Latest News

Petya Ransomware Sebuah Virus Baru Yang Berbahaya

Baru-baru ini Virus jenis gres berjulukan Petya ditemukan oleh tubuh intelijen Amerika dan membuat kekacauan komputer seluruh dunia. Bank di kepingan eropa pun terkena dampaknya menyerupai Rusia, Ukraina, Spanyol, Prancis, Inggris dan Eropa lainnya.

Menurut beberapa sumber, ditemukan beberapa varian gres dari petya ransomware yang juga dikenal sebagai Petwrap, menyebar dengan sangat cepat. 


Cara kerja si Petya dengan memasuki celah kerentanan Windows SMBv1 yang terbilang cara kerjanya sama menyerupai ransomware WannaCry. Sementara itu banyak korban juga menginformasikan bahwa Petya telah menginfeksi sistem komputer mereka. 

Salah seorang pengamat sistem kemanan amerika mengatakan "Petya telah mengekspolitasi tools milik NSA Eternalblue dan juga menyebar jaringan internal WMIC dan PSEXEC. Karena itulah sistem yang memakai antivirus mampu bobol." ujarnya

Bagi yang belum tau, Petya yakni ransomware jenis gres dengan tingkat kesulitan nya terbilang rendah beliau tidak mengenkripsi file pada sistem yang ditargetkan satu per satu.

Sebalikya, Petya akan me-Reboots komputer dan akan mengenkripsi Hard drive (MFT) dan membuat master boot record (MBR) tidak dapat dioperasi, juga membatasi kanal penuh dengan memanfaatkan isu yang ada pada komputer korban.. Seperti dilansir The Hacker News (27/06/17)

Lalu bagaimana cara mengatasi serangan Petya? caranya cukup mudah, kau hanya perlu menonaktifkan SMBv1 dan membuat file C: \ Windows \ perfc" untuk mencegah benjol ransomware.