Latest News

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email


Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email. Surat lamaran kerja melalui email atau surat elektronik tentunya tidak absurd lagi di abad kini ini. Pengiriman surat lamaran kerja via email memang jauh lebih mudah dan irit biaya, dapat anda bandingkan dengan biaya kirim lamaran via pos ataupun tiba langsung. Tentunya pengiriman lamaran kerja via email ini berlaku apabila penyedia lowongan  mencantumkan alamat email, serta memperlihatkan option kepada pelamar kerja untuk dapat mengirim lamaran via surat elektronik ini, selain option tiba langsung, atau via pos. Anda perlu memperhatikan bagaimana cara mengirim lamaran kerja yang baik dan benar, ibarat apa contoh-contoh surat lamaran kerja via email. Tentunya ada kesamaan prosedural serta teknik penulisan surat lamaran melalui email dengan pengiriman surat via pos/ tiba langsung.

Mudah-mudahan uraian di atas sedikit memberi pengertian, selanjutnya bagaimana sih cara mengirim lamaran via email? Yang pertama tentunya anda harus sudah punya email. Jika anda belum memiliki email anda dapat menciptakan email dengan akun gres baik itu melalui yahoo.com, mail.google.com, ataupun penyedia email gratis lainnya.

Yang kedua anda perlu mempersiapkan berkas apa saja yang harus anda kirimkan melalui email nanti. Untuk berkas-berkas lamaran via email ini anda harus menscan data-data  yang diharapkan nanti. Anda dapat tiba ke rental komputer terdekat yang memiliki print scan atau scanner, bilang saja mau scan berkas-berkas untuk lamaran, jangan lupa file hasil scan tadi juga di simpan di memory, flashdis, atau di handphone anda.
Berikut berkas-berkas lamaran yang perlu di scan untuk melamar kerja via Email:
- pas photo
- KTP
- Ijasah dan transkrip nilai
- Sertifikat pendukung contohnya komputer, Bahasa Inggris
- Surat kuning
- SKCK
Setelah di scan berkas-berkas di atas, mumpung di rental, persiapkan juga. Tulisan lamaran pekerjaan beserta daftar riwayat hidupnya. Baca Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Terbaru.
Tips : Biasanya hasil scan berkas-berkas yang sudah di scan ukuran filenya cukup besar, nah kurang afdhol sebagai syarat kirim berkas via email nanti. Maka anda perlu mengkompresnya  (compress) terlebih dahulu supaya ukuran file scan lebih kecil, bagaimana cara mengkompres gambar tanpa merubah kualitasnya? Silahkan baca cara merubah ukuran file gambar - compress gambar . Bisa juga anda cari compress picture online. Usahakan supaya berkas-berkas jangan lebih 15kb/file.

Jika lamaran format surat lamaran sudah beres dan file-file hasil scan tadi di compress, langkah selanjutnya yaitu mengirim surat via email. Dalam teladan ini saya gunakan teladan kirim lamaran melalui email yahoo, jikalau memakai gmail cara hampir sama.

3. Waktunya kirim lamaran anda via email

Berikut Langkah- Langkah Kirim lamaran Via Email:

1). Buka  mail.yahoo.com kemudian login masukan nama dan kata sandi di kolom yang sudah di sediakan. Selanjutnya pilih Compose

2). Isi Alamat tujuan Email, Subject, dan Isi/ tubuh Email.
To : isi email perusahaan dimana anda melamar
Subject : dapat di isi posisi yang di lamar
Badan email : isikan format lamaran yang sudah dipersiapkan. Jika sudah akibat cek kembali jangan ada yang salah ketik.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

3). Selanjutnya kita upload berkas lamaran yang tadi yang sudah di persiapkan, caranya klik pada logo gambar Attach, perhatikan pada tanda yang di lingkari warna biru pada gambar dibawah ini:

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Setelah muncul tab cari berkas, cari file berkas scan yang telah di kompres tadi
klik CTRL A untuk menentukan semua file, Untuk menentukan sebagian tekan CTRL dan tahan, klik satu-satu file yang akan dikirimkan. klik Open, tunggu proses unggah file selesai, kemudian SEND/ KIRIM.


4). Pengiriman surat lamaran via email selesai.
Demikian uraian perihal cara mengirim lamaran kerja Via Email,
Semoga bermanfaat, semoga cepat diterima kerja ya....