Latest News

Cara Mengurus SIM Hilang

CaraTips.info - Cara Mengurus SIM Hilang

Membuat SIM (Surat Ijin Mengemudi) memang gampang-gampang susah, namun buat SIM jadi simpel kalau sudah tau Cara dan Tips Praktis Lolos Ujian SIM, Untuk mendapat SIM ini diharuskan mengikuti dan lolos 2 ujian SIM, yakni ujian teori dan praktik. Jika dinyatakan lulus ujian SIM ini maka anda layak mendapat SIM.

 namun buat SIM jadi simpel kalau sudah tau  Cara Mengurus SIM Hilang
Dompet SIM Hilang
Dengan usaha anda mendapat SIM tersebut maka sayangkan bila suatu ketika nanti SIM anda hilang alasannya yaitu faktor tertentu tapi tidak segera mengurusnya kembali.  Jangan hingga menunggu masa berlakunya habis, Soalnya bila masa berlakunya habis, bisa-bisa anda harus ujian teori dan praktik lagi untuk sanggup SIM baru, repot lagi kan?. Maka Segeralah urus bila SIM anda hilang.

Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk memperoleh sim gres sesudah SIM hilang, apa saja syarat-syaratnya, berikut uraiannya:

  1. Membuat surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Untuk menciptakan laporan kehilangan ini silahkan tiba ke polsek terdekat, sampaikan kepada petugas bahwa anda ingin buat surat kehilangan SIM
  2. Setelah surat keterangan kehilangan kepolisian jadi, Silahkan fotocopy rangkap 3-5, sesudah itu minta legalisir, hal ini untuk berjaga-jaga contohnya untuk mengurus dokumen lain yang hilang, sebagai pola masalah ketika kehilangan dompet mungkin yang hilang bukan cuma SIM, tapi surat-surat lain.   
  3. Datang ke Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) setempat, dengan membawa foto copy surat keterangan hilang dari polsek yang sudah dilegalisir, eksklusif saja ke loket pendaftaran, bila galau silahkan tanya pada petugas, konfirmasi ke petugas bahwa anda akan mengurus SIM yang hilang,  berikan surat keterangannya ke petugas, bayar untuk pembuatan SIM di loket pembayaran, tunggu antrian. Nanti sesudah tiba giliran anda dipanggil, tinggal photo dll, SIM diproses, SIM anda sudah jadi kembali. Tinggal pulang ke rumah, hati-hati berkendara di jalan, supaya selamat hingga tujuan.
Semoga bermanfaat uraian mengenai " Cara Mengurus SIM Hilang ", silahkan komentar dan share ya.. terima kasih.