Latest News

Rudiantara: Facebook Bisa Saja Kami Blokir Jika Sudah Keterlaluan

Menkominfo berencana menutup akun media umum yang membuatkan konten negatif. Media Sosial ibarat Facebook harusnya ikut bertanggung jawab terhadap penyebaran konten negatif di dunia maya.

"Memblokir itu fokusnya bukan cuma yang punya akun Facebook, tetapi kepada wadahnya. Platform juga bertanggung jawab beserta Facebook juga harus bertanggung jawab," ujar Rudiantara ibarat dikutip Inet.Detik.com (10/06/17)


"Jadi pihak lain harus menyelesaikan. Platform pun harus ikut tanggung jawab. Negara kita tidak ada niatan menutup platform, tapi bila sudah keterlaluan untuk Indonesia terpaksa akan kami tutup," tegas Rudiantara.

Meski begitu, tekad ia belum bundar untuk menutup platform media sosial, namun mereka bersama pemerintah harus ikut melawan konten negatif.


Perlu diketahui, di China platform Facebook sudah diblokir oleh pemerintahnya dan lebih dari 513 juta pengguna internet di China, mengakses jejaring sosial lokal semacam; Sina Weibo, Douban dan WeChat.

Namun, selama bulan Januari sampai Mei 2017 pemerintah Indonesia termasuk tim menkominfo telah memblokir 49 akun Twitter, sedangkan akun Facebook yang diblokir sudah mencapai 270 akun.

Ini berarti pemerintah Indonesia sangat tegas dalam menangani hal-hal yang berbau konten negatif dan kejadian kriminalitas cyber pun tak luput dari pantauan pemerintah kita.