Latest News

Pasoa dan Sang Pemberani, Film Animasi Sekolah Menengah kejuruan di Kudus

Pasoa dan Sang Pemberani, Film Animasi Sekolah Menengah kejuruan di Kudus
MARET 2016, RUS Animation Studio, studio animasi bertaraf internasional dari Sekolah Menengah kejuruan Raden Umar Said (RUS),diresmikan. Kini, studio itu merilis karya perdana, film animasi 3D Pasoa dan Sang Pemberani.  Film animasi ini berdasar dan memiliki abjad khas nusantara merupakan karya jurusan animasi sekolah Sekolah Menengah kejuruan di Kudus. Peluncuran yang meriah pada 24/2 di CGV Cinemas Grand Indonesia, Jakarta di hadiri para animator. Mereka terdiri dari 16 pelajar para mentor, dan pensehat teknis dari Sekolah Menengah kejuruan Raden Umar Said.


Tria Ramadhani dari The changcuters menjadi pengisi bunyi abjad Amet dude, adapun penyanyi Isyana sebagai penyanyi dan komposer lagu tema orisinal.
Meskipun dikerjakan para pelajar, film animasi ini dikerjakan secara profesional dan sesuai standart industri animasi profesional. Tujuan awal pembuatan film animasi ini yaitu sebagai sarana pembelajaran dan praktik para pelajar menerapkan ilmu menjadi karya yang bernilai tinggi.

Melalui pembuatan film animasi, siswa di ajak semoga bisa memahami dan mengerjakan keseluruhan pembuatan film animasi ini. Film animasi inipun telah memalui proses yang cukup panjang, dengan hasil cukup membanggakan dan dinilai tidak kalah dengan film produksi para animator profesional.
Film animasi Pasoa dan sang pemberani , bercerita mengenai kearifan lokal di Indonesia. Pasoa di wujudkan abjad binatang yang berwujud paduan beberapa binatang khas Indonesia. Karakter ini hadir untuk melindungi kekayaan hayati yang ada di Indonesia. Pasoa berjuan bersama anak muda pemberani, amet mude, serta beberapa abjad lain, ibarat san penyumpit, karun, dan punai anai.

Kisah dari film animasi ini dibutuhkan sanggup memberi nilai-nilai kepada pemirsa, khususnya generasi muda semoga menjaga keseimbangan alam memperkenalkan kekayaan dongeng tradisional. Kehadiran RUS animation tak lepas dari pinjaman Djarum Foundation yakni berupa pembangunan studio animasi bertaraf internasional, penyempurnaan kurikulum sesuai dengan standart industri animasi, pembinaan dab sertifikasi tenaga pendidik dan beasiswa.


Tidak lepas juga pinjaman dari technical advisor yakni Daniel Hariyanto, Wooody Woodman,. Woodman animator profesional perpengalaman lebih dari 20 tahun di industri film animasi di AS. Meski tinggal di AS, Woodman konsisten mengajar secara daring. Dia juga sering hadir menawarkan pembinaan langsung. Ada juga Masami Obari,animator mecha ternama dari Jepang juga turut support.
Film animasi pasoa ini akan ditayangkan juga di SCTV, Sabtu 4 Maret 2017 pukul 15:30.