Latest News

Perlukah Widget Translated Bahasa di Pasang pada Blog?

Saya pernah melempar pertanyaan ini di sebuah forum. Perlukah widget translated bahasa dipasang pada blog? Hanya tiga orang yang memperlihatkan tanggapan dan sisanya abstain entah ketiduran atau memang malas beri komentar.
.
Semuanya berasumsi kalau widget tersebut kurang begitu penting untuk disematkan pada blog. Pendapat tiap blogger rata-rata ibarat itu. Kenapa? Mungkin alasannya yaitu mereka jarang memasang widget translate bahasa di blog mereka, sampai mengabaikan manfaat yang mampu diperoleh dari widget unik ini.

Para blogger sudah terbiasa dengan ajaran bahwa teknik SEO yang mumpuni lebih besar lengan berkuasa terhadap blog mereka. Memang hal itu mampu dibenarkan.

Kalau kita mau sedikit berpikir, Google telah menyediakan banyak akomodasi berupa widget yang mampu di gunakan untuk menunjang kemajuan sebuah blog. Namun bukan berarti kita harus memborong semua widget untuk kita gunakan.

Pemilihan widget yang tepat, aku rasa juga akan membawa pengaruh terhadap perkembangan sebuah blog. Salah satu contohnya yaitu widget translate bahasa.

Perlukah Widget Translated Bahasa di Pasang pada Blog?

Internet itu Universal


Dunia blogging sangat bergantung dengan internet. Setiap hari ribuan berita berlalu lalang melewati dunia maya.Termasuk konten dari blog Anda.

Meski berbahasa Indonesia, bukan berarti artikel Anda hanya untuk orang Indonesia.

Pernahkah Anda menyadari hal ini?

Silahkan lihat statistik blog, pada submenu Pemirsa mampu kita ketahui artikel kita melanglang buana ke banyak sekali negara. Bisa ke Jepang, Serbia, Inggris, Prancis dan negara lainnya. Mungkin kita heran, kok mampu artikel aku nyasar ke sana?

Itulah hebatnya internet, ngga usah berlebihan kaget nya. Kembali ke duduk perkara blog.

Fenomena ini mampu dimanfaatkan untuk lebih banyak menjaring pemirsa dari banyak sekali negara. Salah satu cara yang aku sarankan yaitu memasang widget translated bahasa pada blog.

Kenapa tranlated bahasa perlu? Beberapa manfaat di bawah ini mampu menjadi tanggapan nya.

1. Menurunkan bounce rate

Apa kesudahannya kalau pembaca dari negara lain berkunjung, tapi tidak mengerti bahan yang Anda tulis. Sudah pasti mereka akan pergi tanpa permisi. Jangankan beri komentar, baca artikel nya pun mereka enggan.

Situasi ini imbas nya buruk untuk bounce rate pada blog. Mungkin mampu membantu kalau terjemahan bahasa tersedia di blog Anda. Apa isi goresan pena Anda akan mudah mereka mengerti. Di samping menurunkan rasio pentalan pada blog, Anda juga punya kesempatan memiliki follower dari negara lain.

2. Tak perlu menulis artikel dalam bahasa Inggris

Misalkan target blog kita hanya untuk negara tertentu contohnya negara Inggris. Dengan widget ini aku rasa kita tidak perlu lagi repot-repot menulis artikel dalam bahasa Inggris. Banyak blogger yang salah kaprah.

Hanya bermodal keahlian bahasa yang masih dangkal, mereka memaksakan diri menulis artikel berbahasa Inggris. Mungkin motivasinya biar blog mereka banyak dikunjungi oleh pembaca dari banyak negara atau untuk meningkatkan pendapatan dari iklan yang menempel pada blog mereka. Selera tiap blogger memang berbeda, aku tidak mengharamkan juga tidak menghalalkan.

3. Bisa go internasional

Berbanggalah kalau widget translate bahasa tersemat di blog kita. Karena secara tidak pribadi blog yang kita kelola sudah go internasional dengan sendirinya.

Jujur, setelah widget translate bahasa terpasang pada blog ini, hampir 30% pengunjung blog muncul dari banyak sekali negara. India, Mesir, Serbia, Inggris, Pakistan, Jepang, Rusia yaitu negara yang rutin menjadi pengunjung blog ini, selain Indonesia dan Amerika Serikat. Pelan tapi pasti hal ini mampu menambah popularitas blog kita di dunia internasional.

Apakah Anda masih menganggap remeh widget mungil ini?

Bagi kalian yang ingin memasang widget translate bahasa untuk blog sobat, silahkan ikuti tutorial sederhana dari saya.
  1. Masuk ke dasbor blog
  2. Pilih menu Tata Letak
  3. Klik Tambahkan Gadget
  4. Pada menu pop up, pilih HTML/Java Script
  5. Pada kotak Konten masukkan script di bawah ini :
    <!-- Begin TranslateThis Button -->

    <div id="translate-this"><a style="width:180px;height:18px;display:block;" class="translate-this-button" href="http://www.translatecompany.com/">translate</a></div>

    <script type="text/javascript" src="http://x.translateth.is/translate-this.js"></script>
    <script type="text/javascript">
    TranslateThis();
    </script>

    <!-- End TranslateThis Button -->
  6. Simpan Template.

Mudah bukan? Meskipun mudah cara pasang nya namun besar manfaatnya.

Kiranya cukup sekian sedikit info dari aku ihwal Perlunya Widget Translated Bahasa di Pasang pada Blog. Semoga mampu bermanfaat.


Selalu aku berpesan “say no to copy paste”. Terima kasih dan Wassalam.