Latest News

Waduh, Ditemukan Malware Jenis Baru Dan Menginfeksi 250 Juta Komputer Di Seluruh Dunia

Seorang peneliti keamanan AS telah menemukan malware dengan skala besar yang telah menginfeksi lebih dari 250 juta komputer di seluruh dunia, termasuk Windows dan Mac OS.


Dilansir dari The Hacker News Malware tersebut diberi nama Fireball, jenis virus tersebut merupakan paket adware yang dikendalikan lewat browser web korban dan mengubahnya menjadi komputer zombie, sang hacker dapat berpotensi memata-matai melalui lalu lintas web korban dan bahkan yang lebih fatal mampu mencuri data mereka.

Cara kerja Fireball ialah pada ketika kau mendownload game atau aplikasi dari internet, Setelah terinstal, malware tersebut akan menginstal plugin browser secara belakang layar yang nantinya browser web korban akan digantikan dengan halaman default menjadi (trotux.com).

Mesin pencari palsu tersebut akan mengalihkan mesin pencari korban dari Yahoo.com atau Google.com ke trotux.com dan mencakup pelacakan data yang dikumpulkan oleh korban.


Menurut peneliti, lebih dari 250 juta komputer terinfeksi di seluruh dunia, 20 persen di antaranya merupakan jaringan perusahaan:

25,3 juta terinfeksi di India (10,1%)
24,1 juta di Brasil (9,6%)
16,1 juta di Meksiko (6,4%)
13,1 juta di Indonesia (5,2%)
5,5 juta Di AS (2,2%)

Untuk menghapus adware, cukup copot pemasangan dari aplikasi komputer mu (atau gunakan perangkat lunak pihak ketiga) dan kemudian pulihkan / atur ulang konfigurasi browser ke pengaturan default.