Latest News

10 Fitur Terbaik Jodohnya Website eCommerce

Mendirikan urusan ekonomi online, butuh situs web eCommerce yang besar dengan fungsi yang indah ditambah fitur yang berpengaruh dengan desain user-friendly.

Situs web yang mudah digunakan, sederhana dalam kustomisasi dan kontrol penuh dalam keamanan website yaitu syarat penting yang tidak boleh Anda lewatkan.

Meski konsep sebuah situs eCommerce cukup sederhana, aneka macam persoalan urusan ekonomi dan aneka macam solusi eCommerce membuatnya agak rumit.

Fitur Pelengkap Website E-commerce


Berikut ini yaitu fitur penting dari sebuah situs web di mana Anda perlu memberi perhatian ekstra untuk pemberdayaan toko online Anda dalam membangun fondasi yang berpengaruh biar sukses di industri digital ini.

1. Store Management (manajemen toko)

Untuk memiliki toko online yang besar, Anda harus memilih solusi eCommerce terbaik dengan platform yang dapat menyampaikan beberapa manfaat ibarat instalasi yang sederhana, panel manajemen yang intuitif, desain user friendly dan lain-lain.

Hal ini secara keseluruhan akan memberi dampak yang luar biasa terhadap tampilan website Anda.

Pasang web Anda dengan logo yang menarik, atraktif dengan sketsa warna terbaik yang dapat membantu mempromosikan iktikad dan keberadaan situs Anda.

2. Customers Experience (pengalaman pelanggan)

Meningkatkan jumlah pelanggan merupakan tujuan dari urusan ekonomi eCommerce untuk menghasilkan lebih banyak volume penjualan. Oleh alasannya yaitu itu, segala sesuatu perihal situs web Anda harus berorientasi pada pengalaman pelanggan atau kepuasan konsumen.

Untuk menyampaikan pengalaman yang luar biasa untuk pengunjung, pastikan bahwa website Anda menyampaikan banyak kemudahan. Navigasi situs yang simpel dan mudah, tampilan antarmuka yang sederhana, akomodasi meng-upload foto dan pertolongan global untuk semua jenis pembayaran populer termasuk PayPal, wesel, cek, dan kartu kredit.

10 Fitur Terbaik Jodohnya Website eCommerce

3. Order Management (manajemen pesanan)

Mengintegrasikan alat manajemen yang canggih dalam situs web Anda dapat membantu Anda meng-upgrade pesanan pelanggan dan merekamnya secara otomatis.

Pelanggan akan dengan mudah melacak pesanan mereka dan memeriksa semua catatan orderan yang telah dipesan.

4. Pemasaran dan SEO

Boleh saja website Anda punya tampilan visual yang menarik, tapi itu menjadi tidak berharga kalau tidak muncul di hasil pencarian Google yang mampu menarik lalu lintas organik.

Untuk meningkatkan lalu lintas web, Anda perlu untuk mengoptimalkan SEO. Pastikan untuk memiliki URL SEO friendly, sitemap otomatis, riset keyword dan elemen penting SEO lainnya.

Sempurnakan desain Anda dengan rencana pemasaran yang tepat. Aturlah promosi yang sehat melalui media umum yang sehat serta menyewa jasa SEO yang efektif untuk urusan ekonomi Anda.

5. Keamanan dan Dukungan

Pelanggan akan curiga kalau muncul kebocoran data pembayaran ketika berbelanja online.

Untuk meningkatkan keamanan data pelanggan, situs web harus terintegrasi dengan ‘gateway’ pembayaran yang paling aman. Pastikan setiap transaksi pada toko online Anda telah memenuhi standard keamanan PCI-DSS ( Payment Card Industry – Data Security Standard).

Platform eCommerce harus memiliki sistem pendukung yang berpengaruh dan aktif serta telah di kenali oleh masyarakat, sehingga dapat membantu Anda ketika suatu ketika mengalami masalah.

6. Kecepatan ‘Load Time’

Website dengan gelar ‘slowloading’ dapat mensugesti pengunjung dan penjualan. Sebelum Anda memulainya, pastikan untuk menguji dan menganalisis kecepatan beban dari situs Anda.

Dan kalau website eCommerce Anda mengalami kemajuan pesat tentunya beban waktu loading semakin sarat, untuk itu sudah seharusnya kecepatan situs perlu Anda tingkatkan performa nya.

7. Ponsel Optimized

Saat ini, acara berselancar di internet sampai belanja via online dikerjakan oleh sebagian besar orang melalui perangkat mobile mereka. Oleh alasannya yaitu itu, langkah bijak yang perlu diambil yaitu mengoptimalkan toko online Anda biar lebih responsif di semua perangkat.

8. Call to Action

Ketika seorang pelanggan mengunjungi situs Anda, ia harus tahu apa yang harus dilakukan. Itulah perlunya “ajakan untuk bertindak”.

Ajakan atau panggilan dalam website toko online biasanya berupa kalimat halus atau slogan yang mendorong pengunjung untuk membeli. Posisi ‘kalimat ajakan’ harus sempurna penempatan nya pada website Anda.

Letak yang strategis biasanya pada header atau juga landing page.

Selain seruan untuk membeli, mampu juga ditambahkan kalimat panggilan untuk sekedar mem-bookmark alamat website atau juga menjadi subcriber.

9. Blog

Sebuah blog untuk website urusan ekonomi Anda mungkin mampu menghasilkan lalu lintas yang tinggi, juga membantu Anda mempromosikan jasa dan produk di mesin pencari dan membangun iktikad dengan pembeli.

Karena blog Anda yaitu bab dari website urusan ekonomi Anda, mungkin akan membantu pelanggan untuk lebih banyak tahu perihal Anda dan urusan ekonomi yang sedang Anda jalankan. Secara tidak eksklusif ini mampu lebih membangun iktikad konsumen.

10. Search Bar

Saat ini, fungsi pencarian yang terintegrasi yaitu sesuatu yang esensial bagi sebuah website bisnis. Akan tetapi, perlu diingat bahwa integrasi pencarian sederhana tidak akan bekerja dengan baik.

Oleh alasannya yaitu itu, ada baiknya untuk membuat beberapa upgrade. Menambahkan beberapa filter sehingga pengguna dapat menelusuri kategori yang berbeda dengan mudah dan cepat dalam menemukan produk yang mereka cari.


Itulah beberapa fitur terbaik sebagai pendamping sebuah website eCommerce.


Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.