Latest News

Ekonomi Kreatif Serap Jutaan Tenaga Kerja


Ekonomi Kreatif Serap Jutaan Tenaga Kerja
Peran sektor ekonomi terbarukan semakin signifikan menjadi penopang pertumbuhan perekonomian Indonesia pada masa depan. Saat ini, ekonomi kreatif menyerap jutaan tenaga kerja, dan ke depan, diharapkan jumlah tenaga kerja yang bergerak di industri ini semakin bertambah. Indonesia membutuhkan pengembangan sektor ekonomi terbarukan untuk ikut lebih menggerakkan ekonomi nasional, diantaranya sektor berbasis kreativitas dan penemuan ialah ekonomi kreatif.

Ekonomi Kreatif Serap Jutaan Tenaga Kerja Ekonomi Kreatif Serap Jutaan Tenaga Kerja
Industri Kreatif 


Senada dengan aktivitas pembangunan pemerintahan Bpk. Joko Widodo-Jusuf Kalla, ekonomi kreatif diharapkan menjadi tulang punggung perekonomian nasional. Karena itu diharapkan sejumlah pemberian dari pemerintah, baik di tingkat sentra maupun daerah. Beberapa di antaranya infrastruktur dan ruang publik yang memfasilitasi pengembangan industri kreatif di suatu daerah. Selain itu, belum semua kawasan memberi pemberian optimal terhadap pengembangan industri-industri kreatif di wilayahnya.

Industri Kreatif harus didorong pemerintah sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak
Industri kreatif diharapkan bisa menjadi kekayaan dan keanekaragaman pengembangan kota-kota di Indonesia. Karena itu, Badan Ekonomi Kreatif akan menjalankan fungsinya dalam mengoneksikan, mengolaborasi, dan mengomersialkan setiap industri kreatif yang berkembang di daerah-daerah harus berperan optimal

Ekonomi kreatif tumbuh dan menjelma sektor ekonomi yang mempunyai peranan strategis. Kontribusi terbesar ekonomi kreatif, kata dia, masih disumbang oleh sektor fashion, kuliner dan kerajinan tangan. Sebagai teladan di Semarang pada 2016 lalu, bantuan ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 5% dengan menyerap tenaga kerja hingga 13 juta orang. Hingga 2019, pihaknya menargetkan ekonomi kreatif sanggup berkontribusi terhadap PDB sebesar 7% dengan menyerap tenaga kerja hingga 15 juta.

Ekonomi kreatif di masing-masing kawasan cukup potensial. Seperti halnya di Semarang banyak industri kerajinan tangan dari anyaman yang sangat kreatif. Selain itu, produk batik juga sangat berkembang di kota ini. Produk batik sudah semakin dikenal hingga mancanegara.