Latest News

Cara Paling lengkap Setting MIC EXTERNAL Untuk Handphone Xiaomi




Buat teman yang hobi sharing video di youtube memakai aplikasi smule dengan gadget xiaomi, sudah pasti membutuhkan micrpophone eksternal ini sebagai alat suplemen yang digunakan biar bunyi terdengar lebih baik. Hal ini dikarenakan microphone asli bawaan dari handphone xiaomi terkadang kualitasnya tidak terlalu cantik untuk dipakai merekam video bersuara.

Kesempatan kali ini aku akan menawarkan tutorial cara setting dan aplikasi yang dapat di instal biar microphone eksternal ini dapat berfungsi untuk gadget xiaomi yang teman miliki. Karena pada awal aku mencoba microphone eksternal ini untuk merekam video di handphone xiaomi, aku tidak dapat memfungsikannya di aplikasi camera bawaan, sehingga aku beranggapan kalau microphone eksternal yang aku beli online ini rusak dan tidak dapat digunakan.

Aplikasi yang teman dapat gunakan biar microphone ini dapat berfungsi di handphone xiaomi yaitu Open Camera yang dapat teman download di google playstore.

Dengan aplikasi ini teman mampu menggunakan microphone eksternal yang teman beli, alasannya yaitu aplikasi camera bawaan xiaomi sebagian kecil tidak mendukung microphone eksternal. Akan tetapi jangan lupa, selain microphone ada lagi alat suplemen yang perlu teman tambahkan, yaitu audio splitter. Berikut yaitu referensi gambar dari audio splitter :

Audio splitter ini memiliki kegunaan untuk menggabungkan kabel male audio dan mic untuk dapat di gunakan sekaligus. Jadi, bila tidak ada audio splitter ini kemungkinan teman tidak dapat menggunakan microphone yang dibeli untuk diaplikasikan ke handphone xiaomi.

Cara setting aplikasi open cameranya sangat mudah. Caranya yaitu :

1. Buka pengaturan aplikasi open camera.
2. Pada Audio source, teman dapat memilih External mic (if present)
3. Untuk Audio channels teman  dapat memilih stereo (only supported on some device)




Jika sudah mengikuti settingan diatas, teman mampu mencoba merekam 1 video dengan bunyi pada jarak yang tidak terlalu jauh dari microphone.