Latest News

Cara Membuat Form Contact Us yang Menarik pada Blog

Cara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog - Contact Us atau Hubungi Kami merupakan sebuah form yang disematkan pada situs atau blog yang berfungsi untuk menjalin komunikasi antara admin dengan para readernya. 

Selain itu, eksistensi halaman khusus yang menyediakan Contact Us pada blog merupakan syarat embel-embel guna disetujuinya akun google adsense. Maka, kesempatan kali ini saya gunakan untuk membagikan cara membuat form Contact Us yang simple namun menarik dilihat. Berikut tahap-tahap caranya.

Untuk form demonya silakan lihat pada tautan berikut.

Cara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog

1. Silakan menuju ke Jotform. Lalu klik tanda silang di kanan atas untuk memulai membuat form. Buat nama filenya. Perlu diketahui, bahwa situs ini tidak mengharuskan penggunanya untuk mendaftar terlebih dahulu. Namun saya sarankan untuk mendaftar biar mendapatkan akomodasi dalam mengelola form-form yang telah jadi.
2. Klik Themes untuk mencari pilihan tema form. Sahabat akan diarahkan ke tab baru. Silakan pilih tema yang sobat inginkan. Sample tutorial ini menggunakan tema Extendable envelope. Lalu klik Save changes untuk menyimpannya.
3. Lalu buat formnya. Silakan berkreasi semenarik mungkin pada area pembuatan form ini. Atau sobat mampu menggandakan pada gambar berikut.
Cara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog
4. Kemudian style Submit button-nya juga mampu dirubah ibarat pola berikut.
Cara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog
5. Buat email recipient atau email peserta pesan pada form tersebut dengan klik menu Emails pada Setup and Embed. Klik Add new email. Lalu pilih Notifier untuk pemberitahuan email masuk kalau ada yang berkirim pesan.
6. Tulis email penerima. Silakan tulis email sobat atau email yang nantinya mendapatkan pesan melalui form ini.
7. Gambar di bawah yaitu hasil pengaturan pesan email yang masuk. Lalu setelah semua sudah sesuai yang diinginkan, silakan akhiri dengan Finish.
Cara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog
8. Buat ucapan terima kasih kepada pengunjung setelah pengisian pesan teks terkirim. Klik menu Thank You. Lalu akan muncul jendela baru. Silakan buat kata-kata sobat sendiri melalui Edit Text.
9. Sampai disini bahwasanya form sudah jadi, namun belum tersemat ke dalam blog. Langkah selanjutnya yaitu klik Publish.
Cara Membuat Form Contact Us Menarik pada Blog

10. Pilih Embed. Lalu copy instruksi yang tersedia. Kemudian buka dasboard blogger. Buat halaman gres pada Creat a new page. Paste instruksi yang didapatkan pada area HTML pembuatan halaman. Lalu Publish.

Selamat, kini blog sobat telah memiliki halaman khusus untuk mendapatkan pesan dari para pengunjung dalam bentuk Form Contact Us.

Demikian tutorial cara membuat form contact us pada blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin ditanyakan, sialakan tulis dalam komentar.