Latest News

Cegah Berita Palsu, Facebook bakal Memakai Algoritma Hoax

Demi berupaya melawan info palsu, pihak Facebook berencana mengirimkan artikel yang berpotensi sebagai sumber hoax kepada pengecek fakta ke pihak ketiga untuk dikaji dan tinjau lebih dalam.



Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini membuat sebuah pernyataan di situsnya, pihak nya akan mulai menggunakan mesin pembelajaran algoritma yang telah diperbarui untuk mendeteksi apakah info yang dishare merupakan hoax dan dikirimkan ke pengecek fakta. 

Seperti yang sudah diketahui bersama, Facebook merupakan seumber info palsu dan diktritik banyak pakar telekomunikasi alasannya yaitu banyak orang yang tak bertanggung jawab mengembangkan info tanpa adanya kebenaran.

Fitur pengecekan kata telah diluncurkan di banyak sekali negara ibarat Amerika Serikat, Perancis, Belanda dan Jerman. Dalam peluncuran algoritma gres itu, Facebook mengatakan perubahan ini dinilai sangat positif dan mengurangi perdebatan antar netizen.

Semoga dengan ada nya algoritma hoax ini jejaring sosial Facebook mampu nyaman digunakan oleh siapa pun. Bukan tidak mungkin, netizen yang suka menebar info hoax akan menerima hukuman bahkan mampu saja terjerat kasus UU-ITE.