Latest News

Cara Mudah Mengetahui dan Merombak Komposisi Warna CMYK Dalam Gambar di Photoshop

Photoshop ialah aplikasi edit citra foto/gambar dan santunan efek buatan Adobe System. Jadi, mau buat pas foto, brosur, spanduk, baliho, banner, setiker, dan lain-lain biasanya orang menggunakan Photoshop. Sehingga aplikasi ini wajib ada di PC bagi para desain grafis.

Dalam mencetak spanduk atau yang lainnya, permasalahan warna dalam bentuk gambar perlu diperhatikan. Karena setiap mesin memiliki permasalahan masin-masing, sehingga komposisi warna perlu diperhatikan. Ada macam-macam model warna, salah satunya ialah CMYK yang biasa terdapat dalam mesin percetakan.

Apa itu CMYK? CMYK merupakan warna dasar yang terdiri dari  Cyan, Mangenta, Yellow, dan Key (mewakili hitam) yang akan mengahsilkan berjuta-juta warna kalau dikombinasikan. Biasanya warna ini dipakai dalam mesin percetakan. Mesin printer di rumah anda mungkin juga terdiri dari empat warna ini hehehe.....

Dalam tutorial kali ini, saya akan menawarkan tips bagaimana cara mudah mengetahui komposisi warna CMYK dalam gambar di Photoshop. Karena dalam permasalahan ini, kepala cetak warna hitam rusak pada mesin cetak spanduk saudara saya, maka saya akan menawarkan tips mengatur komposisi warna hitam.

Nah, pada mesin cetak warna hitam tepat terdiri dari C=0 M=0 Y=0 K=100. Tetapi, alasannya ialah mesin cetak warna hitamnya rusak, untuk menghasilkan warna hitam mampu dikomposisikan menjadi C=90 M=90 Y=90 K=60. Untuk merombak komposisi CMYK-nya mampu kita lakukan di Photoshop.

1. Masukkan gambar ke Photoshop. Nah disamping kanan ada berita menawarkan komposisi CMYK. Kalau belum ada, anda mampu pilih Photography pada sudut kanan atas, lalu pilih simbol "i" untuk melihat berita komposisi CMYK-nya.


2. Nah. anda mampu mengarahkan pointer ke mana pun anda ingin melihat komposisi CMYK pada gambar yang telah di masukkan tadi.


3. Lalu, alasannya ialah warna hitam pada mesin cetak saudara saya rusak, maka saya akan merubah komposisi warna hitam. Jadi, pada set background color  saya merubah komposisi hitam ibarat yang saya bilang di atas.


4. Kalau ingin merubah komposisi warna, pilih select --> color range. Arahkan pointer ke gambar yang ingin diselect, jangan lupa di klik area yang ingin diselect.


5. Nah! Sekaran untuk merubah komposisi warna hitam, tinggal tekan tombol delete di keyboard.


6. Akhirnya komposisi warna hitam yang ingin saya ubah telah berubah ibarat yang saya inginkan dan siap untuk dicetak hehehe..:D


Bagaimana? mudahkan? Anda mampu merubah komposisi warna yang lainnya yang inigin anda ubah. Sehingga hasil cetakan akan menjadi maksimal. Selamat mencoba!