Latest News

Tips Mantap Bikin Blog Bahasa Inggris

Membuat blog bahasa Inggris. Apa motivasi kau membuat blog bahasa Inggris? Tebakan saya mungkin sekedar ikut trend, target pembaca internasional, Adsense atau mungkin hanya coba-coba. Semoga tebakan saya meleset, hanya Anda yang tahu.

Membangun sebuah blog berbahasa Inggris itu tidak gampang, kecuali kalau pengecap dan kegiatan otak kita sudah otomatis terbiasa dengan bahasa Inggris.

Jika belum terbiasa berarti Anda butuh latihan. Kalau perlu kursus bahasa Inggris minimal 6 bulan kalau memang serius ingin terjun ke blog berbahasa Inggris.

"Kok ribet amat mas syaratnya?" Ya, memang. Blog lintas bahasa tingkat kesulitan nya juga dobel.

"Tapi kan ada Google Translate yang bisa memuluskan jalan kita, bukan begitu Mas?" Itu menurut Anda, belum tentu tamu bule Anda nantinya paham dengan konten kita.

Struktur kalimat bahasa Indonesia ketika kita terjemahkan ke bahasa Inggris (dengan Google Translate) pengertian nya bisa 'melenceng' dari arti yang sesungguhnya. Itu yang patut kita antisipasi. Untuk itu ketahui dulu komponen dasar sebelum membuat blog berbahasa Inggris.

Tips Mantap Bikin Blog Bahasa Inggris

Komponen Dasar Membuat Blog Bahasa Inggris


Sebelum melangkah lebih jauh, introspeksi diri dulu. Apakah ketiga komponen dasar di bawah ini sudah Anda kuasai?

Vocabulary (kosakata)

Vocabulary merupakan kumpulan kata bahasa Inggris yang telah kita ketahui dan kuasai artinya. Kaprikornus kata-kata yang tidak kita kuasai makna nya maka belum termasuk sebagai bab dari vocabulary kita.

Makin bertambahnya vocabulary kita, pemahaman terhadap bacaan atau ucapan bahasa Inggris akan menjadi semakin mudah.

Grammar (tata bahasa)

Grammar secara sederhana diartikan sebagai aturan dalam penggabungan kata yang membentuk susunan kalimat.

Ada 8 part yang lazim disebut “part of speech” dalam tata bahasa Inggris, yaitu
  1. Pronoun (kata ganti), memberi keterangan untuk orang atau benda. Contoh : you , your, they, them.
  2. Noun (kata benda), untuk mengidentifikasi orang, benda, tempat, hewan, atau konsep abstrak. Contoh: box, bus, chair dan sebagainya.
  3. Verb (kata kerja), membuktikan tindakan dari  subjek, peristiwa, atau keadaan. Contoh: work, write, study, dan lain-lain.
  4. Adjective (kata sifat), menunjukkan keterangan untuk kata benda atau kata ganti. Contoh: soft, humble, shy, dan lain nya.
  5. Adverb (kata keterangan), menggambarkan kata kerja, kata sifat, atau kata keterangan lain. Contoh: beautifuly, slow, dan lain nya.
  6. Determiner yaitu kata di depan kata benda untuk membatasi maknanya. Contoh: much, many, the, a, an, some, any.
  7. Preposistion (kata depan) yaitu kata yang diletakkan di depan kata benda atau kata ganti untuk mengisyaratkan relasi dengan kata benda tersebut. Contoh: at, in, dan on.
  8. Conjunction (kata hubung) yaitu kata yang menghubungkan kata, klausa, kaimat, atau paragraf. Contoh: and, because, dan or.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language)

TOEFL merupakan ujian untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang diselenggarakan oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat berjulukan ETS (Educational Testing Service).

Metode ini dari dulu sampai sekarang dipakai sebagai persyaratan masuk kuliah di seluruh universitas di Amerika Serikat yang terbagi dalam 4 bab yaitu :
  • listening comprehension (pemahaman mendengarkan)
  • grammar structure and written expression (struktur tata bahasa dan ekspresi tertulis)
  • reading comprehension (pemahaman membaca)
  • writing (penulisan)

Sejak tahun 2005, tes TOEFL diselenggarakan secara online melalui http://www.toefl.org di situs resmi TOEFL.

Untuk mengetahui dan mengukur kemampuan Anda dalam menulis artikel berbahasa Inggris, TOEFL mengadakan jenis tes TWE (Test of Written English). Peserta akan diminta untuk menuangkan gagasan dan pandangan gres dalam bentuk karangan atau artikel.

Nilai untuk hasil uji TOEFL berkisar antara 0 – 120. Silahkan kunjungi situs TOEFL untuk mengetahui berapa skor Anda.

Selanjutnya baca tips membuat blog bahasa Inggris di bawah ini.

Tips Membuat Blog Bahasa Inggris


Agar blog bahasa Inggris kita sukses menembus kancah internasional, pelajari beberapa tips dari saya di bawah ini.

1. Kenali dan kuasai gaya menulis orang bule

Perlu Anda tahu, gaya goresan pena orang luar negeri itu berbeda dengan kita. Entah itu artikel di surat kabar, media online atau pun pada sebuah website.

Gaya goresan pena pada setiap artikel blog bule biasanya lebih lugas, obyektif  dan natural. Struktur kalimat nya pun tidak banyak basa basi.

Ini tantangan pertama yang perlu Anda ketahui. Silahkan lakukan observasi ke beberapa website terkenal dari luar negeri. Pelajari dan temukan gaya menulis yang sering mereka pakai.

Dari situ kita bisa mencar ilmu membuat sebuah artikel untuk menemukan gaya kita sendiri sesuai dengan kebiasaan mereka dalam membuat sebuah artikel.

