Latest News

Cara Mudah Mengatasi Gambar dan Stiker Tidak Memuat/Load di Line dengan Pengaturan APN

Sudah beberapa ahad ini pasti mencicipi hal yang asing saat chattingan di line. Bagaimana tidak, di line tidak mampu memuat gambar dan stiker yang dikirim oleh sahabat di grup chatting. Saya pun galau padahal aku pakai internet xl/axis lancar-lancar saja di instagram, youtube, wa, dan browsing-an serta sinyal internet di samsung galaxy v aku penuh. Setelah aku cari-cari di google dan tertuju ke sebuah forum, aku tau apa penyebabnya. Ternyata penyebabnya yaitu di pengaturan APN pada provider kartu xl/axis.

Nah, apa itu APN? APN (Acces Point Name) yaitu gerbang penyambung antara jaringan seluler GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lainnya, yang biasa disebut internet.

Perangkat mobile dalam membuat koneksi data harus dikonfigurasi dengan APN untuk ditampilkan ke opertaor/provider. Operator/provider  kemudian akan memeriksa pengenal ini untuk menentukan apa jenis koneksi jaringan yang harus dibuat. Misalnya, alamat IP mana yang harus diberikan ke perangkat nirkabel, metode keamanan mana yang harus digunakan, dan bagaimanakah seharusnya perangkat terhubung ke beberapa jaringan pelanggan pribadi.

Sekarang sudah jelaskan? Untuk mengakses internet pada perangkat menyerupai smartphone, tablet, maupun komputer kita harus mengkonfigurasikan APN terlebih dahulu kartu provider yang kita pakai. Setiap provider memiliki pengaturan APN yang berbeda-beda. 

Kali ini aku akan menunjukkan tips untuk mengatur APN pada kartu xl/axis pada smartphone sehingga pada aplikasi line mampu memuat/load gambar. Nah, pertama 
1. Buka pengaturan.
2. Masuk ke jaringan seluler.
3. Pilih nama poin akses. Lalu pilih kartu sim yang akan anda atur APN-nya.
4. Lalu isi nama sesuai dengan yang anda inginkan, isi "internet" pada APN, dan kosongkan Proksi, Port, Nama pengguna, dan Kata sandi lalu simpan.


Setelah APN kita atur, coba deh buka lagi line anda. Saya jamin gambar dan stiker yang dikirim sahabat sudah muncul di line hehehe.. :D