Latest News

Judul Artikel Menggoda Lebih Di Lirik Pembaca

Judul artikel yang menggoda, lebih dilirik pembaca. Ada keasyikan tersendiri kalau ngomongin soal judul.

Judul ialah umpan untuk memancing pembaca. Ada juga yang mengatakan, judul ialah mahkota. Kedua pendapat itu ada benarnya.

Bikin judul untuk menggaet pembaca memang susah-susah gampang. Artikel berkualitas bisa gagal di tengah jalan hanya alasannya ialah tersandung duduk perkara judul. Efeknya, tentu saja visi dari si penulis tidak akan hingga ke pembaca.

Di kasus yang lain, artikel dengan isi seadanya bisa menjaring ratusan pembaca melalui ‘hipnotis’ kata-kata pada judul yang dipasang sebagai umpan nya.

Judul Artikel "Menggoda" Lebih Di Lirik Pembaca

Model Judul Artikel


Judul memiliki model dan tipe yang bervariasi. Terdapat 4 model judul yang bisa saya kelompok kan beserta contohnya. Simak di bawah ini.

1. Model judul pada mesin pencari

Judul pada search engine, umumnya memakai bahasa yang baku. Ada bumbu SEO yang sengaja ditaruh di dalam judul tersebut oleh penulisnya. Tujuannya tentu untuk memenangi persaingan di pageone. Bahasa yang baku membuat judul menjadi kaku. Contohnya ada di bawah ini.
Tips berguru ngeblog untuk Pemula biar menjadi Sukses
Belajar Membuat Blog di Blogger
Cara Mudah Membuat Blog untuk Pemula

sumber : search engine Google

2. Model judul situs sosial bookmark

Sosial Bookmark ialah kawasan bermuara nya artikel yang di submit oleh setiap member nya. Artikel lebih difokuskan untuk pembaca. Karena internet sebagai media nya, judul yang di pakai pun lebih atraktif, kreatif dan humanis. Ini contohnya.
Sereh: Pengusir Nyamuk Ramah Lingkungan
Ketua MPR Keblinger Menyikapi Perpu Pilkada
Tentang Reuni dan CLBK

sumber : kompasiana.com

3. Model judul headline media massa

Jumlah kata pada judul headline media massa biasanya tak lebih dari 5 kata. Singkat, deskriptif dan bikin penasaran. Targetnya pun khusus untuk “human reader”. Ini contohnya.

Amerika Meriang, Bursa pun Tegang” (surat kabar Kontan)
Semua Izin Terbang Diteliti” (surat kabar Kompas)

4. Model judul headline di televisi

Karakteristik judul pada headline isu di televisi hampir mirip dengan surat kabar. Targetnya pun sama. Bedanya hanya pada bentuk distribusi naskah atau artikelnya yaitu verbal dan tulisan. Untuk contohnya bisa di lihat pada televisi di rumah masing-masing ya.

Kenapa Judul Penting?


Dalam dunia internet, sebuah artikel memiliki tingkat persaingan yang alot untuk merebut hati pembaca. Segenap trik dikerahkan penulis blog untuk menarik pengunjung dari semua sumber.

Pembaca memiliki banyak pilihan untuk menentukan artikel mana yang ingin mereka baca. Nah, biar artikel teman menjadi pilihan pertama mereka, kuncinya hanya satu “JUDUL ARTIKEL YANG MENGGODA”.

Artikel mirip mata kail yang bertebaran di lautan. Pembaca mirip ikan yang berseliweran mengelilingi mata pancing yang ditebar oleh para blogger.

Judul ialah umpan sebagai pemanis artikel yang membungkus mata kail untuk menarik hati pembaca biar ‘mencaplok’ artikel kita.

Inilah bentuk persaingan sportif yang wajib Anda menangkan. Untuk itu butuh umpan untuk memancing pembaca melalui judul artikel yang menggoda.

Kreasikan Judul biar Menggoda Pembaca


Arti ‘menggoda” memiliki makna yang luas, mungkin saja tertarik, penasaran, atau malah meragukan. Saat pembaca melihat judul artikel kita, arahkan respon pembaca sehingga berpikir mirip ini.
“masak iya sih?”
“kayaknya unik tuh”
“nih judul rada nyeleneh, kaya apa sih isinya?”

Butuh kreativitas dan intuisi untuk membuat judul yang bisa menggiring respon pembaca. Ada sedikit tips di bawah ini yang mungkin bisa membantu anda.
  • Setelah kerangka artikel tersusun, buatlah 5 - 10 judul yang akan menjadi ‘mahkota’ artikel tersebut. Tujuan nya biar kita bisa menentukan mana judul yang kira-kira pas untuk artikel itu. Disini kreativitas anda di uji.
  • Bongkar pasang atau kalau perlu modifikasi judul-judul itu hingga menyempit menjadi 3 kandidat judul artikel.
  • Dari ketiga kandidat judul itu, pilih yang kira-kira memenuhi syarat sebagai judul yang SEO friendly sekaligus human friendly. Saatnya intuisi anda bekerja.

Ilustrasi sederhananya, lihat pada judul artikel ini.

Judul Artikel Menggoda Lebih Dilirik Pembaca

Keterangan:
  • Warna merah pada kata judul artikel ialah bumbu SEO untuk judul tersebut biar bermuatan seo friendly. Sengaja di pasang di depan alasannya ialah keyword yang saya targetkan ialah “judul artikel”.
  • Warna biru pada kata lebih di lirik pembaca ialah sisi human friendly nya. Bisa berfungsi untuk menarik emosi pembaca atau istilahnya “menggoda”.

Kaprikornus menurut pendapat saya pribadi, judul tersebut bisa masuk kategori seo friendly dan human friendly.

Anda boleh baiklah atau menyangkalnya.

Kesimpulan


Membuat judul artikel yang menarik hati butuh teknik yang bisa mengkombinasikan keempat model judul yang telah saya uraikan di atas.

Diperlukan kreativitas dan intuisi dalam menganalisa minat pembaca terhadap sebuah judul artikel.

Belajar dari judul-judul pada situs sosial bookmark atau pada headline surat kabar serta pada mesin pencari sangat disarankan. Tujuan nya untuk mengasah intuisi kita dalam menciptakan judul yang SEO sekaligus human friendly.

Itu saja sedikit ulasan wacana teknik membuat judul artikel untuk menarik hati pembaca. Semoga bermanfaat.


“SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.