Latest News

Tips Bikin Blog Unduh semoga Banjir Pengunjung

Tips membuat blog unduh supaya banyak klik dari pengunjung. Sebagian beranggapan, membuat dan membangun sebuah blog unduh itu mudah. Hmm…benarkah?

Mungkin saja mereka berpikir menyerupai itu alasannya rata-rata halaman artikel sebuah blog unduh biasanya memang minim kata-kata. Cukup diisi sambutan, deskripsi singkat materi, dan memasang link file unduh nya,…beres.

Hal ini tentu berbeda dengan konten artikel pada blog selain topik download. Yang disusun hingga memeras otak dan memakan waktu hingga berhari-hari.

Tapi perlu Anda tahu, membuat blog unduh yang benar-benar berkualitas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Apapun bahan downloadnya, entah itu perihal musik, aplikasi, film, animasi, dan lainnya, semua butuh pengorbanan waktu dan biaya dengan porsi yang sama.

Tengok saja situs STAFABAND yang merajai pageone dan selalu menjadi destinasi utama para pencari file musik gratisan. Atau Bagas31, yang jadi idola para pengunduh software dan aplikasi free version.

Kedua blog tersebut merupakan teladan betapa sebuah blog unduh pun bisa diakui keberadaan nya dan bisa meraup dollar di dunia maya, selama diolah dan dirintis dengan serius dan profesional.

The big question is…. Bagaimana membuat sebuah blog unduh supaya selalu eksis dan ramai pengunjung? Nah, untuk itu ikuti tips dari saya di bawah ini.

tips membuat blog download

Tips supaya Blog Unduh Banjir Klik dari Visitor


Supaya Anda tidak sangsi, beberapa tips di bawah ini yaitu murni dari pengalaman saya dalam mengelola beberapa blog yang saya miliki, salah satunya yaitu blog download. Kebetulan topik nya sebagian besar perihal dunia musik.

Alhamdulilah, blog unduh saya kini bisa menempel ketat salah satu penguasa pageone menyerupai yang saya sebut di atas. Berikut tips untuk Anda.

URL harus SEO Friendly

Kenapa harus SEO friendly? Karena ketika sedang butuh file untuk diunduh, umumnya orang akan pribadi menuju ke mesin pencari. Nggak mungkin mereka nyari di media umum atau pun di forum-forum. Bukan begitu?

Menurut saya. blog unduh sangat bergantung dengan search engine. Jadi, untuk mengolah nya Anda pun butuh yang namanya teknik meningkatkan secara optimal SEO.

Andai konten blog Anda banyak yang jadi langganan pageone, tidak mustahil blog Anda akan banyak dikunjungi oleh para pemburu file gratisan. Ini yaitu modal awal supaya blog unduh Anda cepat dikenal.

File unduh milik pribadi

Jangan membuat halaman konten unduh yang link nya mengarah ke blog lain. Ini bisa menghancurkan reputasi blog Anda, dan justru membuat blog target link Anda makin populer.

Selain itu, di mata para downloader mania, blog Anda akan dicap sebagai website kacangan alias tanpa modal atau blog tukang nebeng.

Sebisa mungkin arahkan link file unduh pada situs hosting dimana Anda menyimpan semua berkas unduhan yang Anda miliki. Misalnya di MediaFire, UpFile, Ziddu, Google Drive dan masih banyak lagi. Nah, untuk mengupload file ke situs hosting tersebut sudah pasti Anda butuh kuota atau jalan masuk internet yang pastinya butuh biaya. Itu yang saya sebut 'pengorbanan'.

Persingkat jalur download

Ketahuilah, orang masuk ke blog unduh harapannya tentu ingin secepat mungkin menggondol file yang mereka cari. Jangan membuat jalur yang berliku-liku untuk hingga ke link unduhan.

Jika Anda sedang memonetisasi konten blog, cukup pasang maksimal 2 lapis halaman redirect. Satu untuk iklan, dan satu untuk link unduhan nya.

Saya pun kadang sedikit kesal ketika mau ngunduh file tapi harus redirect ke sini, ke sono, ke situ tapi ujung-ujungnya malah nggak ketemu link unduh nya.

