Latest News

Tips biar Blog Tetap Sehat

Tips semoga blog tetap sehat. Apakah blog Anda sedang sakit? Tahukah gejala blog yang kurang sehat? Untuk lebih jelasnya mari bersama kita urai problem ini.

Kenapa kita harus menjaga semoga blog tetap sehat? Jawabannya mudah, semoga blog tidak sakit. Apa ciri dari blog yang sakit? Jawabannya nanti akan saya berikan lengkap dengan solusinya.

Sekarang kita ngobrol kalem saja dulu.

Jangan terkecoh dengan judul yang saya berikan, yaitu tips semoga blog tetap sehat. Pada artikel ini saya justru akan menguraikan tanda-tanda yang berkaitan dengan blog yang sedang kurang enak tubuh alias ‘meriang’.

Karena logikanya jikalau kita mampu mengantisipasi dengan mengetahui gejala-gejala blog yang kurang sehat, secara tidak eksklusif itu merupakan tips untuk menjaga semoga blog tetap sehat.

Alasan kedua saya memilih judul itu, karena ketika Anda mengetik keyword “supaya blog sehat” di kotak pencarian, percaya atau tidak hanya blog saya yang berbeda, kompetitor mayoritas oleh blog wacana kesehatan.

Sekarang kita masuk ke topik masalahnya.

Tips supaya Blog Tetap Sehat

Tanda Blog yang Kurang Sehat


Banyak blogger yang tidak sadar, bahkan cenderung kurang memperhatikan kesehatan dari blog mereka. Entah sebabnya tidak tahu, tidak perduli atau kurang mampu menangkap sinyal bahwa blognya sedang tidak fit.

Mari kita bahas bersama, gejala atau ciri-ciri blog yang kurang sehat di bawah ini.

1. Bounce rate  yang tinggi

Bagi para senior, rasio bounce rate jadi perhatian utama. Namun bagi para blogger muda hal ini kurang begitu dipahami. Mungkin karena mereka belum mengerti, apa itu bounce rate. Blog dengan bounce rate yang tinggi, mengisyaratkan gejala bahwa blog Anda sedang sakit.

Bounce rate yakni rasio pentalan pada blog, atau secara gampangnya, angka perbandingan time on site pengunjung ketika berada di blog. Makara makin tinggi rasio pentalan pada blog Anda, makin banyak pengunjung yang kabur tanpa permisi.

Tipsnya:

Selalu pantau rasio ini di Google Analytic pada webmaster tool. Untuk menurunkan rasio bounce rate pada blog, insya Alloh akan saya tulis di artikel saya berikutnya.

2. Loading yang lambat

Di kala 4G sekarang ini, orang ingin serba cepat ketika mengakses isu di internet. Website yang lambat loadingnya akan ditinggalkan pengguna. Persaingan antar web semakin tinggi. Orang malas menunggu terlalu lama di depan layar hanya untuk satu tampilan halaman web.

Jika loading blog Anda sering macet, waspadalah. Pengunjung akan segera berpindah ke blog lain dengan performa loading yang lebih ngebut. Ini salah satu faktor yang membuat rasio bounce rate makin membengkak.

Tips nya:
  • Kurangi gambar pada postingan, jikalau memang harus terpaksa, kompres ukuran file nya.
  • Buang widget yang kurang dibutuhkan
  • Monitor kecepatan loading, jikalau ditemukan error segera perbaiki
  • Baca, cara semoga loading blog ngebut...whuus.


3. Artikel lama ter-index di Google

Untuk blog yang masih baru, kadang artikel yang dipublish sedikit lama terindeks oleh Google. Hal ini wajar karena butuh waktu antara 1- 2 ahad bagi googlebot untuk merayapi artikel yang gres Anda update.

Namun untuk blog yang sudah rada tua, lamanya waktu indeks arahan ada yang tidak beres pada blog Anda.

Untuk yang gres migrasi dari blogspot ke domain TLD, lamanya proses pengindeksan masih terbilang normal. Istilahnya blog Anda sedang dalam masa transisi. Karena googlebot sedang crawl ulang pada domain gres blog Anda.

Tips nya:

Untuk blog gres :
  • Jangan menggunakan kata kunci yang menipu pembaca.
  • Hindari penggunaan skrip tersembunyi, khususnya pada episode header
  • Batasi jumlah internal link dan outbound link.
  • Lakukan meningkatkan secara optimal SEO off page pada artikel.
  • Ping setiap artikel gres yang diterbitkan.

Untuk yang gres migrasi ke domain TLD, silahkan baca artikel next step setelah blog berganti domain.

4. Trafik pengunjung hanya dua digit per hari

Pengunjung di bawah 50 per hari untuk blog baru, masih mampu dimaklumi. Namun jikalau umur blog Anda sudah sampaumur tapi jumlah pengunjung hanya dua digit perhari, sudah sepatutnya Anda curiga.

Masalah trafik pengunjung blog memang sulit untuk dicari solusinya. Teknik meningkatkan trafik tergantung skil dan jam terbang Anda.

Tips nya:

Rutin update dan promosikan blog Anda. Dengan sendirinya problem trafik, pelan tapi pasti akan mampu teratasi.

5. Alexa Rank tak kunjung ramping 

Alexa hanyalah sebuah parameter yang menunjukkan level blog Anda. Makin kecil angkanya, makin bagus peringkat blog Anda.

Dengan Alexa, Anda mampu mengetahui kesehatan blog secara real time. Untuk blog anyar, jangan panik jikalau angkanya hingga jutaan. Ini lumrah, karena blog Anda belum terindex secara global.

Lain kasus untuk blog yang sudah lama eksis. Jika angkanya masih berkisar di nominal jutaan, segera benahi struktur blog Anda.

Tips nya:

Update 3 postingan per hari.  dengan meningkatkan secara optimal artikel itu untuk meningkatkan trafik. Jika cara ini rutin Anda kerjakan, hanya dalam hitungan minggu, peringkat Alexa Anda akan berangsur membaik.

Buatlah artikel panjang. Karena dari setiap artikel pilar yang saya terbitkan, peringkat Alexa mulai menyusut dalam tempo hanya 2 hari.

6. Banyak error di webmaster tool

Perkembangan blog mampu Anda monitor melalui Search Console. Fitur Google ini secara akurat akan menampilkan kinerja blog melalui data yang lengkap termasuk di dalamnya beberapa kesalahan yang mungkin terjadi.

Berikut beberapa kesalahan yang sering muncul pada webmaster tool .
  • Kesalahan pada data ter struktur.
  • Kesalahan pada penyempurnaan HTML, biasanya berupa duplikat konten, duplikat judul, deskripsi meta.
  • Kesalahan perayapan, berupa kode 404 (halaman tidak ditemukan), pencekalan robot teks.
  • Kesalahan pada peta situs, berupa halaman yang tidak ter indeks.

Pada poin terakhir ini saya tidak mampu menunjukkan tips, karena setiap kesalahan pada webmaster memiliki penanganan yang berbeda tergantung jenis kesalahan yang ditunjukkan.

Untuk tips yang jitu, silahkan masukan pada kotak komentar kesalahan yang ditunjukkan pada webmaster tool Anda.

Kesimpulan


Pepatah mengatakan mencegah lebih baik dari pada mengobati. Terapkan pepatah itu semoga website Anda selalu terjaga performanya. Babat habis setiap gejala negatif yang mampu merusak blog Anda.

Demikian tips semoga blog tetap sehat dari saya. Semoga sajian artikel ini mampu membawa manfaat untuk Anda.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan Wassalam.