Latest News

Dampak dan Cara Migrasi Blogspot ke TLD Gratisan | Tutorial Lengkap

Dampak dan cara migrasi dari blogspot ke TLD gratisan mungkin masih banyak yang belum tahu. Terutama bagi kalian yang masih newbie (sok ngerasa udah senior nih). Kalau buat blogger kawakan cara ini mungkin terbilang sepele.

Latar belakang perpindahan ini mampu bermacam-macam, tergantung dari masing-masing pemilik blog. Ada yang alasannya bosan dengan blogspot, atau trafik yang jalan di tempat, atau mampu jadi alasannya mengikuti ajuan senior nya untuk berpindah domain.

Sedangkan untuk alasannya mungkin terlalu panjang kalau aku jabarkan melalui artikel ini. Biar lebih ngirit tempat, Anda mampu baca artikel aku yang lain perihal alasan blogger pindah ke TLD (top level domain).

Dampak Migrasi Domain Blog


Sebelum bermigrasi ke top level domain, perhatikan dulu dampak yang akan muncul setelah terjadinya perpindahan tersebut. Kemungkinan yang terjadi antara lain.

Dampak dan Cara Migrasi Blogspot ke TLD

1. Turunnya peringkat Alexa

Peringkat pada Alexa setelah blog berganti domain ialah no data. Bukan turun atau merosot, tapi lebih parah, data kita di Alexa lenyap. Usaha kita selama ini untuk merampingkan Alexa menjadi sia-sia. Hal ini alasannya kita merubah alamat yang sudah tercatat di Alexa menjadi domain yang berbeda. “Jangan salahkan alexa donk, siapa suruh pindah domain". Mungkin itu ungkapan versi alexa kepada kita.

2. Indeksasi Google

Artikel yang selesai kita buat, terus kita publikasikan, akan lebih lama terindeks oleh Google. Hal ini alasannya googlebot melaksanakan crawl ulang pada setiap perubahan pada blog Anda. "Jangan salahkan Google donk, siapa suruh pindah domain". Itulah ungkapan kesal Google kepada kita.

3. Penurunan jumlah pengunjung

Ini ialah dampak yang lumayan fatal yaitu pengunjung seolah mundur teratur dari statistik blog Anda. Lalu kemana mereka pergi? Mereka bukannya pergi, hanya sedikit nyasar alasannya kepindahan alamat blog Anda. "Jangan salahkan kami donk, siapa suruh pindah domain". Jangan digubris kalau pengunjung Anda kesal.

4. Subcriber Feedburner lenyap

Nah yang terakhir, kalau Anda memiliki banyak subsriber (langganan atau pembaca setia), jangan kaget kalau tiba-tiba mereka menghilang dari meja redaksi Anda. "kemana aja bro, ente pindah kok nggak bilang-bilang". Nah itu celoteh subcriber Anda, alasannya mereka galau mencari artikel yang biasanya mudah mereka temui.

Mungkin Anda mulai ngeri kalau melihat dampak yang terjadi ketika blog bermigrasi ke top level domain. Namun jangan khawatir, itu ialah efek yang wajar pada perubahan sebuah domain. Semua mampu kembali dengan normal setelah Anda ikuti artikel aku selanjutnya perihal next step setelah blog berganti domain.

Cara Migrasi dari blogspot ke Top Level Domain


Beragam jenis domain TLD yang kita kenal, ada yang berbayar ada juga yang gratisan. Karena aku orangnya suka yang gratisan sudah pasti tutorial yang aku bagi ini berasal dari top level domain gratisan. Salah satu vendor yang aku rekomendasikan ialah Freenom.com

Sengaja tutorial ini tidak aku sertai gambar secara langsung, semoga mengurangi beban loading. Mari kita simak dan perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama, semoga tidak terjadi kesalahan. Kali ini aku tidak bercanda.

1. Kunjungi alamat ini http://www.freenom.com/en/index.html

2. Arahkan mouse pada logo frenom letaknya sebelah kiri paling atas, setelah box menu muncul, klik goresan pena register.

3. Pada kolom di tengah, ketikkan nama domain yang sahabat inginkan dengan domain .tk .ml .cf .ga .gq contohnya jengratna.tk atau jengratna.ml terserah selera sobat. Lalu klik check availabity.

4. Akan muncul halaman yang menyampaikan beberapa pilihan domain, nama domain yang sudah sahabat ketikkan tadi berada paling atas.  Klik tombol check out.

5. Halaman berikutnya, pilih waktu pemakaian domain pada kotak period, isi sesuai dengan bulan yang sahabat inginkan. Berikutnya klik Continue.

