Latest News

Ngeblog itu Butuh Skill dan Talenta

Skill dan talenta adalah dua unsur yang saling mengikat. Di dunia blogging, keduanya sangat dibutuhkan. Saatnya  introspeksi diri, sudahkah Anda memiliki keduanya?

Ngeblog perlu skill atau keahlian yang sifatnya lebih ke segi struktural dari blog itu sendiri. Sedangkan talenta lebih mayoritas pada bakat menulis yang harus di kuasai oleh seorang blogger.

Dalam blogging, talenta menulis dibutuhkan untuk melahirkan artikel yang bisa menjadi sorotan pembaca.

Apakah Ngeblog Butuh Skill?


Jawabannya mutlak ‘ya’. Apa saja skill yang dibutuhkan oleh seorang blogger? Jawabannya ‘relatif’.

Tiap-tiap blogger memiliki caranya sendiri dalam mengelola blog mereka. Skill yang dimiliki pun berbeda-beda. Secara garis besar, skill yang dibutuhkan oleh blogger ada tiga.

1. Keahlian mendesain website/blog

Desain yang unik dan menarik butuh sentuhan seni dan pengaturan tata letak yang pas biar enak dipandang mata. Tampilan blog yang nyaman akan membuat pengunjung betah.

Tampilan blog akan mencerminkan siapa kita. Kesan ini yang akan ditangkap oleh pembaca, sehingga respon yang didapat pun tergantung dari skill Anda dalam mengolah desain dan tata letak sebuah blog.

skill dan talenta blogging

2. Kemampuan bahasa pemrograman

Skill ini sedikit rumit untuk dipelajari. Membaca arahan script, pemahaman bahasa html, arahan encoding ialah bab kecil dari skill ini.

Tidak semua blogger bisa menguasainya. Namun dengan sering berlatih dan belajar, skill ini pelan-pelan bisa kita mengerti meski tidak secara menyeluruh. Biasanya cukup menyangkut dilema bahasa html pada template.

3. Penguasaan ilmu marketing

Kemampuan marketing mutlak Anda miliki bila blog yang dikelola ingin cepat tenar atau banyak dikenal di dunia blogging.

Marketing atau pemasaran sama halnya memperdagangkan sebuah produk. Hanya saja, produk ini berupa blog atau website.

Semakin Anda menguasai poin-poin penting pada dunia marketing, kredibilitas blog Anda akan semakin mudah di kenal. Ilmu ini biasanya bisa kita pelajari secara autodidak atau ‘menimba’ pribadi dari beberapa tumpuan para internet marketer.

Apakah Ngeblog Butuh Talenta?


Ngeblog alias blogging identik dengan agresi coretan dalam bentuk tulisan. Meskipun bobotnya tidak ibarat menulis cerpen atau sebuah novel. Karena umumnya goresan pena dalam sebuah blog tidak lebih dari 1500 kata.

Dalam menulis, ada faktor yang disebut bakat atau talenta. Lahirnya seorang penulis hebat, tidak terjadi secara kebetulan.

Mereka memiliki anugerah yang mengakibatkan mereka tajam mengkritisi suatu masalah, cerdik menunjukkan ilustrasi, mudah mendeskripsikan imajinasi kedalam sebuah goresan pena dan bisa mengaduk-aduk emosi pembaca dalam setiap tulisannya.

Permasalahan nya adalah, kadang kita tidak menyadari bahwa ada talenta tersembunyi dalam diri kita. Ya, sebuah bakat menulis yang ada tanpa kita minta.

Itu akan mengalir dengan sendirinya dikala kita mencurahkan sebuah uneg-uneg wacana permasalahan yang kita jumpai.

Talenta dalam menulis, bisa kita asah seiring dengan proses kita dalam membangun sebuah blog melalui artikel-artikel yang kita update secara rutin.

Kepuasan pembaca akan terapresiasi dalam bentuk kebanggaan atau pun kritikan. Itu ialah wujud penilaian yang obyektif dari mereka berdasarkan goresan pena yang kita publikasi kan.

Kesimpulan


Lebih tepatnya, ngeblog butuh skill yang ditunjang oleh talenta. Apa maknanya? Tulisan hebat yang telah di buat, akan sia-sia kalau tidak ada yang membaca. Nah, disitulah sebuah ‘skill blogging’ dibutuhkan.

Seorang blogger yang meng-kolaborasikan antara skill dan talenta, sangat mudah membangun sebuah blog untuk cepat populer dan digemari oleh banyak pembaca.

Apa skill dan talenta yang sudah Anda miliki? Jawaban nya kembali pada diri Anda sendiri. Andai tidak punya keduanya, tapi tetap memaksa pingin ngeblog juga, itu namanya sampean BLOGGER NEKAD, he he he.

Itu saja dari saya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

“SAY NO TO COPY PASTE” Wassalam.