Latest News

Tips Agar Postingan Rapi dan Enak Dibaca

Tips agar postingan rapi dan enak di baca. Postingan yang rapi memberi kesan faktual bagi penulisnya. Sudah rapi, enak pula dibacanya.

Susunan kata yang teratur dengan pengaturan paragraf  yang proporsional.  Jarak spasi yang tidak terlalu rapat atau renggang.  Penempatan tanda baca yang tepat, sehingga kalimat mampu terang arti dan maknanya.

Itu merupakan sebagian ciri-ciri dari postingan sebuah blog yang rapi serta enak dipandang mata.

Untuk Anda yang gres kenal dunia blogging, aspek yang satu ini tolong jangan dianggap remeh. Kerapian sebuah artikel atau postingan, wajib Anda perhatikan.

Manfaat Postingan yang Rapi


Postingan yang rapi banyak banget manfaatnya. Inilah beberapa keuntungan yang mampu kau petik, kalau postingan blog kau terstruktur dengan rapi.

Tips Agar Postingan Rapi dan Enak Dibaca

1. Profesionalitas

Postingan yang memiliki struktur yang baik menunjukkan keseriusan pemilik blog dalam menyusun sebuah goresan pena untuk pembaca setia nya. Sadar atau tidak, format postingan yang awut-awutan memberi kesan bahwa Anda ‘meremehkan’ kualitas dari goresan pena Anda sendiri.

2. Reputasi

Website atau blog yang telah memiliki nama besar di kancah internet, sangat mengutamakan kualitas website mereka melalui penataan artikel yang apik. Mereka sadar, itu yaitu bab dari reputasi sebuah ‘brand personal’ di mata pembaca.

Bagi kau para blogger muda, ciptakan reputasi yang baik bagi blog Anda melalui penyajian postingan pada blog yang baik dan benar.

3. Kenyamanan pembaca

Secara psikologi, umumnya insan menyukai kerapian, alasannya yaitu mampu membawa efek kenyamanan. Begitu pun sebaliknya. Sesuatu yang tak beraturan mampu merusak mood seseorang terhadap obyek yang dilihatnya.

Nah, sebagai penulis blog silahkan tentukan sendiri. Postingan yang rapi atau yang ‘amburadul’? Manfaatnya akan berbalik ke blog Anda sendiri.

Tips Menyusun Postingan yang Rapi


Sebelumnya, inilah tahap-tahap dalam membuat postingan yang benar ibarat di bawah ini.
  1. Buat draft (coret-coretan) artikel dengan aplikasi MsWord
  2. Untuk menghindari skrip-skrip bawaan dari MsWord, sebaiknya jangan eksklusif menyalin draft artikel dan menaruhnya di entri gres pada dasbor blog. Salin atau copy draft artikel Anda dari MsWord ke Notepad terlebih dahulu.
  3. Pindahkan hasil copy draft pada Notepad ke entri gres pada dasbor blog. 
  4. Pada Entri baru, maksimal kan draft artikel tersebut sedemikian rupa semoga susunan kalimat, paragraf dan tanda baca nya memenuhi kaidah tata bahasa dan kosakata yang benar.

Setelah itu, perhatikan hal-hal di bawah ini untuk menyempurnakan draft artikel Anda semoga menghasilkan postingan yang rapi, apik dan terstruktur.

1. Tata bahasa

Tata bahasa merupakan kaidah yang mengatur penggunaan sebuah bahasa. Biasa kan untuk selalu memakai tata bahasa yang sudah umum dan mudah dimengerti.

Bahasa yang luwes atau fleksibel lebih mudah menyentuh emosi dan budi pembaca. Jangan terlalu banyak menyelipkan istilah-istilah gila dalam setiap postingan. Andai memang terpaksa, gunakan tanda kurung untuk menunjukkan arti dari istilah gila tersebut.

2. Tanda baca

Tanda baca artinya tanda yang dipakai ketika membaca. Secara khusus pengertian tanda baca yaitu tanda yang digunakan untuk menulis sebuah bacaan semoga maksud goresan pena tersebut hingga ke pembaca.

Contoh tanda baca yang sering di temui antara lain titik (.), koma (,), tanda seru (!), titik koma (;) dan sebagainya tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda.

Tempatkan tanda baca pada posisi yang semestinya. Penempatan tanda baca yang salah mampu merubah alur kalimat serta maknanya.

3. Spasi

Ada dua jenis spasi yaitu line spacing (jarak antar baris kalimat) dan word spacing (jarak antara kata).

Kebanyakan dari blogger memanfaatkan fungsi spasi untuk sekedar membuat postingan semoga terlihat lebih panjang. Ini cara yang kurang efektif.

Sebaiknya atur jarak spasi secara proporsional. Jangan terlalu rapat atau pun renggang. Standar jarak spasi pada artikel umumnya antara 1,5 – 2.00.

4. Aligment (penyejajaran)

Aligment atau penyejajaran kalimat pada artikel. Ada 4 fungsi, yaitu sejajar kiri, kanan, tengah dan justify (rata kiri-kanan).

Untuk postingan yang rapi, pilih penyejajaran secara justify. Tampilan secara justify mengurangi ruang kosong pada artikel. Artikel secara otomatis akan mengikuti lebar halaman kiri dan kanan.

5. Format kata dan kalimat

Untuk kata yang mengandung poin penting dalam kalimat atau kalimat yang menonjol dalam paragraf, berikan “treatment” khusus.

Gunakan karakter tebal, miring atau underline (garis bawah) untuk menunjukkan penegasan terhadap sebuah kata atau kalimat yang butuh ‘perhatian’ lebih dari pembaca.

Pemberian warna pada poin-poin penting dalam kalimat akan lebih memudahkan pembaca serta postingan terasa tidak monoton.

6. Huruf (font)

Times new roman, verdana, georgia dan arial yaitu jenis karakter yang sering kita jumpai di setiap postingan.

Agar postingan tidak menyolok mata, atur ukuran karakter nya biar pas untuk ukuran standar jarak pandang pembaca.

Ukuran karakter yang sangat kecil tentu akan menyulitkan pembaca yang memiliki gangguan penglihatan ketika membaca. Jangan terlalu tebal atau pun tipis. Ukuran standar karakter pada postingan sebaiknya antara 15px hingga 18px.

Sebagai sentuhan akhir, manfaatkan fungsi dari ikon-ikon pada menu “entri baru” di dasbor blogger semoga artikel menjadi sedap dipandang dan enak dibaca.

Itulah sedikit tips yang mampu aku bagikan untuk Anda. Semoga ke depan nya nanti, aku berharap semoga kita lebih memperhatikan kerapian blog melalui postingan yang rapi dan enak di baca oleh pengunjung.

Akhir kata, ‘SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.