Latest News

17 Manfaat Jeruk Limau yang Mengesankan

Manfaat kesehatan dari jeruk limau termasuk penurunan berat badan, perawatan kulit, perawatan mata, perbaikan pencernaan, gangguan pernapasan, gangguan kencing dan kelegaan dari konstipasi, dan pengobatan kudis, tumpukan, tukak lambung, asam urat, dan gusi.

 Manfaat Jeruk Limau yang Mengesankan


Jeruk limau, dengan nama ilmiah Citrus Aurantifolia, telah dikenal dengan khasiat obatnya dan penggunaannya dalam pengobatan banyak sekali penyakit selama berabad-abad. Karena rasanya yang unik, buah jeruk limau ini banyak dikonsumsi di seluruh dunia dan memiliki banyak sekali masakan dan non kuliner. Hal ini juga digunakan dalam persiapan banyak sekali produk kosmetik dan kesehatan. Diambil dari kulit jeruk nipis atau kulit, minyak esensial jeruk limau banyak digunakan dalam aromaterapi dan parfum.

Fakta Nutrisi dari Jeruk Limau

Jeruk limau terutama terdiri dari air dan merupakan sumber vitamin C. Hal ini juga kaya akan serat makanan dan mineral menyerupai kalsium, besi, potassium, tembaga, magnesium dan fosfor. Hal terbaik perihal kapur ialah bahwa ia memiliki paling sedikit kalori, karbohidrat, dan nol lemak. Selain itu, kulit jeruk nipis dan pulp juga kaya akan banyak sekali fitokimia menyerupai polifenol dan terpen.

Manfaat Kesehatan Jeruk Limau

Jeruk limau dapat melaksanakan lebih banyak untuk kulit dan kesehatan keseluruhan daripada hanya menambahkan semangat menyegarkan untuk minuman, membersihkan tubuh kita dan meningkatkan kekebalan tubuh kita. Mari kita lihat beberapa manfaat yang mereka tawarkan;

Kekurangan vitamin C: Penggunaan jeruk limau merupakan obat terkenal untuk penyakit kudis, suatu penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin C. Hal ini ditandai dengan seringnya infeksi yang menunjukkan gejala flu biasa, bibir retak dan sudut bibir, bisul di lidah. Dan di mulut. Anda juga dapat mendiagnosis penyakit kudis jikalau Anda melihat spons, bisul dan gusi berdarah.

Perawatan Kulit: Jus jeruk limau dapat dikonsumsi secara oral dan digunakan dalam aplikasi topikal. Ini meremajakan kulit dan melindungi dari infeksi. Ini juga membantu mengurangi bacin tubuh karena adanya kadar vitamin C dan flavonoid yang tinggi di dalamnya. Baik air jeruk nipis dan minyak esensial kapur mengandung antioksidan tinggi dan memiliki sifat antibiotik dan disinfektan. Bila dioleskan secara eksternal ke kulit, asamnya mengeluarkan sel-sel mati dan menyembuhkan ketombe, ruam, dan memar. Ini juga mampu digunakan untuk menciptakan pengalaman mandi yang menyegarkan jikalau jus atau minyaknya dicampur dalam kolam mandi Anda.

Pencernaan: Jeruk limau atau jeruk nipis memiliki aroma yang tak tertahankan yang mengakibatkan verbal Anda lembap dan ini benar-benar membantu pencernaan primer (air liur pencernaan membanjiri verbal Anda bahkan sebelum Anda mencicipinya).

Berat Badan: Segelas air hangat dengan jus jeruk nipis ialah peredam berat yang rupawan serta minuman penyegar dan antioksidan yang brilian. Asam sitrat yang ada dalam kapur ialah pembakar lemak yang sangat baik. Anda mampu mengonsumsi dua gelas air hangat dengan air jeruk nipis sehari dan melihat hasil yang luar biasa dalam seminggu.

Konstipasi (Sembelit) : Terutama, jumlah asam dalam kapur membantu membersihkan sistem ekskretoris dengan mencuci dan membersihkan saluran, menyerupai beberapa asam digunakan untuk membersihkan lantai dan toilet. Kekeringan dalam kapur juga membantu dalam mengurangi sembelit. Overdosis jus jeruk nipis dengan garam juga berperan sebagai obat pencahar yang sangat baik tanpa efek samping, sehingga mengurangi sembelit.

Diabetes: Menurut American Diabetes Association, limau dan buah sitrus lainnya dianggap sebagai makanan pengganti diabetes karena sejumlah alasan. Terutama, serat larut dalam kadar tinggi yang ditemukan di jeruk nipis membuatnya menjadi makanan yang ideal untuk membantu mengatur peresapan gula dalam tubuh ke dalam anutan darah, mengurangi terjadinya lonjakan gula darah yang merupakan risiko serius bagi pasien diabetes. Selain itu, limau dan buah jeruk lainnya memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti tidak mengakibatkan lonjakan kadar glukosa yang tidak terduga.