Sisipkan alamat blog pada file download

Menyisipkan alamat blog pada file unduh bisa lewat banyak sekali cara. Untuk file unduhan musik, bisa kita pasang dalam bentuk gambar atau logo blog. Saat file mereka putar lewat player musik, gambar atau logo blog kita akan muncul disana.

Sedangkan untuk file jenis aplikasi, bisa Anda sertakan file promosi iklan Anda pada bundel file unduhan yang dibungkus dengan format rar atau zip.

Jika unduhan Anda berupa video, sisipkan alamat blog pada awal atau simpulan durasi video.

Loading halaman super ngebut

Sebagian besar blog unduh yang saya kunjungi memiliki kecepatan loading yang memprihatinkan. Hal ini alasannya rata-rata mereka memasang terlalu banyak iklan yang notabene merupakan sumber pendapatan dolar bagi si pengelola blog.

Meskipun wajar, tapi ini justru mengorbankan kenyamanan pengunjung blog Anda nantinya. Siapa sih yang mau nunggu lama? Anda juga perlu mempertimbangkan kecepatan jalan masuk internet setiap pengguna yang sudah pasti berbeda.

Tips dari saya, pilih template yang benar-benar ringan loadingnya.

Navigasi yang jelas

Target pertama visitor ketika masuk ke blog unduh yaitu link. Jangan hingga pengunjung kebingungan mencari file yang ingin mereka cari alasannya terlalu banyak redirect halaman pada blog Anda.

Ada beberapa blog yang justru sengaja menipu pengunjungnya melalui link unduhan berisi aktivitas referral iklan bukan redirect ke file yang sebenarnya. Bagi saya, ini jahat banget.

Berikan navigasi yang mudah kepada visitor blog Anda dengan menampilkan link apa adanya.

Minimalisir halaman not found (jalan buntu)

Halaman not found biasanya akhir dari link yang rusak (broken link) atau url yang sudah tidak aktif lagi atau alasannya kesalahan penulisan url alamat blog oleh pengguna. Sebab lainnya alasannya file yang kita upload pada situs hosting telah dihapus alasannya beberapa alasan internal.

Hal ini bisa merusak citra blog. Saya jamin, pengunjung bakal kecewa dan enggan untuk balik lagi ke blog Anda. Untuk itu, Anda harus selalu memantau semua link unduhan pada blog.

Manfaatkan situs Free Broken Link Checker dan pantaulah selalu blog Anda pada Google Search Console untuk mengetahui link mana saja yang sudah tidak berfungsi.

File gratis, up to date, dan komplit

File unduh yang up to date sudah pasti banyak dicari orang, apalagi kalau itu gratisan. Entah itu file musik, movie, aplikasi, game, template, ebook, atau apapun.

Selain itu, kelengkapan bahan unduhan juga perlu Anda perhatikan. Misalnya blog unduh perihal software atau aplikasi. Sebisa mungkin berikan file yang bisa diakses untuk semua jenis platform dari versi yang paling baru.

Hal ini berlaku juga untuk beberapa bahan blog unduh yang lainnya.

Tunjukkan demonya

Meskipun file yang Anda bagikan sifatnya free, tapi tetap saja pengunjung tak ingin menyerupai membeli kucing dalam karung. Terlebih untuk file movie atau software anti virus yang memakan waktu unduhan yang cukup lama alasannya besarnya file yang harus di load.

Jangan hingga mereka kecewa. Untuk itu, supaya lebih meyakinkan pengunjung tak ada salahnya Anda tampilkan ilustrasi dalam bentuk demo gambar, suara, thriller video, atau halaman web (untuk template).

Penutup


Semakin orang percaya dan mudah mengakses setiap halaman unduh Anda, saya yakin tak butuh waktu lama blog Anda akan cepat berkembang.

Yang terpenting, utamakan kepuasan pengunjung. Satu visitor yang mem-bookmark blog Anda, itu yaitu sinyal blog unduh Anda disukai oleh mereka.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.