Latest News

Cara Gampang Pasang Meta Tag pada Blog

Cara gampang memasang meta tag atau meta data agar blog lebih gampang dan mudah untuk di temukan mesin penelusuran Google.

Banyak blogger yang mengangkat duduk perkara meta tag atau meta data sebagai judul artikel mereka. Tentunya dengan pelengkap ‘ super seo’, atau ‘seo friendly’ di belakang judul artikel dengan tujuan biar pembaca lebih tertarik untuk membacanya.

Namun di sini aku sedikit berbeda dengan teman-teman blogger tersebut. Karena aku tidak ingin menunjukkan isu yang salah melalui judul artikel yang berlebihan.

Banyak blogger gres yang beranggapan bahwa meta tag atau meta data kuat signifikan terhadap SEO. Bisa jadi alasannya yaitu mereka terbuai oleh judul artikel perihal meta tag yang di bumbui dengan kata-kata super SEO atau SEO friendly.

Saya tidak menganggap artikel yang aku tulis ini 100% benar. Tidak juga berpendapat artikel yang lainnya salah. Di sini aku hanya ingin menempatkan pengertian perihal meta tag atau meta data pada porsi yang benar, dan bagaimana cara google memahami blog anda melalui meta tag yang ada di blog kita.

Cara Gampang Pasang Meta Tag pada Blog

Apa itu meta tag atau meta data?


Meta Tag atau Meta Data merupakan unsur atau bab dari struktur isyarat HTML yang berfungsi untuk merekam atau mendokumentasikan setiap halaman dari website atau situs yang telah di publikasi kan melalui aspek tertentu dari setiap halaman.

Definisi ini mungkin sedikit membingungkan bagi anda yang gres terjun ke dunia blogging. Jangan khawatir, aku akan menunjukkan penjelasan secara rinci, biar meta tag atau meta data lebih mudah untuk di pahami.

Bisa sobat lihat judul aku di atas. Tanpa pernik-pernik SEO di belakangnya. Karena menurut saya, tujuan meta tag bantu-membantu yaitu membuat artikel yang kita buat lebih gampang di temukan oleh mesin pencari Google - itu saja poin nya - bukan semata-mata biar artikel kita muncul di halaman pertama. Inilah persepsi keliru yang coba aku luruskan.

Kerangka Meta Tag atau Meta Data


Sekarang aku ajak sobat untuk menelusuri lebih dalam kerangka sebuah meta tag dan komponen yang ada di dalamnya.

1. Meta tag Judul

Meta Tag judul muncul di bab teratas dari jendela browser. Jangan membuat judul yang terlalu panjang. Hal ini sangat di sarankan alasannya yaitu judul yang pendek sangat di sukai oleh google. Buatlah judul yang merefleksikan isi blog anda.

Tag judul ini nantinya yang akan muncul di mesin penelusuran Google yang mampu di lihat pribadi oleh pembaca. Setiap judul yang dipakai di setiap halaman web harus berbeda-beda dan bersifat unik.

2. Meta Tag Deskripsi

Tag Deskripsi pada blog atau website merupakan judul blog yang akan dipakai oleh Google ketika menunjukkan hasil pencarian yang di ketik oleh calon pembaca. Gunakan dua atau tiga kalimat yang singkat untuk menulis tag deskripsi.

Tujuan tag ini yaitu untuk menunjukkan penjelasan yang lebih detail perihal sebuah blog atau website. Di samping itu juga untuk meyakinkan kepada pembaca kita bahwa apa yang di cari oleh mereka mampu di temukan di blog kita.

Agar Google mampu menemukan artikel kita, sebaiknya gunakan kata kunci yang paling penting untuk di masukan kedalam komponen meta tag ini. Sebaiknya jangan memakai kata-kata yang bersifat superlatif (yang terbaik, yang terindah, yang terhebat, dan lainnya). Kata-kata ini kurang di sukai oleh Google dan juga pembaca.

3. Meta tag Kata Kunci (keyword)

Sebenarnya meta tag ini kurang begitu penting bagi google, namun harus tetap di gunakan sebagai alat untuk mendokumentasikan sebuah blog atau website. Untuk menulis tag ini, gunakan 5 kata yang paling sesuai dengan blog kita, dan tempatkan sesuai dengan urutan kepentingannya. Jangan menggunakan kata kunci yang tidak relevan dengan isi blog anda.

4. Meta Tag “nama file halaman didalam server”

Fungsi meta tag ini hanya sebagai acuan yang akan membantu pembaca dan google untuk memahami blog anda. Sebagai contoh:

Anda perhatikan url halaman ini yaitu "http://www.maseteguh.com/cara-gampang-pasang-meta-tag-pada-blog.html"

Kalimat yang aku tebalkan yaitu nama file dari halaman ini. Penting ! nama file harus sama dengan nama halaman, dan merupakan kalimat-kalimat pendek dari deskripsi isi artikel.

Nama file menunjukkan acuan kepada Google untuk memahami isi artikel kita. Untuk itu berhati-hatilah bila Anda ingin merubah nya. Ketika nama dari sebuah alamat halaman berubah, alamatnya juga akan berubah.

Tautan yang dipakai untuk menautkan halaman artikel  Anda juga akan menghilang. Sebaiknya memilih nama file dengan lebih hati-hati supaya Anda tidak perlu merubah nya di kemudian hari.

Pastikan bahwa search engines akan memahami dan memusatkan perhatiannya pada hal-hal yang penting dalam situs anda.

Meta tag bukanlah alat utama untuk mengoptimasi sebuah blog terhadap mesin pencari google. Jika ada yang berpikir demikian anda boleh menyangkal isu itu. Meta tag hanya sebagai alat tambahan yang di pakai oleh blog sebagai sumber acuan yang akan di pertimbangkan oleh Google atau mesin pencari lainnya.

Jika meta tag atau meta data yang dipasang pada blog anda sesuai dengan pemahaman algoritma Google, hal ini akan memungkinkan blog atau website anda akan lebih gampang di temukan oleh Google untuk di sajikan pada pembaca di halaman pertama.

Namun hal ini tak lepas dari kualitas utama dari blog anda dan cara kita mengorganisir blog. Ada beberapa meta tag yang akan keluar di hasil pencarian, dan  inilah yang akan di klik oleh pembaca.

Kaprikornus kesimpulannya, setelah kita tahu komponen yang membangun sebuah meta tag, saatnya kita berpikir untuk memasang meta tag atau meta data yang benar pada blog kita biar setiap artikel yang kita buat, akan lebih mudah atau gampang di pahami oleh mesin penelusuran Google.

Demikian sedikit info perihal cara gampang pasang meta tag pada blog yang mampu aku bagikan. Semoga mampu jadi tambahan ilmu untuk sobat sekalian.



Jangan lupa selalu “say no to copy paste”. Terima kasih dan wassalam.