Penyakit Jantung: Serat larut yang sama yang mampu membantu penderita diabetes mempertahankan kadar gula darahnya juga mampu menurunkan tekanan darah dan menghilangkan adanya kolesterol LDL (kolesterol jahat). Selanjutnya, serat larut dapat mengurangi peradangan pembuluh darah, yang merupakan tindakan pencegahan yang diketahui terhadap penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Ulkus Peptik: Selain vitamin C, jeruk limau atau jeruk nipis mengandung senyawa khusus yang disebut flavonoid (limonoida menyerupai limonin glukosida) yang memiliki sifat antioksidan, anti karsinogenik, antibiotik dan detoksifikasi yang merangsang proses penyembuhan ulkus peptik dan mulut.

Gangguan Pernafasan: Minyak kaya flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis banyak digunakan pada obat anti-kongestif menyerupai balsem, alat penguap, dan inhaler karena adanya Kaempferol. Hanya menggaruk kulit jeruk nipis dan menghirupnya, segera menunjukkan pertolongan dari kemacetan dan mual.

Arthritis (Radang sendi/Encok) : Salah satu dari banyak penyebab radang sendi ialah kelebihan penumpukan asam urat dalam tubuh. Asam urat ialah salah satu produk limbah yang buang air kecil normal keluar dari tubuh, tapi sayangnya, jikalau terlalu banyak menumpuk, itu mampu membuat rasa sakit dan pembengkakan artritis semakin parah. Asam sitrat yang ditemukan dalam limau ialah pelarut dimana asam urat mampu larut, meningkatkan jumlah yang dihilangkan dalam urin. Buah jeruk, secara umum memiliki khasiat antiinflamasi dan dapat digunakan untuk sejumlah persoalan inflamasi.

Perawatan Mata: Vitamin-C lagi! Sifat antioksidannya melindungi mata dari penuaan dan degenerasi makula. Selain itu, flavonoid membantu melindungi mereka dari infeksi.

Demam: Jika seseorang menderita demam, limau atau jus jeruk nipis mampu sangat penting. Buah jeruk, secara umum, memiliki kualitas mengurangi demam karena vitamin C ditemukan dalam konsentrasi tinggi di dalamnya, yang secara alami menurunkan suhu tubuh.

Asam urat: Ada dua penyebab utama asam urat. Sumber pertama ialah akumulasi radikal bebas di dalam tubuh, dan yang kedua ialah akumulasi racun di dalam tubuh, terutama asam urat. Limau dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Ini ialah sumber antioksidan dan detoksifikasi yang luar biasa (vitamin C & Flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas dan juga mendetoksifikasi tubuh.

Gusi: Akar penyebab persoalan gusi ialah kekurangan vitamin C (kudis, yang berakibat pada pendarahan dan kenyal gusi) dan pertumbuhan mikroba. Terkadang, bisul berasal dari stress berat fisik. Dalam semua situasi ini, limau mampu membantu. Vitamin C di dalamnya menyembuhkan penyakit kudis, flavonoid menghambat pertumbuhan mikroba dan bersama dengan borosum menyembuhkan sakit maag dan luka.

Wasir: Karena jeruk nipis membantu menyembuhkan borok dan luka dalam sistem pencernaan dan sistem ekskretoris sambil menunjukkan pertolongan sembelit, ia menghilangkan semua akar penyebab timbunan. Tumpukan ialah istilah yang berbeda untuk wasir, kondisi tidak nyaman yang terjadi di tempat anus, dan dapat mengakibatkan pendarahan dan ketidaknyamanan selama ekskresi. Hal ini juga dapat mengakibatkan beberapa bentuk kanker, dan limau dapat membantu mencegah pembentukan atau kekambuhannya.

Kolera: Meskipun telah hilang di banyak adegan dunia, kolera masih merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan di beberapa tempat di planet ini, dan untungnya, jeruk nipis dan buah jeruk lainnya dapat membantu mempertahankan diri dari kondisi fatal ini. Jus jeruk nipis, bila ditambahkan ke air yang berpotensi terinfeksi, berfungsi efektif sebagai desinfektan. Sejumlah penelitian dilakukan terhadap aplikasi jus jeruk nipis ini, terutama setelah wabah kolera mengerikan di Guinea-Bissau pada tahun 1994.

Gangguan Urine: Kandungan kalium yang tinggi dalam jeruk nipis sangat efektif dalam menghilangkan zat beracun dan endapan yang tersimpan di ginjal dan kandung kemih. Sifat desinfektan kapur juga membantu penyembuhan infeksi pada sistem susukan kemih. Selanjutnya, ia menghentikan pertumbuhan sujud (sangat umum pada pria di atas 40) dan membersihkan penyumbatan urin jawaban penumpukan kalsium di susukan kemih.

Manfaat Lain: Jeruk limau atau jeruk nipis ialah makanan pembuka yang baik dan membantu dalam pencernaan. Ini mampu membantu menyembuhkan rematik, prostat dan kanker usus besar, kolera, arteriosklerosis, dan kelelahan.