Latest News

Pulau Bobale - Wisata Halmahera Utara (Wilayah Kao)

Pulau Bobale - Wisata Halmahera Utara (Wilayah Kao)

Pulau Bobale yakni sebuah pulau kecil berpenghuni yang terletak hanya beberapa menit di depan desa Daru. Pulau Bobale memiliki hamparan pasir putih halus dan gradasi warna laun yang menawan serta merupakan tujuan para penyelam. Pulau Bobale yakni salah satu Objek Wisata yang berada di Wilayah Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara.

Terumbu karang dan beragam biota laut dengan kedalaman 2-10 meter dapat ditemukan di perairan Pulau Bobale. Di pulau Bobale juga terdapat sisa-sisa peninggalan Jepang semasa Perang Dunia II. Bunker 3 ruangan berukuran sedang yang terletak di tebing pantai dapat Anda kunjungi hanya pada ketika arus laut sedang tenang.

Pulau Bobale - Wisata Halmahera Utara (Wilayah Kao)


Pulau Bobale juga terkenal sebagai penghasil mutiara. Selain itu, juga terdapat pengrajin yang telah bertahun-tahun membuatkan kerajinan cangkang mutiara. Ngoco yakni sebutan untuk Cangkang Mutiara. Dari rumah mutiara inilah aneka macam bandul kalung dan anting dibuat. Cangkang ini didapat oleh pengrajin dengan memesan dari belum dewasa muda di sekitar desanya, yang biasa menyelam untuk mengambil mutiara-mutiara di dasar laut sekitar Pulau Bobale sampai kedalamannya 10-40 meter dari permukaan laut.


Pulau Bobale berada di sebelah timur desa Daru, wilayah Kao (sekitar 57 Km selatan Tobelo). Jika Anda lapar, sebaiknya Anda makan terlebih dahulu di rumah makan yang tersedia di Pelabuhan Daru. Dari pelabuhan Daru, Anda mampu menggunakan perahu ketinting menuju ke Pulau Bobale dengan lama perjalanan sekitar 20 menit.