Latest News

Cara Memasang Meta Tags Blogger yang SEO Friendly

Cara Memasang Meta Tags Blogger yang SEO Friendly
Cara Memasang Meta Tags Blogger yang SEO Friendly - Meta tags bagi blog menyerupai KTP atau identitas diri. Sebuah identitas yang berisi nama, status dan kelengkapan data diri lainnya. Sehingga dengan memilikinya, ia lebih mudah untuk diidentifikasi dan dikenal lainnya. Demikian halnya dengan blog. Kepemilikan meta tags di dalamnya akan menambah informasi data yang terperinci baginya untuk diserap dan ditelusuri oleh mesin pencari.

Type perayapan mesin pencari

Pada tataran paling dasar, mesin pencari 'hanya' akan mudah merayapi hal-hal yang ada kaitannya dengan isi blog yang telah diletakkan meta tags di dalamnya. Misalnya, kata yang ingin daicari yakni perihal Cristiano Ronaldo dan Leonel Messi. Maka, blog yang ditampilkan dalam mesin peneusuruan yakni blog yang ada kaitannya dengan kedua pemain sepakbola tersebut, dan bukan yang lainnya. Sehingga, bisa dibilang, meta tags yakni semacam penyaring awal yang paling pokok bagi blog untuk ditelusuri mesin pencari.
Baca Daftar Seo Tools Gratis Terbaik untuk Optimalisasi Blog.
Dengan demikian, pemasangan meta tags 'wajib' dilakukan setelah membuat blog. Agar blog tersebut terperinci identitas dirinya. Untuk pemasangannya, sudah banyak para master blogger menyebarkan pengalaman meletakkan meta tags terbaik ke dalam blog. Bahkan jikalau teman berkenan menulis keyword perihal meta tags di dalam google, maka disitu akan muncul ribuan hasil pencarian yang siap untuk disimak.

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit menyebarkan kepada teman blogging semua. Mengenai apa meta tags itu? Apa fungsi dan manfaat yang didapat setelah memasang meta tags ke dalam blog? Lalu, meta tags yang mirip apa yang paling baik dan SEO friendly bagi mesin penelusuran. Baiklah mari kita simak ulasannya.
Artikel terkait Teknik Meledakkan Jumlah Visitor Melalui Autosurf Traffic Exchange.

Definisi meta tags

Meta tags yakni sebuah susunan dan rangkaian kata sebagai salah satu cara untuk menawarkan informasi mengenai situs bagi webmaster atau admin kepada mesin pencari. Setiap sistem hanya akan memproses meta tags yang dipahami dan mengabaikan informasi diluar jangkauannya.

Manfaat meta tags

Keberadaan meta tags sangat penting dalam pengoptimalan sebuah situs di mata mesin pencari. Meta tags akan memudahkan mesin pencari merayapi seluruh isi situs, sehingga peluang muncul ke dalam hasil pencarian akan semakin tinggi. Ini berarti akan meningkatkan jumlah visitor dan menaikkan page rank.
Referensi cantik 10 Tips Agar Artikel Lebih SEO Friendly dan Disukai Google.

Jenis dan fungsi meta tags

Meta tags secara umum berisi deskripsi, keyword dan robot. Masing-masing memiliki fungsi dan peran yang saling mangaitkan satu dengan lainnya. Berikut teladan meta tags dalam sebuah blog.

<meta content='DESKRIPSI BLOG' name='description'/>
<meta content='KEYWORD 1, 2, 3, dst' name='keywords'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>

