Latest News

5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Media Sosial



image

Media Sosial merupakan hal yang tak dapat dipisahkan terutama bagi kalangan generasi muda ketika ini baik pria maupun wanita, ada banyak sekali macam alasan yang membuat mereka tak ingin lepas dari yang namanya media sosial. Semakin canggihnya teknologi membuat mereka yang tadinya awam teknologi semakin mudah untuk mengakses internet, bahkan anak kecil sekalipun baik yang tinggal di desa maupun di tempat perkotaan sudah sangat mengerti wacana cara menggunakan media umum tanpa ada yang mengajari sekalipun.

Sepintas hal ini memang membawa dampak yang positif, kita jadi melek teknologi dan tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat, isu jadi lebih mudah diakses, referensi pikir yang semakin maju, dan masih banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari media umum yang kita gunakan sehari-hari.


Namun, walaupun membawa cukup banyak manfaat yang positif, tentusaja media umum juga memiliki dampak negatif yang dapat mensugesti perilaku dan keseharian kita, untuk itu saya akan menunjukkan 5 gambaran bagi kau yang mungkin sudah kecanduan media sosial, berikut ulasannya.



1.) Akun Media Sosial Selalu Menjadi Yang Pertama Kali di Cek Saat Bangun Tidur

Bagi kau yang merasa melaksanakan hal ini setiap gres berdiri tidur, maka waspadalah mampu jadi kau sudah kecanduan media sosial, pasalnya banyak hal lain yang lebih penting daripada sekedar mengecek akun sosial media, kau mampu pribadi basuh muka dan ambil air wudhu lalu menunaikan ibadah sholat subuh (bagi yang menunaikannya), atau kau mampu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat lainnya, silahkan introspeksi diri.

2.) Selalu Mengeceknya Setiap Saat

Kamu tidak pernah bolos dan tidak peduli waktu dalam mengecek media sosial, frekuensi mengecek sosial media kau yang tinggi mampu membuktikan kau kecanduan media sosial, baik ketika sedang bekerja, belajar, maupun berkumpul bersama teman-teman, kau selalu saja sibuk dengan smartphonemu sendiri karena keasyikan bermain facebook, twitter, instagram, dll. Alhasil waktu berkumpul bersama teman-temanmu sendiri menjadi terbuang sia-sia. Apakah kau salah satunya?

3.) Semuanya Tidak Luput Menjadi Bahan Jepretan dan Membagikannya di Media Sosial 

Memang boleh kita membagikan atau sharing wacana apapun yang sedang kita lakukan, karena memang itulah salah satu fungsi dari adanya media sosial. Namun, sangat tidak bijak juga kalau beranda media umum penuh dengan foto-foto yang dibagikan oleh kau seorang, sebentar-sebentar uploud foto wacana makanan, lalu beberapa menit kemudian upload lagi wacana tempat-tempat yang kau kunjungi, ingat feed atau beranda media umum bukan hanya milik kau seorang, orang lain pun berhak menggunakannya. Ada yang tersinggung :D? 

4.) Kamu Sering Khawatir Jika Tiba-tiba Baterai Ponselmu Habis dan Lupa Bawa PB

Nah, inilah yang sering saya lihat akhir-akhir ini, dan kebetulan saya mengingatnya maka pribadi saja sekalian akan saya share disini. Ketika saya mengikuti perkuliahan selalu ada saja orang-orang yang sibuk mencari-cari PB alias Point Blank Power Bank, terutama perempuan, saya awalnya menerka memang ada hal yang benar-benar penting dan krusial sampai-sampai mereka sibuk mencari-cari PB dan khawatir ponselnya keburu tewas, tapi pas saya lihat dan tanyakan ternyata hanya sedang asyik membuka media umum saja, sungguh prihatin memang, ketika dosen menjelaskan bahan kuliah malah banyak yang asyik dengan urusannya sendiri, meding kalo bermanfaat, lah ini hanya membuang-buang waktu berharga saja, begitupun di tempat lain bukan hanya di kelas saja ketika mengikuti perkuliahan.

5.) Sangat Merasa Tidak Nyaman Saat Ponsel Ketinggalan di Rumah

Untuk poin terakhir ini bergotong-royong tidak jauh beda dengan poin diatas yaitu poin nomor 4, intinya karena kau tidak mampu akrab dengan ponselmu walau hanya sebentar saja kau mengalami kejang-kejang, mual, dan pusing rasa tidak nyaman dan cemas yang berlebihan, ingatlah sobat ponsel bukanlah segala-galanya apalagi media sosial, mereka hanyalah sekedar media yang dapat membantu kau untuk lebih produktif kalau kau menggunakannya dengan bijak, jangan hanya karena ponsel tertinggal di rumah saja kau jadi malas melaksanakan apapun.

Nah, diatas yaitu tanda-tanda yang sudah sangat erat kaitanya dengan para pecandu media sosial, kalau kau memiliki salah satu ciri diatas, maka kau perlu waspada dan segera untuk memperbaikinya, untuk itu saya akan menunjukkan beberapa tips yang mampu kau terapkan dalam menggunakan media umum semoga terhindar dari dampak-dampak negatif yang tidak diinginkan.

Berikut tips yang dapat kau praktekan semoga lebih bijak dalam bersosial media.

  • Cobalah untuk menyesuaikan penggunaan media umum dengan kebutuhan atau minat kamu. Contoh, kau yang memiliki hobi fotografi atau membuat video, dapat menggunakan media umum menyerupai Instagram dan YouTube. Atau kau yang memiliki bisnis, dapat membuat Fans Page di Facebook atau akun resmi di Line. Jadi, dengan menerapkan hal ini kita tidak hanya menggunakan media umum untuk sekedar narsis dan melaksanakan hal-hal yang kurang bermanfaat.
  • Batasi penggunaan media sosial. kau mampu menjadwalkan untuk menggunakan media umum pada jam dan durasi tertentu. Jadwal tersebut akan menghindarkan kemungkinan kau mengakses media umum di sela-sela acara yang ada, sehingga kau mampu lebih produktif dalam menjalankan acara tersebut dan dapat terhindar dari kecanduan bersosial media.
  • Jika kebiasaan untuk sekadar melihat laman home media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) sulit dihilangkan, cobalah alokasikan waktu luang singkat, menyerupai ketika berada di kendaraan umum atau menunggu antrean untuk melaksanakan kebiasaan tersebut. Dengan mengalokasikan waktu luang tersebut, kau mampu tetap mendapat isu terkini, tapi tidak kehilangan waktu kau untuk acara lain yang lebih penting.

Nah, itulah kira-kira yang dapat saya bagikan di artikel kali ini, bagaimana apakah kau salah satu orang yang sudah kecanduan media sosial? kalau iya maka segeralah bertobat dan praktekan tips-tips singkat diatas, atau kau mampu juga menguranginya dengan caramu sendiri, intinya semoga kau terhindar dari efek-efek negatif yang disebabkan oleh media sosial. selamat mencoba!