Latest News

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog - Sebagai pemilik blog, wajar jikalau ingin mengetahui seberapa banyak sih visitor yang mengunjungi blog kita. Sebab dengan mengetahuinya, maka kita bisa memonitor sekaligus menganalisa perkembangan blog yang kita kelola. Apakah blog milik kita sudah baik di mata search engine ataukah sebaliknya. Maka diharapkan sebuah tools atau layanan yang bisa menunjukkan isu seputar jumlah trafik, jumlah page views per periode tertentu, dan berapa jumlah visitor yang online pada suatu waktu dan sebagainya.

Ada beberapa layanan yang bisa kita gunakan. Salah satunya yang populer di mata para webmaster yaitu dengan menggunakan histats. Apa histats itu? Apakah keunggulan histats ini sehingga banyak digunakan? Lalu bagaimana pengaruhnya dengan blog yang kita kelola? Simak uraiannya berikut.

Apa Histats itu?

Histats yaitu semacam tools yang digunakan untuk merekam setiap aktifitas pengunjung yang terjadi dalam sebuah situs. Layanan gratis ini digunakan untuk memonitor blog melalui isu yang diberikan. Diantara isu yang diperoleh dari histats ini yaitu jumlah pengunjung tiap hari, jumlah page views perhari, jumlah pengunjung yang beraktifitas online secara real time. Dan masih banyak lagi isu bermanfaat dari histats ini.

Apa saja Keunggulan Histats

Histats memungkinkan admin web atau blog untuk mendapatkan isu seputar aktifitas pengunjung secara gratis dan terproteksi. Selain itu, tampilan widget yang diberikan sangat banyak dan bervariasi sampai lebih dari 600 macam bentuk. Histats juga bisa digunakan untuk memonitor lebih dari satu situs atau blog yang dipantau menggunakan multiple URL panel. Dan manfaat lain yang sangat berguna.

Apa pengaruhnya bagi Blog

Lalu bagaimana pengaruhnya bagi blog yang kita kelola? Apakah dengan memakai widget histats tersebut blog akan serta merta dikunjungi visitor dengan trafik yang melimpah? Atau memang hanya digunakan untuk memonitor aktifitas pengunjung saja?

Pertanyaan ini bisa dijawab dengan satu kata, BENAR. Mengapa demikian? Dengan mendapatkan isu seputar visitor tiap hari dan bahkan realtime, maka itu sudah cukup menunjukkan acuan suplemen untuk memperbaiki blog yang kita kelola. Sebagai contoh. Dalam sehari pageviews pada blog kita masih di angka 500 dengan jumlah visitor 100 orang. Maka kita harus terus menggenjot produktifitas dalam blogging. Contoh lain. Realtime position visitor setiap hari bisa dilihat. Pada jam-jam berapakah visitor mengunjungi blog kita. Maka, hasil yang didapat menjadi modal indah untuk memperbanyak share postingan di waktu-waktu tersebut. Dan masih banyak lagi isu histats yang bisa digunakan untuk mengotimalkan blog milik kita.
Dengan demikian, karena manfaat yang kita peroleh dari histats sangat banyak, maka selanjutnya yaitu mendaftarkan blog kita ke histats biar bisa ditracking dan direkam ke dalam servernya. Berikut tahap-tahapnya.

Cara Daftar Blog di Histats

1. Silakan menuju ke register page histats.

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog

2. Isi semua form yang ada. Gunakan email valid untuk mendaftarkannya, karena melalui email inilah validasi pendaftaran dilakukan. Kemudian buat pasword yang kuat. Lalu pilih Time Zone yang tepat. Lalu beri tanda centang pada 'I have read...dst.' Setelah itu isi isyarat capcha yang ada. Akhiri dengan klik Register.

3. Histats akan mengirim isyarat verifikasi melalui email. Silakan sobat cek inbok email. Lalu klik isyarat verifikasi dan login menggunakan email dan pasword yang telah dibuat sebelumnya.

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog

4. Setelah login, maka sobat akan diarahkan ke control panel. Dalam pengaturan control panel ini, silakan sobat klik Add a website untuk menambahkan blog yang ingin didaftarkan.

5. Selesai, selamat. Kini blog sobat telah terdaftar ke dalam Histats dan siap untuk ditracking.
Pada tahab berikutnya, sobat memerlukan sebuah isyarat guna mengetahui realtime statistik blog tanpa harus mengunjungi website histats. Akan tetapi berupa widget dengan mode tampilan isu visitor.

Cara Memasang Widget Histats pada Blog

Melanjutkan tahap sebelumnya, kini sobat harus mencari isyarat untuk disematkan pada widget blog. Masih dalam control panel. Lalu klik Counter CODE di kanan atas.

Cara Daftar dan Memasang Widget Histats di Blog

Klik add new counter.

Sahabat akan diberikan berbagai bentuk widget yang bisa disematkan ke dalam blog. Silakan klik untuk memilih dan mendapatkan kodenya.

Lalu drag semua kodenya, dan copy isyarat tersebut. Lalu buka dasboard blogger sahabat. Pilih menu Layout. Add a gadget. Pilih HTML / Javascript. Pastekan isyarat yang didapat pada area HTML tersebut. Akhiri dengan Save.

Selesai.
Kini blog sobat telah terdaftar dan siap mendapatkan isu statistik realtime visitor yang berkunjung melalui widget histats yang dipasang. Kemudian untuk tracking dan monitoring blog lainnya, sobat bisa mencoba menggunakan Google Analitics. Selengkapnya silakan simak Cara Daftar dan Memasang Kode Google Analytics di Blog.

Demikian tutorial cara daftar dan memasang widget histats pada blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Bila ada yang kurang silakan ditambahi dan jikalau ada yang keliru, saya sangat terbuka untuk mendapatkan kritik dan ralat. Semoga jadi kebaikan kita bersama.