Latest News

5 Situs Terbaik untuk Belajar HTML & CSS Bagi Blogger Pemula

Belajar HTML dan CSS mudah
HTML intinya yaitu elemen/struktur web, dan CSS yaitu "penghias" serta penyusun layout hingga sebuah halaman web memiliki interface yang unik dan indah. Jika anda yaitu blogger pemula, baik dalam konteks gres saja membangun blog, atau bagi anda yang mulai risih dengan aneka macam kode-kode yang belum dimengerti padahal harus berurusan dengan utak-atik template, inilah saatnya anda mulai menyadari bahwa coding merupakan syarat penting yang harus anda kuasai biar bisa mengutak-atik desain blog sesuai yang diinginkan; sekurang-kurangnya anda wajib memahami apa itu dasar HTML dan CSS dan bagaimana keduanya bekerja dalam membentuk tampilan sebuah halaman web. 

Meski pada awalnya anda harus berjuang mati-matian untuk bisa memahami HTML dan CSS serta merasa abnormal ketika harus bersentuhan dengan keduanya, semakin anda mempelajari dan mempraktekkan semakin mudah anda membaca, memahami, dan menerapkannya dasar-dasar HTML dan CSS dengan baik. Semua hanyalah duduk perkara "alah bisa alasannya biasa." Semakin anda terbiasa, semakin mudah dan cepat proses pembelajarannya. Bisa dikatakan, memahami HTML dan CSS yaitu syarat paling dasar yang harus dipenuhi oleh seorang Blogger, jikalau ia ingin proses ngeblognya berkembang dan sukses. Mengesampingkan hal-hal mendasar demikian dan bahkan mengalah berarti sudah pasti si blogger tidak akan berkembang.

Ada aneka macam macam tutorial coding, dari paling dasar hingga advanced, dari sekedar HTML dan CSS sederhana hingga XML, PHP, ASP, dan bahkan hingga bagaimana merancang API. Semua tersedia gratis dan bertebaran di muka bumi, eh maksudnya di web. Jadi, tidak ada alasan untuk bilang susah alasannya tidak ada sarana belajar. Satu-satunya alasan kenapa kata "susah" muncul yaitu alasannya kemalasan, tidak ada yang lainnya. 

Berikut yaitu beberapa website pilihan saya, yang juga biasa aku gunakan sebagai sumber berguru sekaligus test kode. Tutorialnya tersusun dengan baik, dari dasar hingga advanced, bahkan sebagian besar memiliki interface interaktif dimana anda bisa eksklusif melaksanakan latihan dan ujicoba instruksi tanpa harus menggunakan software berguru apapun. Fokus kita kali ini yaitu HTML dan CSS untuk pemula, namun tidak menutup kemungkinan terdapat tutorial lain, misalnya HTML5, Javascript, PHP, ASP, ASPX, PERL, dan sebagainya, bagi anda yang sudah begitu bersahabat dengan HTML dan CSS dan ingin membuatkan yang lainnya. Semua tertulis dalam bahasa Inggris, namun menurut aku cukup mudah untuk diikuti dan dipahami.

1. W3 SCHOOLS (w3schools.com)

Siapa yang belum pernah dengar perihal situs ini? Bisa dibilang sebagai situs terbesar dengan informasi, penjelasan, dan tutorial paling detil mengenai aneka macam hal yang berkaitan dengan desain dan pengembangan web. Dalam hal HTML dan CSS, tentu saja ini yaitu salah satu resource yang bisa diandalkan. Belum lagi aneka macam interface interaktif-nya (Try it Yourself Editor) yang bisa kita gunakan untuk latihan dari tingkat paling dasar hingga advanced. Terdapat pula aneka macam berita dan tutorial javascript, HTML 5, bahasa pemrograman yang berkaitan dengan server (PHP, SQL, ASP, dll), ASP.NET, XML, dll.

2. Code Academy (www.codeacademy.com)

Ini yaitu situs yang paling sering aku kunjungi, terutama dalam berguru dan bertukar pikiran soal pengembangan web (khususnya PHP, API, dan Ruby). Yang paling aku sukai yaitu fitur interaktifnya dimana anda bisa eksklusif mempelajari sekaligus mempraktekkan aneka macam level pembelajar HTML dan CSS dengan tahap yang jelas, terstruktur, dan dengan tutorial yang mudah diikuti. Jika anda ingin eksklusif melihat bagaimana pembelajaran basic-nya, eksklusif tuju navigasi di footer, dan klik HTML/CSS. Anda juga bisa mengawali pembelajaran dengan mengagumi bagaimana kode-kode bekerja dengan mengisi kolom interaktif di halaman depan. Bagi web developer dan pengagum coding, ini surga buat anda!

3. HTML.net

Jika anda lebih menyukai "penuturan" untuk memahami dan mencerna bahan HTML dan CSS, sekaligus ingin memahami esensi halaman website serta aneka macam elemen dan tag-nya, maka situs ini bisa menjadi sumber yang tepat. Plus, anda bisa menggunakan Google Translate dengan mudah jikalau anda kesulitan dalam memahami bahasa Inggris (hehe). Semua konten memiliki struktur dan sistematika yang jelas, dari A hingga Z, jadi cukup membantu proses pemahaman secara bertahap. Terdapat pula aneka macam tutorial lain menyerupai HTML5, PHP, ASP, dan Javascript.

4. HTML Dog (www.htmldog.com)

Masih sama dengan model website di atas, situs ini juga menyediakan aneka macam tutorial HTML dan CSS. Yang agak berbeda yaitu konten dibagi berdasarkan jenis elemen/tag (heading, title, list, link, tabel, form, dan lain sebagainya), sehingga anda bisa masuk ke bab tertentu secara langsung. Terdapat pula tutorial javascript dasar dimana anda juga bisa berkenalan dengan bahasa javascript.

5. CSS Easy (www.csseasy.com)

Mungkin bagi anda yang pertama kali masuk website ini akan kebingungan dan menganggap remeh. Ya, situs ini hanya berbicara bagaimana CSS digunakan untuk menyusun layout dasar. Tapi jangan salah, dengan memahami bagaimana layout dasar sebuah halaman web, maka anda sudah masuk ke gerbang awal desain template blog/web, dan memahami bagaimana CSS digunakan sebagai penyusun layout. Terdapat dua jenis layout yang variatif untuk dipelajari, yang pertama berupa fixed layout dan yang kedua berupa fluid layout (yang kemudian bisa digunakan untuk menyusun dasar template responsive juga). Cara yang digunakan untuk mempelajari cukup unik, klik salah satu pola layout, lalu klik kanan dan pilih "open page source" atau "view source" untuk melihat kode-kode CSS di dalamnya. Simpan halaman tersebut untuk bisa diutak-atik sesuai keinginan.