Latest News

Andy Rubin sang Programmer Nyentrik | Bapak Android Dunia

Android ialah sistem open source yang ketika ini sedang merajai dunia teknologi ponsel di dunia. Saking luas jangkauannya, kini android sudah bisa di nikmati oleh  seluruh lapisan masyarakat dari golongan atas sampai ke tukang ojeg. Semua pake smartphone android.

Tahukah anda siapa orang di balik terciptanya sistem android ini?

Dia ialah pria berdarah Yahudi berjulukan Andy Rubin. Programmer bergelar “si Gila” inilah yang pertama kali mengajukan sistem open source untuk ponsel kepada Google. Singkat cerita, Android resmi di akuisisi oleh Google pada 17 Agustus 2005.

Siapa Andy Rubin?


Pria yang lahir di kota New Bedford, Amerika Serikat pada 22 Juni 1946 ini dari awalnya memang sangat mencintai dunia robot, makanya jangan heran “robot hijau” pada logo androids ialah pembiasaan dari hobinya ini.

Rubin termasuk sang petualang teknologi, dan tidak pernah betah dengan teknologi yang itu-itu saja. Inovasi gres selalu muncul dari kepala botak nya. Saat gagasan yang di kembangkannya meledak di pasaran, si Gila ini akan berpindah ke ilham gres lagi yang siap untuk di olahnya.

Inilah perjalanan karir sang programmer nyentrik dalam membuatkan perangkat berjulukan android melalui proses bergabung nya Rubin dengan beberapa perusahaan raksasa teknologi kelas dunia.

Andy Rubin sang Programmer Nyentrik | Bapak Android Dunia

1. Apple

Andy Rubin pernah bergabung dengan perusahaan milik Steve Job ini di bab manufaktur tahun 1989. Saat di pindahkan ke anak perusahaan Apple untuk bab riset yang memproduksi software berjulukan Magic Cup.

Software tersebut sepi peminat, sehingga anak perusahaan Apple itu pun gulung tikar. Andy Rubin jadinya hengkang jawaban beberapa persoalan pada perusahaan yang membuatnya tidak nyaman.

2. Artemis Research Company

Setelah 6 tahun bergabung dengan Apple, Andy mantap membangun sebuah perusahaan pada tahun 1995 berjulukan Artemis Research. Konsep perusahaan ini ialah membuat tayangan televisi yang di koneksi dengan teknologi internet.

Perusahaan Microsoft mengakuisisi Artemis Research dan merubah nya menjadi MSN TV. Pada tahun 1999 Andy pun lagi-lagi keluar dari perusahaan yang telah di rintisnya dari nol tersebut.

3. Menciptakan Sidekick (cikal bakal Android)

Setelah keluar dari MSN TV, perusahaan gres kembali di rintisnya. Kali ini Andy menciptakan perangkat yang memiliki cara kerja menyerupai telepon seluler. Dia menyebut “mainan baru” nya itu dengan nama Sidekick.

Melalui perangkat barunya itu, Andy bisa mengakses data perusahaan Danger.inc miliknya, yang membuat Microsoft kembali melirik hasil karya sang programmer nyentrik ini. Hingga pada tahun 2003 Microsoft membeli perusahaan tersebut.

4. Membangun Android.Inc

Setelah Danger.Inc di akuisisi oleh Microsoft, si kepala botak ini kembali merintis perusahaan gres yang di beri nama Android.Inc

Pihak Google yaitu Larry Page dan Sergei Brin, bertemu dengan Andy Rubin ketika ‘maestro android’ tersebut menawarkan kuliah tamu dalam memperkenalkan keunggulan produk Sidekick miliknya.

Kedua petinggi Google itu dengan terang-terangan memberikan ketertarikan mereka pada perangkat Sidekick milik Andy. Akhirnya sebelum genap 2 tahun Android.Inc berdiri, Google sudah meminangnya secara resmi pada bulan Juli 2005. Dan Rubin pun memilih untuk bergabung dengan Google.

5. Android dan Google

Banyak spekulasi yang muncul setelah proses akuisisi tersebut. Bahkan CEO Microsoft, Steve Balmer menilai bahwa bergabung nya kedua perusahaan teknologi tersebut hanya sebuah omong kosong.

Sedangkan perusahaan Nokia menduga bahwa open source versi android hanya versi Linux biasa, tak ada yang perlu di khawatirkan. Bersama Google, Android bagai anak yang di istimewakan. Google membentuk Open Handset Alliance guna membuatkan perangkat bagi Android.

Selain Andy Rubin, Google juga memboyong pentolan jenius dari Android lainnya menyerupai Andy McFadden (pengembang web TV dan Moxi Digital), Richard Miner (mantan vice presiden perusahaan telekomunikasi) dan Chris White (pendiri Interface web TV).

Selama dalam naungan Google, Android mencapai puncak keemasan dalam urusan ekonomi telekomunikasi berbasis ponsel. Persaingan yang ketat dari kolega mereka, menyerupai Nokia, Samsung dan Motorola tidak membuat kedudukan Android versi Google ini surut dari pasaran.

Si “Gila” berulah lagi


Kabar mengejutkan muncul dari gosip mundurnya Andy Rubin dari jabatannya. Bayangkan, perangkat yang telah dirintisnya bertahun-tahun, bahkan telah merajai dunia teknologi smartphone dunia, kini akan di lepaskan nya.

Bukan Rubin namanya jikalau tidak ‘gila’. Chief Executive Google, Larry Page sempat memuji Andy Rubin. Dalam postingan di blognya, dia mengatakan Andy ialah sosok yang ‘mengasuh’ Android sampai menjadi platform gratis dan terbuka. Semakin meningkatnya pemakaian android, menurut Page tak lepas dari kontribusi Andy Rubin.

Pencapaian yang melebihi ambisi kami ketika membuatkan Android pada awalnya”, ujar Larry Page.

Menurut kabar dari Wall Street Journal, Andy Rubin ketika ini sedang membangun start up di bidang perangkat keras. Kemungkinan perangkat keras yang di maksud ialah “robotika”.

Kiprah apa lagi dari “Bapak Android” ini berikutnya? Ayo Rubin, tunjukkan agresi ‘gila’ mu berikutnya.

"Andy, more moonshots please!"