Latest News

Pilih Google AdWords atau Facebook Ads? Keduanya Oke

Memilih beriklan di Google AdWords atau Facebook Ads? Apakah dikala ini Anda sedang galau gara-gara resah memikirkan hal itu? Mari kita ngobrol soal ini dengan kalem sambil minum teh.

Google dan Facebook keduanya sama-sama punya jutaan pengguna yang fanatik. Meski beroperasi di platform berbeda, namun keduanya memiliki pamor yang seimbang di mata para pelaku marketing.

Keduanya sama-sama menyampaikan kesempatan bagi pemilik urusan ekonomi skala kecil dalam upaya meraih pelanggan gres melalui penargetan iklan yang sempurna sasaran. Tentunya dengan harga yang pas sesuai anggaran.

Sistem kampanye iklan yang bekerja pada Google atau pun Facebook, sama-sama membebaskan klien mereka untuk meraup ribuan atau bahkan jutaan pelanggan tergantung siapa targetnya dan seberapa besar modal yang berani mereka kucurkan.

Tapi mungkin ada kalanya Anda bimbang, apakah Google pilihan terbaik di bandingkan Facebook, atau justru sebaliknya?

Berikut ini pemahaman yang perlu Anda kaji.

pasang iklan di google adsword

Memahami Google AdWords


Iklan Google bekerja melalui penawaran pada kata kunci. Dalam hal ini Anda mampu memilih kata kunci tertentu berdasarkan target audiens Anda, dan ketika pengguna mencari istilah yang relevan dengan kata kunci tersebut, mereka akan melihat iklan Anda.

Kunci kesuksesan berkampanye lewat AdWords yaitu :
  1. Pemahaman terhadap kecenderungan pada kata atau frasa yang banyak di pakai oleh pelanggan Anda dikala searching di internet.
  2. Memastikan bahwa cuplikan kalimat yang digunakan pada halaman instruksi Anda sangat cocok dengan bahasa yang digunakan oleh pelanggan. Hal ini menimbulkan tingkat konversi yang lebih tinggi ketika pelanggan potensial mengklik iklan Anda.

Untuk itu perlu diingat, hindari kesalahan bahasa iklan Anda biar efek positifnya mampu menjalar pada kinerja kampanye iklan.


pasang iklan di facebook ads

Memahami Iklan Facebook


Jika Google fokus operasinya pada kata kunci, untuk iklan Facebook promosi lebih ditargetkan pada orang-orang yang cocok dengan kriteria tertentu.

Facebook menyampaikan platform canggih biar Anda mampu menargetkan orang berdasarkan geografi, demografi, minat, dan koneksi pada grup yang mereka ikuti.

Iklan video pada Facebook mampu menjadi pilihan. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemilik modal untuk menambah popularitas produk lewat pemasaran video online selain Youtube.

Profit yang Anda peroleh dengan beriklan di Facebook yaitu bahwa Anda dapat mencapai orang-orang yang belum tentu mencari apa yang Anda tawarkan dan bahkan mungkin tidak menyadari produk atau jasa yang Anda jual.

Ini yaitu pendekatan yang jauh berbeda dengan Google, di mana Anda hanya menjangkau orang-orang yang khusus mencari kata kunci Anda.

Selain itu, iklan Facebook menerapkan teori Uses and Gratification yang menyampaikan pemahaman mengapa media umum Facebook memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia.  Teori ini yang membuat iklan Facebook banyak dimanfaatkan sebagai taktik promo.


Pilih Google AdWords atau Facebook Ads?


Meskipun kampanye di Facebook cenderung lebih murah jikalau dibandingkan dengan di AdWords, namun perlu digarisbawahi bahwa tingkat keberhasilan pada keduanya masih terbilang relatif.

Iklan dengan kata kunci tertentu melalui Google cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi, alasannya rujukan pikir  pelanggan Anda sudah mencapai level untuk membeli barang yang mereka cari.

Sedangkan pada Facebook Anda diberi kebebasan untuk memperluas jangkauan promosi produk Anda dengan biaya yang lebih rendah. Walaupun jikalau dilihat dari segi bisnis, jumlah klik yang Anda peroleh mungkin tidak akan optimal.

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, iklan lewat Facebook hakekatnya yaitu berbagi pesan kepada pelanggan gres biar mereka menyadari perihal produk yang sedang Anda tawarkan.

Kaprikornus idealnya Anda harus mengambil keuntungan dari kedua sumber. Perlu suatu pendekatan untuk membagi anggaran pemasaran online Anda antara dua platform, atau mungkin Anda ingin menghabiskan lebih banyak anggaran hanya pada satu platform tergantung pada tujuan Anda dikala ini.

Kesimpulan


Apakah Anda memiliki produk gres yang akan dipromosikan?

Cara yang lebih masuk nalar tentu berinvestasi dalam iklan Facebook dengan target audiens yang lebih terarah.

Di sisi lain, jikalau Anda memiliki produk dengan ROI (rate of investment) yang sudah mapan, kekhawatiran Anda yaitu yang paling penting. Silahkan alokasikan anggaran iklan Anda di Google AdWords.

Kedua platform memang menyampaikan analisis yang sangat baik untuk membiarkan Anda dalam memantau efektivitas kampanye. Pendekatan terbaik yaitu untuk bereksperimen dengan kedua jenis iklan tersebut, dan lihat mana yang kontribusinya paling efektif dalam mendorong kemajuan produk Anda.

Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.