Latest News

Cara Membuat Teks atau Tulisan Dalam Gambar | Photoshop

Cara membuat teks atau goresan pena dalam gambar pada blog. Tulisan pada gambar, umumnya berisi nama blog beserta URL nya. Membuat goresan pena atau teks pada gambar pada setiap artikel yang dibuat berfungsi untuk menambah prestise bagi pemilik blog.

Saat gambar tersebut muncul di page one, maka nama blog yang tersemat pada gambar, akan banyak di lihat orang. Itu lah bentuk promo gratis buat blog Anda.

Tapi ingat, jangan sembarangan mencomot gambar dari sumber yang memiliki hak cipta. Teliti dulu sumbernya, semoga gambar yang terpasang pada artikel Anda nantinya aman dan tidak muncul komplain di kemudian hari.

Ada salah satu ‘teman spesial’ aku yang bertanya,

"mas, cara bikin goresan pena ‘blog must teguh’ gimana sih” Mungkin maksud nya teks pada setiap gambar yang ada di setiap artikel pada blog ini. Maklum, doi gres berguru ngeblog, jadi sering nanya ini itu.

Tulisan pada gambar di setiap artikel blog ada manfaatnya. Di samping sebagai identitas gambar, juga sebagai trademark sebuah blog.

Teknik membuatnya cukup mudah, pada tutorial kali ini aku gunakan aplikasi photoshop sebagai media nya. Kaprikornus yang nggak punya Photoshop pada kompi-nya, silahkan gigit jari he he he.

Ok nona cantik dan sobat yang lain, ikuti dengan seksama tahap-tahap membuat goresan pena dalam gambar untuk dipasang pada artikel blog.

Cara Membuat Teks atau Tulisan Dalam Gambar

Cara Membuat Teks dalam Gambar dengan Photoshop


1. Buka aplikasi photoshop Anda, pilih File lalu klik Open. Ambil salah satu gambar yang telah dipersiapkan dari komputer Anda. Karena aku seorang blogger, sebagai sampelnya aku pake gambar perihal blog.

membuat teks dalam gambar

2. Untuk membuat goresan pena dalam sebuah gambar, pada daftar tool disebelah kiri, pilih Type Tool. Tentukan posisi frame teks nya sesuai selera Anda.

membuat teks dalam gambar

3. Pada kotak bergaris putus-putus, ketik teks yang Anda inginkan. Tentukan sendiri style dari teks Anda mulai dari model font nya, ukuran, dan juga warnanya. Kebetulan aku ambil pola teks sesuai dengan nama blog ini.

membuat teks dalam gambar

4. Selanjutnya pada kolom layer, klik ‘layer1’. Nantinya layer tersebut akan berubah sesuai dengan teks yang Anda input tadi.

membuat teks dalam gambar

Gunakan ctrl+T untuk memindahkan, memperkecil, atau memperbesar teks yang Anda buat.

Jika hanya ingin menampilkan teks 2D pada gambar, 4 step di atas aku rasa sudah cukup. Hasilnya ibarat gambar di bawah ini.
membuat teks dalam gambar

Tapi kalo pingin teksnya lebih yahuud, Anda mampu membuatnya menjadi 3D. Mau tahu caranya? Ikuti step kelanjutannya di bawah ini.

5. Pindahkan dulu mode kursor ke Move Tool.

membuat teks dalam gambar

6. Pada keyboard, tekan tombol Alt dan tanda panah (atas, kiri, kanan, bawah - pilih salah satu) secara bersamaan. Untuk menerima ketebalan shadow yang Anda inginkan, tekan tombol tanda panahnya berulang kali hingga ketebalan shadownya pas. Hasil teksnya akan tampak seperti  gambar di bawah ini.

membuat teks dalam gambar

7. Berikutnya tekan tombol shift, lalu pada kolom layer, klik hingga pada batas “teks-anda-copy”. Selanjutnya tekan ctrl+E. Lihat gambar.

membuat teks dalam gambar

8. Tukar posisi antara  “teks-anda” dengan “teks-anda-copy”. Lalu klik Blending Option pada ikon di bawahnya, pilih Color Overlay.

membuat teks dalam gambar

9. Pada pop up layer style, atur warna nya sesuai selera. Klik OK.

membuat teks dalam gambar

Hasilnya ibarat ini...
membuat teks dalam gambar

Selesai. Mudah kan?

Kini gambar Anda makin baiklah dengan teks 3D di dalamnya.

Buat yang masih puyeng alias ngga mudeng, silahkan tonton aja videonya di bawah ini. Dijamin pasti bisa.



Moga cara membuat goresan pena dalam gambar ini mampu ada manfaatnya.

Akhir kata, ‘SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.