Latest News

Tip Mudah Membuat Artikel Bahasa Inggris

Tips mudah membuat artikel bahasa Inggris. Blog berbahasa Inggris banyak diminati para blogger. Kenapa? Menurut para mahir blogging, blog tersebut memiliki peluang yang besar untuk di-approve oleh Adsense.

Alasan lainnya, dengan artikel bahasa Inggris blog kita memiliki penargetan pembaca yang lebih luas. Dollar yang masuk dari iklan pada blog bule, konon memiliki nilai yang lebih besar di bandingkan blog bahasa lokal.

Itu beberapa alasan yang melatarbelakangi para blogger mania untuk berduyun-duyun pindah haluan membuat blog berbahasa Inggris. Benar tidaknya alasan tersebut hanya mereka yang tahu.

Saya tidak akan membahas lebih jauh perihal persoalan tersebut, sebab pada artikel sebelumnya sudah saya beber kan perihal untung ruginya blog berbahasa Inggris.

Pada artikel kali ini, saya coba membantu Anda yang ‘memaksakan’ diri membuat artikel berbahasa Inggris, meski dengan kemampuan yang minim. Langsung saja ikuti penjelasan saya di bawah ini.

Tip Mudah Membuat Artikel Bahasa Inggris

Pertama, Anda wajib menginstal aplikasi atau software berjulukan Grammarly. Tambahkan aplikasi tersebut sebagai ekstensi pada browser yang Anda pakai. Pasti Anda bertanya, "link downloadnya mana mas?". Jangan manja gan, cari sendiri di Google buaanyak. Pilih versi yang terbaru.

Kenapa aplikasi ini saya sarankan untuk diinstal pada browser? Karena ini yakni software jempolan yang akan mengoreksi setiap kesalahan kosakata pada artikel bahasa Inggris yang nantinya akan Anda buat. Jika sudah, ikuti langkah berikut ini.
  1. Buat dulu artikel bahasa Indonesia pada MsWord di komputer Anda. Mau bikin sendiri atau copas terserah. Jika mau copas, usahakan ambil dari 6 artikel yang berbeda untuk di gabungkan menjadi sebuah artikel yang utuh. Selanjutnya, siapkan Notepad.
  2. Pada browser yang sudah terinstal aplikasi Grammarly, buka dua tab sekaligus halaman Google Translate. Ini alamatnya https://translate.google.com (kalo perlu, di-bookmark juga boleh).
  3. Pada halaman Google Translate yang pertama, masukkan satu persatu paragraf dari artikel yang sebelumnya sudah Anda persiapkan. Pilih mode bahasa Indonesia. Secara otomatis akan muncul hasil translate dalam bahasa Inggris pada kotak sebelah kanan.
  4. Salin hasil tersebut dan letakkan pada halaman Google Translate yang kedua. Pilih mode English. Akan muncul terjemahan dalam bahasa Indonesia. Perhatikan hasil translatenya. Banyak kalimat yang janggal dengan kosakata yang berserakan bukan? Orang bule pun saya rasa bakal kebingungan membacanya.
  5. Pindahkan terjemahan yang janggal tersebut ke halaman Google Translate yang pertama, pilih mode Indonesia. Dari situ perbaiki biar menjadi format kalimat yang lebih mudah di mengerti. Jika sudah, lakukan menyerupai pada langkah 4 hingga hasil translatenya sempurna.
  6. Setelah terjemahan bahasa Indonesia nya enak untuk di baca, buat dokumen gres pada MsWord, salin dan pindahkan paragraf yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris tersebut.
  7. Lakukan langkah 3-6 per paragraf pada draft artikel Anda, hingga tersusun artikel bahasa Inggris secara utuh pada MsWord.
  8. Untuk memastikan hasilnya, tes kembali artikel bahasa Inggris yang sudah jadi pada Google Translate secara utuh. Baca terjemahannya untuk memastikan tidak ada lagi kalimat yang janggal.
  9. Selanjutnya, salin artikel bahasa Inggris tersebut ke Notepad. Dari Notepad, salin lagi artikel dan pindahkan ke halaman draft pada Entri Baru di dasbor Blogger. 
  10. Pada halaman draft entri baru, jikalau ekstensi Grammarly sudah Anda instal pada browser, maka akan muncul ikon Grammarly berbentuk bundar hijau pada browser Anda. Jika notifikasinya berbunyi "no critical issues", artinya kosakata pada artikel bahasa Inggris Anda sudah benar. Tapi jikalau muncul bundar berwarna merah, berarti ada kesalahan kosakata pada artikel Anda. Tinggal ikuti aba-aba yang diberikan, dan lakukan perubahan.
  11. Selesai.




Selamat ! Kini Anda memiliki artikel bahasa Inggris yang siap untuk dipublish.

Saran saya, setelah artikel Anda terbitkan, cek di copyscape atau siteliner. Hal ini untuk memastikan artikel yang Anda buat yakni original. Yang kedua, hindari membuat artikel bahasa Inggris dengan metode spin artikel. Karena jikalau ditranslate ke bahasa Indonesia, saya jamin Anda pun akan mumet membacanya.

Saya rasa hanya itu tips mudah membuat artikel bahasa Inggris yang bisa saya berikan. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.


Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Terima kasih dan Wassalam.

Adios.