6. Pada kotak isian email, masukkan email sahabat lalu klik verify my email. Buka email sobat, dan klik pesan dari freenom pada inbok email, lalu klik pada link alamat verifikasi.

7. Pada tampilan formulir, isi semua kolom sesuai data diri kita. Jika selesai klik Complete Order.

8. Pada halaman selanjutnya, catat your order number, simpan baik-baik. Selanjutnya klik tombol bertuliskan click here to go to your client area.

9. Pada halaman gres anda akan di minta untuk login dengan alamat email dan pasword yang sudah sahabat daftarkan. Selanjutnya klik Login. Anda akan di bawa ke beranda dari domain yang sudah sahabat buat.

Sampai tahap ini berarti sahabat sudah berhasil memiliki domain dengan nama sendiri. Jangan girang dulu, perjalanan masih panjang. Silahkan kalau mau ngopi atau ngrokok dulu. Jangan lama-lama ngopinya, simpan buat nanti. Kita maju ke langkah berikutnya yang lebih utama.

10. Pada beranda Freenom, arahkan mouse ke goresan pena domain, lalu klik my domain.

11. Akan di tampilkan catatan domain kita. Lihat pada bab status, kalau terdapat kotak hijau bertuliskan active, berarti domain sahabat siap untuk di eksekusi. Lalu klik tanda gear di sebelah manage domain.

12. Pada halaman selajutnya, arahkan mouse ke management tool, lalu klik name servers.

13. Pilih Use Default Name Servers, lalu pada bab bawah, klik Change Name Servers.

14. Pada halaman berikutnya bimbing mouse ke goresan pena manage freenom DNS. Pada halaman berikutnya sahabat biarkan dulu, ingat jangan di close atau di utak atik. Jangan pembangkang kalau di kasih tahu.

Selanjutnya kita pindah tab ke blogger sobat. Dari menu Setelan Dasar, kita fokuskan ke Penerbitan.

15. Klik link bertuliskan +siapkan URL pihak ketika blog anda. Lalu masukkan domain yang sudah anda buat tadi dengan di awali www. Setelah itu klik simpan, nanti akan muncul pemberitahuan error, biarkan saja dulu, justru itu yang kita butuhkan.

Sekarang kita kembali ke tab beranda domain kita di freenom

16. Masukkan data dari setelan dasar penerbitan di blogger pada kolom dns management di freenom, isikan menyerupai di bawah
  • Kotak name ketikkan www
  • Kotak type pilih CNAME
  • Kotak TTL kita cuekin saja, biarkan menyerupai itu.
  • Kotak target ketikkan ghs.google.com

Selanjutnya klik more record,
  • Kotak name diisi instruksi dari blogger pada setelan penerbitan, biasanya berisi abjad acak.
  • Kotak type pilih CNAME
  • Kotak TTL, menyerupai diatas, cuekin saja
  • Kotak target isi dengan instruksi token dari blogger pada setelan penerbitan, biasanya diakhiri dengan googlehosted.com

Jika semua sudah terisi, jangan lupa klik save change.

Jika langkah diatas berhasil akan muncul goresan pena record added successfully. Klik save changed.

Sampai disini berarti settingan domain kita pada Freenom telah berhasil. Selanjutnya kita ke setelan blogger.

17. Reloadatau refresh halaman blogger sobat.

18. Pada menu Setelan Dasar Penerbitan, pada link siapkan URL pihak ketiga blog anda, masukkan kembali nama domain sahabat dengan di awali www. Lalu klik Simpan.

Jika terjadi error, tunggu beberapa saat, ini alasannya Google sedang membaca instruksi perubahan domain. Kira-kira seperempat jam, reload halaman blogger sobat, dan ulangi langkah 18 di atas. Jika masih terjadi eror tunggu beberapa ketika lagi. Itu artinya Google belum selesai membaca instruksi anda.


Silahkan ulangi langkah 18 diatas, kalau berhasil, pada bab penerbitan akan muncul alamat domain gres kita.

Selanjutnya klik goresan pena edit di sebelah alamat gres kita. Lalu centang kotak kecil di sebelah  tulisan alihkan bla bla. Kemudian klik Simpan.

Sekarang silahkan lihat blog anda, dan perhatikan url nya, kini blogspot.com sudah bermetamorfosis domain gres milik anda.

Selamat dengan domain anda yang baru. Bagaimana mudah bukan? Jika ada yang kurang paham silahkan masukkan keluhan sahabat pada kolom komentar.

Kiranya cukup sekian tutorial perihal cara migrasi blogspot.com ke top level domain gratisan dari saya. Semoga mampu bermanfaat.


Akhir kata aku berpesan “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan wassalam.