Latest News

Ini Motto dan Semboyan Ngeblog-ku PISS MAN

Motto dan semboyan ngeblog. “Aneh ya? Ngeblog kok pakai semboyan segala, kaya mau perang aja.” Mungkin itu yang terlintas di benak Anda ketika membaca judul artikel ini.

Jangan berpikir terlalu jauh dulu mas. Tiap blogger punya motto yang berlainan. Tergantung tujuan ngeblog mereka.

Namun jangan salah, ada juga yang ngeblog tanpa motto apapun. Sekedar bikin blog, menulis artikel lalu menerbitkan nya ke internet. Wes,..itu thok.

Kita bisa ambil teladan semboyan pendekar kita jaman dulu (sorry nih, sedikit ngomongin soal sejarah). Genderang perang mereka tabuh dengan semboyan yang maha dahsyat efeknya yaitu “merdeka atau mati”.

Hasilnya apa? Kini, kita yang menikmati hasil usaha mereka dengan kebebasan yang ketika ini bisa Anda rasakan. Termasuk tentunya, bebas membuat blog. (betul tidak?)

Motto dan Semboyan Ngeblog

PISS MAN ialah Semboyanku, Apa Motto Ngeblogmu?


Bagi saya semboyan atau motto dalam ngeblog itu penting. Jika Anda serius ingin menekuni dunia blogging, sudah saatnya menentukan apa motto blog Anda. Motto atau semboyan bisa dijadikan pondasi semoga blog jalannya tetep lempeng.

Tentu Anda bertanya, semboyan PISS MAN itu apa mas? Sebenarnya ini ialah plesetan dari pengucapan kata peace man yang artinya damai teman, alasannya ialah misi ngeblog saya ialah damai. Berhubung pengecap orang Indonesia, maka bunyinya menjadi piss man.

PISS MAN ialah motto ngeblog saya yang terdiri dari gabungan beberapa kata motivasi antara lain (P) Planning, (I) Interaction, (S) Sharing, (S) Survive, (M) Money, (A) Attitude, dan (N) Natural.

Agar lebih ‘mudeng’ berikut penjelasan nya.

PLANNING (perencanaan)


Motto ini sengaja saya letakkan paling awal. Perencanaan merupakan langkah pertama ketika akan memulai segala sesuatu. Begitu pun blogging.

Judul, niche, domain dan piranti blog lain nya kudu kita rencanakan dan dipersiapkan sematang mungkin.

Desain, kategori artikel dan model blog perlu dirancang semenjak awal, semoga langkah ngeblog kita lebih enteng.

Strategi, teknik SEO, model monetisasi blog kita nantinya juga wajib direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya. Tujuan nya semoga setiap kesalahan bisa diantisipasi sedini mungkin.

Jangan menjadi blogger yang spontanitas dengan idealisme “ ngeblog besok, ya gimana besok aja”.

INTERACTION (interaksi)


Sebagai blogger, jauhkan sifat introvert yaitu suka menyendiri, cenderung pemalu, dan jarang berkomunikasi. Blogger introvert biasanya enggan bergaul dengan blogger lain nya. Mereka lebih asyik dengan dunia blogging nya sendiri.

Kita harus bisa mengeksplorasi diri sendiri. Sering komunikasi dan berinteraksi dengan sobat sesama blogger lain.

Blogwalking dan diskusi melalui group dan komunitas di media umum ialah salah satu teladan konkrit nya. Keduanya akan ber-efek positif untuk meningkatkan kredibilitas Anda.

SHARING (berbagi ilmu)


Dalam membuat tulisan, saya berusaha untuk selalu menunjukkan yang terbaik untuk pembaca. Berbagi hal-hal gres atau tips yang berkaitan dengan dunia blogging selalu saya hadirkan tanpa direkayasa atau dikurangi sedikitpun.

Meski umur blog ini masih terbilang muda, hampir 80% konten nya berisi tips-tips dan realita dalam dunia blog yang tersaji sesuai dengan kenyataan yang ada.

Semuanya saya bagikan ke pembaca berdasarkan pengalaman ngeblog saya selama ini. Soal bermanfaat atau tidaknya, tergantung dari pemahaman Anda sebagai pembacanya.

SURVIVE (tahan banting)


Ngeblog di internet ada pasang surut nya.

Ada yang gres saja bikin blog, eh ada yang blognya gres kena ciduk sama simbah. Hari ini pengunjung meledak, besoknya terjun bebas. Sekarang ditolak Adsense mungkin besok giliran blogger lain yang di approve. Ada yang monetisasi blognya berhasil ada juga yang anjlok.

Itulah beberapa teladan situasi yang menjadi ujian mental seorang blogger. Diperlukan sebuah skill dan talenta ditambah kesabaran ketika menghadapi situasi blog yang kurang menguntungkan.

Motto survive saya tanamkan pada diri sendiri, semoga selalu siap dan 'legowo' mendapatkan setiap perubahan yang terjadi pada blog ini.

MONEY (dari duit menjadi duit)


Motto money (uang) menurut saya ada dua pengertian.

a. uang sebagai modal ngeblog

Bikin blog memang gratis. Membangun dan membesarkan nya itu yang butuh modal.

Aktivitas ngeblog pasti butuh koneksi internet yang wajib disuplai secara rutin semoga rutinitas blogging kita tetap lancar.

Upgrade domain juga butuh duit untuk menyewa jasa hosting penyedia domain berbayar.

Desain yang rupawan juga perlu kita hadirkan tentunya lewat situs template berbayar, semoga blog kita terlihat lebih profesional.

b. uang sebagai hasil dari ngeblog (monetisasi)

Blog sudah dipersenjatai dengan amunisi yang mumpuni, ditambah dengan kualitas konten yang ter-update rutin setiap hari. Orientasi selanjutnya tentu ke arah monetisasi blog.

ATTITUDE (sopan santun)


Dalam dunia internet, sopan santun pun harus tetap dijaga. Khususnya kalau kita berstatus sebagai pemilik blog  yang setiap hari mendapatkan pengunjung. Atau sebaliknya, ketika kita dolan-dolan ke blog orang untuk mengumpulkan backlink.

Saya berusaha membalas setiap komentar yang masuk secara santun dan bersahabat. Solusi terbaik akan selalu saya berikan. Kesopanan selalu saya junjung tinggi untuk menjalin korelasi pertemanan antar sesama blogger.

NATURAL (original)


Motto natural berarti alami, original dan ekslusif. Saya ingin menampilkan kepada pembaca setia blog Must Teguh konten yang segar meski topik yang dibahas masih seputar blogging.

Ini motto yang berkaitan dengan konten yang saya sajikan. Semampu mungkin, saya menghindari segala bentuk plagiarism atau agresi copy paste dari blog lain.

Segala bentuk software atau cara curang untuk menaikkan jumlah pengunjung tidak saya berlakukan untuk blog ini.

Jika Anda masih sangsi, silahkan cek satu persatu artikel pada blog ini ke situs-situs yang bisa menelusuri keaslian sebuah artikel. Misal copyscape, siteliner, plagiarism checker atau yang lain nya.

Jika anda menemukan adanya unsur copy paste pada salah satu artikel saya. Silahkan masuk kan di kolom komentar.

Baca juga yang ini ya.. : APA ITU BLOG?

Semoga artikel ini bermanfaat.

Akhir kata, ‘SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.