana membuat konten yang menarik itu? Berikut beberapa tips SEO konten yang bisa dipelajari bersama.



Tips SEO konten bagi pemula

#1. Write for human

Inilah faktor utama dalam menulis konten. Menulis untuk dibaca manusia, bukan robot. Sebaik apapun goresan pena kita, tetap saja yang menikmati secara eksklusif ialah manusia. Merekalah yang memiliki empati, rasa, karsa dan perasaan dalam mencerna sebuah tulisan. Tidak menyerupai halnya robot yang kaku. Apalagi kini, algoritma google makin cerdas. Sisi human mulai dinomoprsatukan. Algortima Rankbrain makin memudahkan calon pengunjung menerima isu yang paling mendekati apa yang mereka inginkan.
Artikel terkait Buatlah Postingan untuk Manusia, Bukan Robot.
Maka biar mudah dicerna oleh manusia, gunakan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu konten ditulis dengan baik tanpa ada salah ketik dan sebagainya. Juga memakai tata bahasa yang baik sesuai ejaan yang berlaku.


#2. Unik, menarik dan ditulis dengan baik

Google sangat menyukai konten yang unik. Sedangkan pengunjung menyukai isi konten yang menarik dengan tata bahasa yang baik. Kombinasi yang baik untuk mengoptimalkan SEO konten blog. Dan merupakan dasar tips terbaik dalam menulis konten SEO bagi blog.


#3. Readable

Maksud readable disini adalah, bahwa isi artikel bisa dibaca. Tidak awut-awutan dan berstruktur lengkap. Ada pembukaan, isi dan penutup. Sebaik apapun konten yang disajikan, jikalau sisi fasilitas bacaan dan struktur goresan pena tidak diperhatikan, akan sulit untuk menerima simpati dari pembaca.
Trik menarik Menarik, Trik Ini Membuat Judul Postingan Blog Bisa Berjalan.


#4. Quantity with Quality

Jumlah kata yang banyak disertai kualitas isi yang baik, ialah langkah terbaik menjadi penulis konten yang hebat. Kualitas yang dihadirkan dalam goresan pena tidak menarik jikalau hanya ditulis hanya dalam 100-200 kata saja. Paling tidak kurang menarik bagi mesin google. Jika memiliki kemampuan membuat goresan pena yang baik dengan jumlah kata hingga 500-1000 kata tanpa menurunkan kualitasnya, itulah konten terbaik.

Sehingga, jangan terlalu pelit untuk merangkai kata guna menghadirkan isu tambahan. Sebab, kata kunci makin padat dengan jumlah konten yang kebih banyak. 



#5. Keyword cerdas

Keyword atau kata kunci memegang peranan penting di mata mesin pencari dalam merayapi blog. Pemakaian yang tepat, akan menaikkan peringkat blog dalam hasil pencarian. Yang perlu diperhatikan ialah bijaksana dalam menempatkan keyword. Hindari pemakaian yang terlalu  banyak. Cukup beberapa saja. Namun tetap tertarget.
Simak 5 Tips SEO Terbaik Agar Keyword Lebih Efektif.


#6. Berdikari

Lupakan isi konten postingan para pesaing. Meski memiliki topik yang sama, pastikan bahwa konten yang kita buat mempunyai gaya dan style tersendiri. Judul, bahasa dan tampilan yang benar-benar berbeda dengan blog manapun. Menjadi unik di mata visitor dan google.

So, siapapun kita. Baik pemula maupun advanced, tetap saja terus memperhatikan bagaimana menulis konten yang baik. Blogger pemula akan bisa menemukan jaringan gres lewat konten yang dihadirkannya. Sebaliknya, blogger advanced akan kehilangan momentum untuk terus melebarkan jaringannya dikarenakan gagal konsisten dalam konten yang dia tuliskan.
Rekomendasi artikel 25 Step by Step Blogging Tips untuk Blogger Pemula.
Demikian yang bisa saya sampaikan. Jika ada yang ingin menambahkan, silakan masukkan ke dalam kolom komentar yang ada. Good luck.