Latest News

Atur URL Postingan Blog dengan Cara Ini

Atur URL Postingan Blog dengan Cara Ini
Alamat URL blog merupakan identitas utama selain judul. Demikian pula, alamat URL postingan juga mampu menjadi identitas tersendiri dalam blog tersebut. Makin simple, makin mudah diingat. Makin banyak keywordnya, makin SEO pula postingan tersebut.

Pada kenyataannya tidak sedikit pula blogger yang belum mengetahui, bahwa ternyata alamat URL postingan itu mampu diubah-ubah sesuai keinginan. Selama ini mungkin hanya fokus pada pembuatan judul yang menarik dengan konten isi artikel yang menarik pula tanpa memperhatikan alamat URLnya. Padahal alamat URL ini sama pentingnya dengan konten itu sendiri.
Artikel terkait 10 Tips Agar Artikel Lebih SEO Friendly dan Disukai Google.
Perlu dipahami bahwa setelah membuat postingan, maka secara default, blogger akan mengidentifikasi URL yang sama dengan judul postingan. Namun ada batasnya. Sehingga jikalau judul yang dibuat terlalu panjang, maka secara otomatis yang terindex blogger ialah beberapa kata awal saja. Ada yang mengatakan 5 sampai 7 kata saja yang tertulis secara default. Selebihnya tidak ikut masuk dalam alamat URL tersebut. Padahal judul yang dibuat tersebut banyak mengandung keyword. Akhirnya menjadi sia-sia.

Permalink

Maka untuk menghindari hal tersebut, sepanjang apapun judulnya, mampu diatur link URLnya dengan menggunakan fitur post editor yang berjulukan permalink. Fitur ini terdapat pada sisi sebelah kanan post entri.

Atur URL Postingan Blog dengan Cara Ini

Manfaat permalink

Selain bermanfaat untuk mengatur alamat URL postingan, permalink juga mampu menjadi aksesori tenaga semoga blog lebih seo friendly. Peletakan keyword yang sempurna pada permalink ini akan memudahkan googlebot untuk merayapi, mengindex dan alhasil akan dimunculkan pada hasil penelusuran google search. 

Catatan : Setelah pengaturan permalink ini disimpan dan dipublikasikan, maka selanjutnya tidak mampu lagi dirubah. Link URL telah permanen pada blog tersebut. Sehingga, berhati-hatilah dalam membuatnya. Pastikan kebenarannya sebelum postingan dipublikasikan.

Tips pengaturan permalink

  • Gunakan keyword utama saja
  • Hindari kata-kata sambung, ibarat 'dan, yang, ke, dari, di, ... dan lain-lain.'
  • Maksimal keyword tidak lebih dari 5 kata di dalamnya
  • Sesuaikan dengan judul utama
Demikian tutorial seputar permalink untuk mengedit URL postingan blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.