Latest News

Agar Blogwalking di Facebook Dapat Trafik Organik

Tips agar blogwalking di Facebook dapat trafik organik. Ada dua jenis sumber trafik blog yaitu organik dan non organik.

Traffic organik lebih disukai Google alasannya sumbernya terperinci dari search engine mereka. Sedangkan lalu lintas dari media umum termasuk non organik, salah satunya Facebook.

Blogger pemula sering mengabaikan soal ini. Menurut mereka, semua trafik sama saja yang penting blog ada visitor-nya. (benar juga sih, tapi nggak 100%)

Lalu mungkinkah kalau blogwalking di media umum namun trafik yang didapat yaitu organik? Jawabannya mungkin, tapi ada caranya.

Sabar dulu, jangan terburu-buru. Sebelumnya kita bedah dulu apa itu blogwalking.

Apa itu Blogwalking?


Blogwalking yaitu kegiatan jalan-jalan blogger disaat sedang santai, atau ketika tidak sedang membuat artikel. Mereka biasanya kelayapan ke beberapa blog untuk mencari informasi atau sekedar menyapa melalui komentar.

Pada artikel saya yang terdahulu, pernah saya singgung wacana blogwalking untuk mencari backlink.

Prioritas yang ditargetkan pada artikel saya tersebut yaitu backlink dari blogwalking. Pada artikel kali ini akan saya bagikan tips blogwalking untuk memperoleh trafik organik.

Agar Blogwalking di Facebook Dapat Trafik Organik

Perlunya Blogwalking


Kalau kau gres merintis sebuah blog, dan sangat butuh yang namanya popularitas maka blogwalking yaitu salah satu senjata yang mampu dipakai.

Blogwalking termasuk promosi ‘terselubung’. Alasannya? Saat blogwalking biasanya jejak ditinggalkan lewat komentar yang secara tak pribadi identitas blog pun ikut tertanam di blog yang Anda kunjungi.

Makanya, rugi kalau Anda main ke blog orang namun tidak meninggalkan jejak komentar. Itu artinya, sebuah peluang promosi sudah Anda sia-siakan.

Blogwalking yang Efektif


Ada beberapa kriteria yang mampu kau lakukan biar blogwalking berjalan secara efektif.
  • Pilih blog yang sejalan dengan topik blog kita.
  • Kritikan yang konstruktif lebih mencuri perhatian dari pada pujian
  • Ikuti aturan pemilik blog perihal komentar, jangan spam
  • Target kan komentar pada blog berperingkat tinggi (disarankan).
  • Berkomentar pada 3 artikel blog target (disarankan)

Tips Blogwalking di Facebook untuk Trafik Organik


Ide ini muncul dikala melihat lalu lalang para blogger yang sibuk blogwalking di Facebook. Mereka menyebutnya BW (baca : bewe).

Blogwalking mereka lakukan hanya sekedar untuk tukar komentar. Nggak perduli isi artikelnya. Yang penting datang, kasih komentar bla bla bla, selesai. Satu visitor pun mereka dapat dari lalu lintas non organik (media sosial).

Apa blogwalking menyerupai ini sering kau lakukan? Jika ya, rubah dikala ini juga. Saya tidak mengatakan itu salah, hanya TIDAK EFEKTIF.

Kalau kau ingin dapat trafik organik dari media sosial, ikuti cara saya di bawah ini.
  1. Perbanyak teman, usahakan yang sama-sama suka ngeblog.
  2. Pilih artikel untuk dijadikan umpan, boleh lebih dari satu. Kalau mampu yang trafiknya paling rendah.
  3. Ketik salah satu judul artikel tersebut pada kotak pencarian Google. Selanjutnya, perpendek URL dari halaman pencarian tersebut melalui situs pemendek url. (lebih indah gunakan Google URL Shortener)
  4. Berikutnya, pasang capture hasil pencarian Google tersebut. Beri tanda yang terperinci letak atau posisi artikel Anda pada capture-nya. Sertakan pula link shortener yang telah Anda buat tadi.
  5. Buat status di Facebook, atau pada grup yang Anda ikuti. Isinya kira-kira menyerupai ini.
    blogwalking gan, targetnya “trafik organik” nih. Klik link shortener ini. Posisi artikel saya menyerupai pada gambar di bawah ini. Komentar yang relevan. Dijamin fast respon. Thanks, di tunggu ya.
  6. Anda juga mampu kirim pesan tersebut pada inbox sahabat yang Anda targetkan. Lihat dan tunggu alhasil pada Google analytic anda. Saat artikel di klik mereka, satu trafik organik telah Anda dapatkan.

Bagaimana, mampu dimengerti?

Trik ini gotong royong lebih menyerupai barter link. Hanya saja sumber lalu lintasnya yaitu search engine dari media sosial. Apalagi ditambah tambahan komentar biar nampak lebih natural.

Apapun opini Anda, tetap saya kategorikan sebagai bab dari agresi blogwalking. Sekedar untuk diketahui, trafik organik sangat indah untuk mendorong peringkat blog secara permanen.

Itu saja sedikit tips dari saya. Semoga mampu bermanfaat.


Akhir kata. “SAY NO TO COPY PASTE”. Wassalam.