2. Ikuti alur pola pikir pengunjung luar negeri

Orang bule lebih menyukai goresan pena yang real, simpel dan ilmiah. Jangan buat artikel asal-asalan, goresan pena Anda akan sia-sia dan di anggap ‘sampah’ oleh mereka.

Hadirkan gambar, grafik, tabel atau video (jika perlu) untuk mendukung setiap hipotesis dan analisa Anda.

Hal ini untuk meningkatkan mutu pada setiap artikel yang Anda buat.

3. Gabung dan aktif di komunitas blogger luar negeri

Punya blog berbahasa Inggris wajib melebur ke dalam grup-grup atau komunitas blog luar negeri. Tujuan nya untuk melancarkan promosi blog. Secara simbolik mengisyaratkan “ hey guys, I am here!”.

Disini diharapkan keberadaan Anda dalam berbaur dengan mereka. Tunjukkan bahwa kita eksis. Jalin komunikasi dengan anggota. Jangan sungkan untuk mem-follow atau menambahkan mereka sebagai teman.

4. Sering ‘traveling’ ke blog-blog bule yang relevan

Tak berbeda dengan blog bahasa Indonesia, di sini blogwalking pun perlu. Komentar yang konstruktif pada blog sahabat bule Anda akan menunjukkan feedback kasatmata ke blog kita.

Jadwalkan minimal 30 blog perhari untuk Anda kunjungi dan berkomentar. Hasilnya akan Anda rasakan sendiri.

5. Buat demam isu artikel kontroversial

Tingkat ‘curious’ (rasa ingin tahu) orang bule terhadap suatu informasi sangatlah tinggi. Apalagi kalau menyangkut sebuah demam isu yang sedang hangat di negara mereka. Bisa informasi politik, sosial, ekonomi, teknologi, atau entertainment.

Manfaatkan momen ini. Cari sumber informasi terpercaya perihal demam isu informasi yang sedang berkembang. What next?

Buat sebuah artikel yang sedikit kontroversial mengenai informasi yang bersangkutan. Ciptakan opini Anda melalui goresan pena yang mengundang perdebatan. Lakukan investigasi secara detail dan mendalam terhadap sebuah kasus.

Hadirkan artikel Anda tersebut pada grup atau komunitas blog bule kawasan kita join. Lihat apa yang terjadi.

6. Manfaatkan sosial bookmark asing

Ini yang terpenting. Agar website atau blog bule kita cepat dikenal (beda lho dengan terkenal), bergabunglah pada sosial bookmark aneh terbaik.

Karena target kita yaitu global, berikut 5 situs sosial bookmark aneh terbaik yang saya rekomendasikan untuk Anda.
  • http://www.stumbleupon.com
  • http://www.reddit.com
  • http://www.delicious.com
  • http://www.diigo.com
Di situlah kawasan artikel para blogger aneh berkumpul. Gabung dan rutin update artikel di sana.

7. Jangan pakai domain gratisan

Orang luar negeri sangat menjunjung tinggi sebuah profesionalitas. Profesionalitas akan membentuk kredibilitas dengan sendirinya.

Blog dengan domain gratisan dianggap tidak profesional di mata mereka. Atau istilahnya blog ‘mainan’.

Untuk itu, otoritas website harus Anda bangkit melalui domain berbayar dan kalau perlu gunakan hosting pribadi. Blog Anda tidak akan di pandang sebelah mata.

Namun bukan berarti blog gratisan berbahasa Inggris tidak bisa sukses. Ini sifatnya ‘recommended’ (disarankan), bisa Anda terapkan tidak juga nggak jadi masalah. Semua kembali pada kemampuan individu Anda.

Nah, saya rasa 7 tips di atas sudah cukup untuk bekal Anda dalam membuat blog berbahasa Inggris.

yosef ardi

Blog bahasa Inggris Terkenal Milik Orang Indonesia


Pada sub judul terakhir ini, penulis hadirkan seorang blogger terkaya asal Indonesia yang sukses membangun blog berbahasa Inggris.

Dia yaitu Yosef Ardi. Pria yang lahir di Manggarai, Nusa Tenggara Timur ini awalnya berprofesi sebagai wartawan ekonomi di harian Bisnis Indonesia.

Awalnya bang Yosef ini membangun blog berbahasa Inggris dari domain gratisan berjulukan yosef-ardi.blogspot.com, setelah sukses dan banyak pengunjung ia mengubah blog nya menjadi website berbayar dengan nama yosefardi.com yang tetap mengangkat isu-isu ekonomi dan bisnis.

Kini websitenya telah menjadi contoh bagi kalangan urusan ekonomi di seluruh dunia menyerupai Hongkong, London, Tokyo, Singapura, Sydney, Kuala Lumpur dan tentu Jakarta sebagai basis utama nya.

Resep utama kesuksesan websitenya terletak pada kekuatan konten. Dia lebih menyarankan para blogger untuk lebih mengambil sisi feature dengan investigasi yang mendalam dan mendetail dalam setiap tulisan.

Baginya, konten harus variatif, memancing kritikan pembaca, dan menunjukkan nilai tambah.

Dibawah bendera PT Alpha Research Database ia memiliki beberapa karyawan. Secara pasti bang Yosef enggan berkomentar soal penghasilan websitenya. Namun ia mengakui, pendapatan nya kini berlipat-lipat dibandingkan ketika masih berprofesi sebagai wartawan.

Bagaimana gaes, siap mengikuti jejak bang Yosef ? Mulailah berkreasi.

Sampai disini pembahasan dari saya. Agar lebih sempurna, silahkan tambah rujukan Anda dari goresan pena teman-teman blogger yang lain.

Kiranya cukup sekian tips membuat blog bahasa Inggris dari saya. Semoga ada manfaat nya.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.