Apabila sebuah blog sudah memiliki kejelasan dalam setiap isyarat mirip pada teladan di atas, maka itu berarti blog tersebut telah siap menerima fasilitas perayapan mesin pencari. Namun, pada dasarnya jenis meta tags itu tidak hanya berjumlah tiga mirip teladan di atas. Masih ada meta tags lainnya sebagai pendukung kelengkapan meta tags dalam blog. Apa saja itu? Mari kita simak satu per satu.
>> Meta descripstion, yakni tags yang berfungsi untuk menawarkan informasi singkat perihal blog. Meta ini akan menjadi bab dalam cuplikan yang ditampilkan di hasil penelusuran mesin pencari. 
>> Meta keyword, yakni tags yang berfungsi menentukan kata kunci halaman semoga mudah terindex mesin pencari. Meta tags ini sangat penting sekali keberadaannya. Sehingga pergunakan sebaik mungkin memilih kata-kata yang sempurna untuk keyword.
>> Meta tittle, yakni tags yang berisi judul blog. Meski secara teknis bukan merupakan meta tags, namun biasanya meta ini muncul bersamaan dengan deskripsi blog di hasil penelusuran.
>> Meta robot, yakni tags yang berfungsi untuk mengontrol mesin pencari dalam merayapi dan mengindex sebuah blog. Google mengistilahkan tags robot ini sebagai googlebot. Adapun meta tags robot itu sendiri berlaku untuk semua jenis mesin penelusur. Beberapa istilah dalam meta robot yakni noindex (berfungsi mencegah pengieks-an laman), noodp (berfungsi untuk mencegah kutipan yang ditampilkan dalam mesin pencari), nofollow (berfungsi mencegah googlebot mengikut tautan dari laman), noarchive, noimageindex dan none.
>> Meta translate, tags yang berfungsi untuk menawarkan terjemahan untuk sebuah laman. Manfaat lebih jauh yakni memudahkan blog dijangkau oleh pengguna yang lebih luas. Fasilitas ini bisa dinonaktifkan.
>> Meta google verification, yakni tags yang berfungsi untuk menawarkan informasi kepada mesin pencari google bahwa situs tersebut sudah diap untuk diindex. Sedangkan untuk meta tags verfivication lainnya bisa diletakkan sesuai mesin pencari yang bersangkautan, mirip bing, yahoo, yandex, hingga alexa.
Artikel terkait TRIK : Alexa Naik Sangat Cepat, Gratis, Tanpa Backlink dan Tanpa Software.

Cara memasang meta tags

Secara umum meta tags diletakkan di bawah <head> di area HTML template. Silakan masuk daboard blogger, lalu pilih menu template dan klik Edit HTML. Tekan Ctrl+F, lalu tulis isyarat <head>. Setelah ketemu, letakkan isyarat meta tags tersebut di bawahnya.

Adakah meta tags terbaik?

Sudah saya sampaikan di awal, bahwa hampir tiap master blogger memiliki kriteria isyarat tertentu dalam hal pemasangan meta tags ini. Mereka saling menguatkan argumennya masing-masing. Namun pada akhirnya, hasil-lah yang akan menawarkan bukti, isyarat meta tags yang mirip apa yang dianggap terbaik. Selain itu, sebaik-baiknya meta tags yang dipasang, akan tetapi apabila blog tersebut dibiarkan saja tanpa diurus dan dikelola dengan baik, maka akan sia-sia. Sehingga tiap komponen pembuatan blog haruslah aktif dan berjalan dengan pengelolaan yang baik.

Baiklah, untuk melengkapi acuan isyarat meta tags di dunia blogging, saya juga merasa perlu untuk membagikan sebuah isyarat meta tags. Saya tidak ingin mengumbar bahwa isyarat ini yakni isyarat meta tags terbaik, namun paling tidak telah menemani blog ini yang hanya berjalan dalam 3 bulan sudah bisa masuk ke dalam jajaran halaman pertama google.co.id. Atau minimal pada halaman 3. Alhamdulillah. Berikut isyarat meta tags terbaik menurut saya.


<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.pageTitle/></title>
<meta content='DESKRIPSI BLOG' name='description'/>
<meta content='KEYWORD BLOG 1,2,3,dst' name='keywords'/>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/> | JUDUL BLOG</title>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ",DESKRIPSI BLOG"' name='Description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName + ",KEYWORD BLOG 1,2,3,dst"' name='Keywords'/>
<meta content='index, follow' name='robots'/>
</b:if>

Berikut tahap cara meletakkan isyarat tersebut:

1. Masuk ke dasboard blogger, lalu pilih Edit HTML pada menu Template.
2. Cari kode <title><data:blog.pageTitle/></title>, lalu ganti dengan isyarat di atas.
3. Akhiri dengan Save template.

Keterangan: Ganti kata JUDUL BLOG, DESKRIPSI BLOG dan KEYWORD BLOG 1,2,3,dst dengan kata-kata dan kalimat yang teman kehendaki.

Jika dilihat secara fisik, terdapat dua kali meta description dan meta keyword. Inilah yang membedakan dengan isyarat meta tags lainnya. Dengan adanya kedua meta tersebut, perayapan mesing pencari telah dipilahkan antara homepage dan single page. Hasilnya sangat SEO friendly.
Rekomendasi artikel 500+ Backlink Gratis dari Situs Forum High PR Dofofollow.
Demikian uraian seputar meta tags dan cara memasangnya yang SEO friendly. Semoga bermanfaat bagi teman blogging semua.

Jika teman merasa terbantu dengan postingan ini, saya sangat berterima kasih apabila teman juga ikut membagikannya kepada blogger lainnya.