Latest News

Cara Kompres Gambar Agar Loading Blog Ringan

Cara mengkompres foto atau gambar semoga loading blog menjadi ringan. Mengkompres gambar atau memperkecil ukuran file itu perlu. Karena ukuran file tiap foto atau gambar yang terpasang pada setiap artikel memiliki muatan file yang berbeda-beda.

Semakin besar file foto atau gambar, dampaknya kurang menguntungkan bagi blog. Loading jadi berat dan lama.

Sebenarnya banyak faktor yang membuat loading blog jadi berat. Script pada template, koneksi jaringan internet yang bermasalah, widget pada blog dan penyebab lain yang menjadi biang keladi blog lambat proses loading nya.

Ada satu lagi yang mengganjal blog Anda sampai tidak bisa loading secepat kilat, yaitu gambar pada blog. Tiga jenis format gambar yang sering di pakai biasanya PNG, JPEG/JPG dan GIF. Ketiganya diyakini bisa membuat kerja blog jadi ngos-ngosan andai ukuran filenya sangat besar.

Apalagi untuk artikel tutorial yang butuh beberapa gambar sebagai media translasi nya. Untuk itu kita perlu mengurangi muatan file pada tiap gambarnya.

Kompres Gambarmu, Ringankan Loadingmu


Metode yang sering dipakai untuk memperkecil ukuran file disebut teknik kompres. Bisa dengan software yang di instal pribadi ke komputer, atau juga secara online.

Untuk software nya, silahkan cari di Google lalu unduh dan instal pada komputer Anda.

Nah, untuk kali ini aku hanya menunjukkan cara kompres gambar via online. Monggo disimak caranya.

Cara Kompres Gambar Agar Loading Blog Ringan

Format PNG dan GIF


Sebenarnya untuk format JPEG pun bisa, namun kesannya kurang begitu maksimal. Kaprikornus aku lebih menyarankan untuk gambar berformat PNG dan GIF. Langkah-langkahnya yakni sebagai berikut.

1. Buka browser Anda lalu ketik alamat ini http://compressnow.com/ tampilan webnya menyerupai pada gambar di bawah.

kompres gambar tutorial satu

2. Upload gambar berformat PNG atau GIF yang ingin diperkecil ukuran filenya pada tombol bertuliskan “upload image”.

kompres gambar tutorial satu

3. Pada “compression level” tentukan prosentase besarnya perubahan file yang Anda inginkan. Saya ambil pola 50% dari ukuran file 125,28 kb. Setelah itu klik tombol “compress now”.

kompres gambar tutorial dua

4. Hasil kompres gambar tidak butuh waktu lama. Perhatikan reduksi gambar pada pola di bawah. Ukuran file dari 125,28 kb menjadi 20.04 kb dengan penurunan reduksi 105.24 kb dengan kompresi level 50%.

kompres gambar tutorial tiga

5. Setelah itu download gambar hasil kompresi, silahkan pasang pada artikel. Anda juga merubah hasil kompresi ke format JPG, caranya klik kanan lalu pilih ' save as ' dan pilih type JPEG.

Format JPEG/JPG


Gambar berformat JPEG paling ringan dibandingkan format yang lainnya. Namun demikian, ukuran file yang besar meski berformat JPEG tetap saja perlu direduksi muatan file nya. Berikut ini cara memperkecil gambar JPEG secara online dengan mudah.

1. Pada browser, buka alamat ini http://www.jpeg-optimizer.com/ - tampilan web nya menyerupai gambar di bawah ini.

kompres gambar tutorial lima

2. Upload gambar JPEG Anda pada kotak bertuliskan “Browse”. Atur level kompresi nya (pilih saja 50). Hilangkan tanda centang pada kotak “resize photo”. Lalu klik “optimize photo”.

kompres gambar tutorial enam

3. Perhatikan perubahan reduksi pada gambar yang di hasilkan. File awal 48.8 kb diperkecil sampai 15.4 kb, mengalami reduksi sebesar 68,4 %  dengan level kompresi 50 %.

kompres gambar tutorial enam

4. Untuk mendownload nya, klik kanan pada gambar hasil kompresi. Lalu pilih “save as” pada komputer Anda. Dan gambar pun siap dipasang.

kompres gambar tutorial tujuh

Bagaimana, mudah dan praktis bukan?

Demikian sedikit gosip yang bisa aku berikan. Semoga cara mengkompres gambar ini bisa ada manfaatnya.

Akhir kata ‘SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.