Latest News

Incognito, Mode Penyamaran Saat Browsing



Incognito, Mode Penyamaran Saat Browsing
Incognito, Mode Penyamaran Saat Browsing - Sahabat blogging, adakalanya kita berselancar di internet tanpa ingin diketahui oleh orang lain mengenai situs apa saja yang pernah kita buka ketika browsing. Biasanya ini berlaku atau sering dilakukan oleh karyawan, pegawai, pengurus atau siapapun yang menggunakan satu desktop komputer untuk digunakan bersama. Khawatir tidak ingin diketahui bos atau atasan ketika kita rehat sejenak browsing dalam aktifitas kerja menjadi salah satu alasannya. Atau memang kantor daerah bekerja telah menetapkan semua karyawan dilarang membuka situs tertentu ketika aktif kerja menggunakan komputer kantor. Atau alasan lain yang intinya semoga orang lain tidak mengetahui aktifitas browsing kita dalam sebuah desktop komputer.

Incognito, Mode Penyamaran Saat Browsing

Layanan ini dikenal sebagai penyamaran. Layaknya dunia nyata, mode penyamaran tidak akan mengungkapkan wajah aslinya. Hanya numpang saja tanpa meninggalkan jejak. Mode penyamaran ini terdapat dalam fitur beberapa browser, diantaranya google chrome dan mozilla firefox. Nama fiturnya yakni incognito atau mode penyamaran. Mode ini akan membebaskan pengguna untuk membuka banyak tab ketika browsing tanpa pernah disimpan oleh browser. Bahkan mode ini mampu dipadu dengan tab jendela biasa dalam sekali browsing. Wah, sangat menarik tentunya. Lalu bagaimana cara mengatur browser dalam bentuk mode penyamaran ini? Berikut informasinya. Ingat, sangat mudah sekali dicoba.



Mode penyamaran pada Chrome

1. Buka browser google chrome.
2. Klik menu yang terdapat pada pojok kanan atas.
3. Pilih Jendela Samaran Baru atau New Incognito Window.
Incognito, Mode Penyamaran Saat Browsing
Selesai. Kini sobat telah mengaktifkan mode penyamaran ketika browsing. Atau mampu pula mengetik Ctrl+Shit+N untuk membukanya. Sangat mudah bukan?

Mode penyamaran pada Firefox

1. Buka browser mozilla firefox.
2. Klik menu yang terdapat pada pojok kanan atas.
3. Pilih Jendela Pribadi Baru.
Incognito, Mode Penyamaran Saat Browsing

Mode penyamaran pada Android

Bagaimana dengan mode penyamaran pada Android? Browser chrome di Android pun juga melayani fitru mode penyamaran ini. Untuk langkah-langkahnya juga sangat mudah untuk dicoba. Hampir seolah-olah pada desktop komputer. Buka aplikasinya, lalu klik ikon pengaturan pada pojok kanan atas, lalu klik Tab Penyamaran Baru. Selesai.

Bagaimana dengan file hasil unduhan? Apakah juga ikut menghilang ketika mode penyamaran ditutup?


Apa saja yang masih ikut tersimpan?

Perlu diketahui, bahwa selain gosip laman yang pernah dikunjungi tidak tersimpan dalam browser, file hasil unduhan atau unduh pun juga tidak ikut tersimpan. Namun demikian drive C pada folder unduhan akan tetap menyimpannya meski mode penyamaran dihentikan. Sehingga perlu untuk mengilangkannya secara manual.

Selain itu, mode penyamaran ini masih menyimpan berkas laman markah atau bookmark. Untuk menhapus bookmark, harus dilakukan pula secara manual.

Penyedia jasa layanan internet pun masih mampu mengakses laman-laman yang pernah ditelusuri dalam mode penyamaran ini.

Tidak 100% tersamarkan

Kesimpulannya, ternyata mode penyamaran ini tidak berlaku sepenuhnya 100% menyamarkan semua saluran halaman yang pernah dikunjungi. Masih ada beberapa yang mampu diakses oleh orang lain sebelum benar-benar dihapus secara manual oleh pengguna, kecuali penyedia jasa layanan internet.

Demikian gosip mengenai browser mode penyamaran. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya dalam hal-hal kebaikan.