Latest News

Tips Blogwalking semoga Klik Iklan Adsense jadi Surplus

Meningkatkan klik iklan Adsense lewat blogwalking. Melihat judulnya mungkin Anda merasa sangsi, “serius nih, blogwalking mampu menambah klik iklan Adsense?

Kelihatannya memang sedikit tidak masuk akal. Saya coba beri nama metode ini “super blogwalking”. Karena dalam realisasinya, Anda harus gentayangan ke 200 blog dalam sehari secara kontinyu dan terjadwal.

Ini termasuk cara yang paling logis. Metode “super blogwalking” tujuan utamanya yaitu untuk menarik trafik sebanyak mungkin. Karena bagi saya pribadi, untuk sukses di urusan ekonomi Adsense, modal utama nya yaitu trafik dan klik.

Trafik yang tinggi, potensi klik iklan pun mampu ikut tinggi.

Seperti kita tahu, dalam memompa earning Adsensenya, rata-rata blogger hanya berkutat pada duduk perkara BPK, eksprimen penempatan iklan, dan keyword bernilai. Mereka justru melupakan atau mungkin kurang pengetahuan SEO dalam upaya menaikkan trafik blog.

Seorang blogger yang gres terjun menjadi publisher Adsense, trafik kadang menjadi duduk perkara yang cukup serius. Imbasnya, dolar seakan malas mampir ke dasbor statistik pendapatan Adsense mereka.

Tips Blogwalking supaya Klik Iklan Adsense jadi Surplus

Tips Blogwalking supaya Klik Iklan Nambah


Mekanismenya hampir sama dengan blogwalking pada umumnya. Hanya saja disini Anda perlu tips yang mujarab supaya blogwalking mampu mendatangkan hasil sesuai harapan.

Jika Anda niat dan sanggup menjawab tantangan ini, silahkan baca tips dibawah ini sebagai bekal Anda dikala blogwalking nanti.

1. Tentukan misi blogwalking Anda?


Umumnya, misi blogwalking seorang blogger ada tiga, yaitu mengajukan pertanyaan, memberi kontribusi (bisa kritikan atau masukan), dan nyepam. Saya sarankan, pilih poin yang kedua.

Para profesional blogger akan merasa segan oleh komentar yang mampu membawa dampak konkret bagi blog mereka. Entah itu sebuah advise atau kritikan sekalipun.

Untuk itu, Anda wajib membaca dan memahami isi artikel dari blog yang Anda kunjungi supaya masukan atau kritik yang Anda berikan mampu kena sasaran.

Percayalah, dari situ Anda akan mendapat perlakuan khusus dari mereka, mampu berupa backlink bahkan mampu jadi kunjungan balik yang akan membuka peluang klik pada iklan Adsense Anda.

Jadi, semua tergantung dari “apa misi blogwalking Anda”.

2. Gunakan Open ID dikala berkomentar


Sekedar informasi, selama blogwalking saya memakai 4 OpenID untuk tiap blog dengan niche yang berbeda, yaitu teknologi gadget, komputer, kesehatan dan blogging.

Berkomentar dengan Open ID, ada keuntungan yang mampu Anda petik. Salah satunya yaitu URL blog Anda akan otomatis tertanam pada blog target. Terlebih kalau statusnya dofollow, maka backlink akan mengalir dengan sendirinya yang mampu menguntungkan dari segi SEO untuk blog Anda.

Sayangnya tak semua pemilik blog mengijinkan komentar dengan OpenID. Tapi tak perlu khawatir, selama komentar Anda menarik, berharga, dan kaya informasi, saya yakin pemilik blog tak akan mempedulikan hal itu.

Selain itu, biasanya pemilik blog akan mengevaluasi dan menelusuri identitas sebuah komentar yang masuk melalui moderasi sistem. Dengan OpenID, kalau komentar Anda berhasil mengusik perhatian si pemilik blog, mau nggak mau mereka pasti akan membuka URL blog Anda.

Dari situlah peluang klik iklan Adsense mampu Anda dapatkan.

3. Analisa target situs blogwalking Anda


Bagi saya, cukup dua hal yang perlu dianalisa dari target situs yang ingin saya kunjungi, yaitu popularitas dan kredibilitas blog tersebut.

