Latest News

Cara dan Trik Praktis Lolos Ujian SIM

Caratips.info - Cara dan Trik Praktis Lolos Ujian SIM Terbaru 2017 2018
Mengacu Peraturan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 wacana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, salah satu pointnya  yaitu pengendara kendaraan baik itu kendaraan motor atau kendaraan beroda empat wajib mempunyai SIM (Surat Ijin Mengemudi) atau Driving Licence.

Untuk mendapat SIM ini diharuskan mengikuti dan lolos 2 Ujian SIM, yakni ujian teori dan praktik. Jika dinyatakan lulus ujian SIM ini maka anda layak mendapat SIM secara resmi alias tidak nembak (he...he...). Oke bro... Tegang amat....!!!, Jika ditelaah, Ujian SIM yang harus dilalui peserta, sebetulnya untuk kepentingan pengendara sendiri, lantaran berkendara tidak hanya sekadar mengendarai motor, namun juga untuk melatih keseimbangan serta mengatur kecepatan, menjaga keselamatan diri sendiri serta pengendara lain.
Tahap untuk mengurus SIM tentunya persiapkan syarat-syaratnya, beberapa fotokopi KTP max 5 buah, surat keterangan sehat dari klinik kesehatan. Syarat ini dapat anda persiapkan sebelum ke Satlantas, jadi ketika anda tiba ke SATPAS SIM (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) tinggal membayar asuransinya, kemudian pindah ke loket pembayaran manajemen SIM (100 ribu untuk SIM C). Setelah diberi tanda bukti dan formulir pendaftaran, isi dengan lengkap formulir tersebut, kalau sudah kembalikan ke loket penerimaan berkas. Setelah berkas dikumpulkan, tinggal menunggu untuk ujian teori, berdoa saja nunggunya tidak usang ya bro...

UJIAN TEORI SIM

Untuk jadi orang jujur kadang perlu ribet dalam arti menaati peraturan yang ada, termasuk menciptakan sim ini, soalnya banyak yang tidak lolos ujian, ujungnya jalur pintas minta dicepetin sama petugasnya. Ujian teori dalam menciptakan SIM tidak jauh seputar peraturan rambu-rambu lalulintas, meskipun begitu kalau kita tidak memahami arti rambu-rambu lalulintas maka akan merasa kesulitan mengerjakan soal bahan ujuan sim ini, makanya tidak ada salahnya bila kita membaca-baca serta mengenali banyak sekali rambu-rambu kemudian lintas yang ada.
Dalam ujian teori SIM biasanya peserta akan disuguhkan lembar kertas yang berisi 30 soal yang harus diselesaikan dalam 30 menit. Maka dari itu harus dikerjakan dengan baik biar lolos ujiannya, soalnya klo tidak lolos harus ngulang di waktu berikutnya yang telah ditentukan. Repotkan?
Tips biar gampang mengerjakan soal ujian teori SIM:
1. Pastikan anda sarapan sebelum berangkat, minum airputih yang cukup biar perut tidak keroncongan, kalau tidak sempat makan roti atau apalah, kalau perut kosong nanti tidak dapat mikir bro.
2. Setidaknya kita belajar, membaca-baca, searching-searching internet mengenai rambu-rambu kemudian lintas, setidaknya kita mengerti biar mempermudah ketika kita mengerjakan soal pilihan gandanya.
3. Berdoa sebelum mengerjakan soal
4. Kadang ada soal yang perlu dijawab dengan logika, tentunya budi ini sejalan dengan peraturan lalulintas yang ada, nah... baca semua tanggapan dengan baik kalau memerlukan budi anda.
Jika anda seksama dalam mengerjakan soal teori ini, maka dijamin dapat lolos ujian terorinya kok.

UJIAN PRAKTIK SIM

Dalam ujian praktik SIM ini, peserta harus berhasil mengendarai sepeda motor pada lintasan khusus yang telah ditentukan. Setiap polres mempunyai jumlah lintasan yang berbeda-beda.
ada yang menyediakan 2 atau 3 lintasan. Pada garis besarnya, lintasan berupa lintasan lurus, angka 8 serta zig-zag.
Untuk lintasan lurus, sebagian besar pesaerta biasanya dapat lulus dengan mudah. Namun untuk dua lintasan lain khususnya lintasan berbentuk angka 8, banyak yang gagal ketika melalui lintasan ini. Lintasan ini memang dianggap sulit, terlebih lagi lintasan tersebut mempunyai lebar yang kecil serta diberi batas dngan beberapa tiang di pinggirnya.

Jika kau gagal dalam ujian praktik ini dan harus mengulang beberapa kali biar berhasil untuk mendapat SIM lantaran kesulitan melewati lintasan tersebut, dapat dicoba tips dan trik di bawah ini.

Tips & Triks Agar Praktis Lolos Ujian Praktik SIM C

1. Untuk mencairkan suasana dan rileks, jangan takut untuk sekedar bertanya kepada petugas, perhatikan ketika ia menunjukkan penjelasan. Tanyakan bila ada yang masih bingung, dibentuk enjoy aja
2. Pilih Motor jenis belibis dengan transmisi manual, biar lebih gampang dikendarai
3. Ijin sama petugas, untuk pemanasan muter-muter sebentar saja, sebelum masuk lintasan ujian praktek yang sebenarnya
4. Tetap tenang, konsentrasi, jangan lupa berdoa
5. Saat nyalakan motor dapat masukkan porsneling eksklusif ke gigi 2, biar lebih stabil
6. Penggunaan rem jangan pakai rem tangan, fokus pakai rem kaki saja, untuk mempermudah laju kendaraan
7. Saat berkendara pastikan gas stabil, jangan membuka tutup gas lantaran tambah merusak konsentrasi, Pastikan gas stabil tetap konsentrasi keseimbangan dan laju kendaraan
Tips: Berkendaralah menyerupai ketika melewati banjir, bagaimana menahan gas jangan hingga air masuk knalpot.
8. Fokus, berjalan perlahan, tetap jaga injak pedal rem. " kuncinya jaga koordinasi antara pedal rem kaki dan keseimbangan", Kalau motor terlalu pelan, lepas rem sedikit. Jika motor terlalu cepat injak pedal rem sambil menyeimbangkan laju kendaraan biar tidak menyenggol patok dan kaki tidak menyentuh tanah.
9. Tidak perlu oper gigi, yang penting dapat melewati rintangan dan lolos ujian praktik
10. Pastikan tidak salah arah ketika melintasi jalur lintasan.
Demikian sedikit uraian Cara, Tips dan trik biar gampang lolos ujian SIM. Selamat mencoba dan semoga berhasil mendapat SIM C.
jadilah pencetus keselamatan berlalulintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.