Blog yang populer dan kredibel cenderung memiliki tingkat kunjungan yang tinggi dari blogger lainnya karena mereka lebih diakui dan dipercaya. Bisa dipastikan kolom komentar nya tidak akan ‘kosong mlompong’. Akan Anda jumpai banyak ‘jejak kaki’ di sana. Buat kicauan komentar yang paling nyaring diantara yang lain.

Ingat, komentar tidak hanya dibaca oleh si empunya blog tetapi juga tamu blog tersebut. Jadi, komentar berkualitas Anda nantinya bakal terbaca oleh pengunjung lainnya. Semakin banyak yang tertarik dengan ocehan Anda, lewat OpenID kemungkinan blog Anda akan kecipratan kunjungan dari mereka.

4. Jangan hanya pilih blog yang ada di pageone (opsional)


Saat misi blogwalking, jangan terlalu mendewakan blog yang ada di pageone sebagai target Anda. Tetap lakukan analisa dengan seksama.

Bagi saya, blog pageone hanyalah blog yang kebetulan menang di meningkatkan secara optimal SEO, soal kualitas konten nya hanya Anda sendiri yang mampu menilainya.

Di halaman 3, 4, 5, dan seterusnya pada search engine, masih banyak bertebaran blog yang lebih populer dan kredibel untuk Anda kunjungi.

Dalam menjawab tantangan blogwalking ke 200 blog, saya justru lebih suka menyusuri blog-blog yang tidak muncul di halaman pertama. Bukan berarti saya meremehkan para penghuni pageone.

Alasannya, blog selain pageone lebih cepat memberi respon pada komentar yang saya tinggalkan. Dan asyiknya, mereka dengan senang hati melaksanakan kunjungan balik (kunbal). Ini yang paling dibutuhkan mampu membuka peluang klik pada iklan Adsense Anda.

Tips ke empat ini sifatnya opsional, semua tergantung dari perspektif Anda dalam menilai blog yang Anda targetkan.

5. Hindari kesalahan dalam berkomentar


Kesalahan dalam berkomentar akan membuat langkah Anda menjadi sia-sia. Meski tidak ada dalil yang mengikat, namun Anda harus membiasakan diri dengan rule para blogger soal menulis komentar.

Agar tidak terlalu bertele-tele, silahkan baca artikel saya wacana 8 kesalahan komentar yang harus dihindari.

Menghitung Hasil Blogwalking


Agar Anda lebih termotivasi, berikut gambaran hitungan secara matematis probabilitas hasil dari challenge yang saya berikan dengan asumsi nilai CPC sebesar $0,05.

probabilitas klik iklan adsense

Pada “respon klik” sengaja saya batasi hingga 50%, alasannya yaitu menurut saya dari 200 blog yang kita kunjungi belum tentu semua blog memberi respon kunjungan balik.

Namun tidak menutup kemungkinan “respon klik” mampu tembus hingga 100%. Semua tergantung dari ‘interest’, bobot komentar, dan daya jual bahan pada blog Anda.

Selain itu, kalkulasi di atas hanyalah hitungan kasar. Hasil kesudahannya mungkin mampu lebih tinggi atau bahkan lebih rendah tergantung dari keseriusan Anda melaksanakan metode ini.

Penutup


Ada 3 hal yang besar lengan berkuasa pada High Income Adsense, yaitu :
  1. High Paying Keyword (keyword bernilai)
  2. High CTR (click trough ratio)
  3. High Traffic

Semuanya harus serba HIGH (tinggi). Untuk paying keyword dan CTR, masih mampu diutak-atik supaya hasilnya maksimal. Tapi untuk TRAFFIC butuh perjuangan ekstra, alasannya yaitu faktor ini berkaitan dengan jumlah vistor pada blog Anda (human).

Nah, pesan penting dari saya - kalau ingin income Adsense bertambah, fokuslah dulu pada peningkatan trafik blog.

Ingat, silaturahim (blogwalking) mampu memperpanjang umur dan membuka pintu rejeki. Mulai sekarang, tambahkan blogwalking dalam agenda ngeblog Anda.

Semoga bermanfaat. Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.