Latest News

Pasang Iklan di Facebook Ads Di Jamin Untung

Perlukah pasang iklan di Facebook? Promosi memang mampu dimana saja. Melalui media yang lebih bervariatif orang bebas memilih platform, jenis iklan dan anggaran yang disesuaikan.

Tapi semua akan sia-sia andai produk yang Anda pasarkan tidak sempurna sasaran dengan profit yang tak seimbang.

Di internet, fungsi sosial media mulai mengalami pergeseran. Dulu jejaring sosial hanya sebagai kawasan ngobrol, update status serta chatting dengan sahabat lama atau pun kenalan baru. Kini semua telah berubah total.

Ada fungsi krusial dari media umum yang kini mulai dilirik para pemilik website dan pelaku urusan ekonomi marketing yaitu sebagai TARGET PROMOSI IKLAN.

Salah satunya yaitu Facebook Ads. Fitur dari media umum milik Mark Zuckerberg ini mulai banyak digandrungi para blogger dan pemilik urusan ekonomi kecil, menengah sampai perusahaan.

Untuk itu saya ajak Anda untuk mengenal lebih jauh wacana seluk beluk pasang iklan di Facebook melalui salah satu fiturnya yaitu Facebook Ads.

Apa itu Facebook Ads?


Facebook Ads atau iklan Facebook merupakan fitur gres yang ditawarkan Facebook untuk mempromosikan suatu Fan Page milik pengguna dengan pengaturan jangkauan yang berbeda sesuai cita-cita si pemasang iklan (pemilik Fan Page).

Disini pemasang iklan wajib memiliki sebuah Fan Page semoga pengguna Facebook lainnya mampu menunjukkan ‘LIKE” atau menjadi follower. Materi dalam Fan Page mampu berupa nama perusahaan, website, produk, individu, merek dagang dan sebagainya.

Nantinya iklan mampu dirancang dengan lebih spesifik sesuai target pasar yang dituju, menyerupai lokasi, jenis kelamin, demografi, minat, status pernikahan, latar pendidikan dan sebagainya. Tujuan nya tentu semoga iklan yang dibuat jadi lebih efektif dan sempurna sasaran.

Sudah tahu modelnya Facebook Ads? Letaknya di beranda Facebook pada sidebar kanan. Gambar di bawah goresan pena “Bersponsor” itulah iklan Facebook Anda yang bakal terlihat oleh pengguna lain nya.

pasang iklan facebook ads

Kenapa Harus Beriklan di Facebook Ads?


Orang memasarkan produk di Facebook tentu bukan tanpa alasan. Ada beberapa hal yang menjadi daya pemikat sampai mereka antusias memilih Facebook sebagai target promosi paling menjanjikan. Di antaranya mampu Anda lihat di bawah ini.

Jangkauan yang Luas pada Market Domestik dan Global

Apakah Anda tahu?  Indonesia menduduki urutan kedua sebagai negara pengguna Facebook terbesar setelah United States dengan jumlah angka menembus lebih dari 30 juta pengguna. (lihat gambar)

statistik pengguna facebook - sosialbaker.com

Jika Indonesia berpenduduk sekitar 238 juta jiwa, dengan asumsi usia produktif (15 – 60 tahun) sebesar 153 juta jiwa, maka jumlah pengguna Facebook dari usia produktif rata-rata mencapai 22 persen.

Bagi para pemain marketing, tingkat persentase tersebut tentu sangat menggiurkan. Dengan insting pemasaran yang tajam, data tersebut mampu mereka olah untuk di konversi menjadi sebuah laba.

Itu hanya data dari skala domestic. Jika di hitung dengan skala global, peluang kesuksesan marketing dari sebuah produk tentu akan makin terbuka lebar.

Biaya iklan yang murah

Berdasarkan testimoni dari para pengusaha internet yang telah lama memakai FB Ads, mereka mengatakan bahwa Facebook Ads yaitu pilihan kawasan beriklan yang paling tepat.

Biaya nya pun relatif murah, tarif terendah hanya Rp. 130 untuk setiap klik atau tampilan iklan di halaman Facebook. Jika dibandingkan dengan pengiklan lain, FB Ads jauh lebih menjanjikan.

Prospek Market lebih difokuskan pada data demografi

Ini poin yang paling penting. Dengan memasarkan produk lewat Facebook, target audiens mampu Anda atur berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi, minat, status perkawinan dan masih banyak lagi.

Anda cukup menyesuaikan target iklan dengan produk yang dipromosikan.

Sistem Viral Marketing

Tak perlu risau dengan target iklan Anda. Ada sistem marketing yang tak kasat mata dalam iklan di Facebook, yaitu VIRAL MARKETING.

Saat promosi produk Anda diklik oleh minimal 10 orang, dengan viral marketing jumlah klik mampu bertambah berkali lipat dari 100 sampai 1000 orang. Kok bisa?

Sebenarnya ini bukan terjadi secara kebetulan. Melalui tombol “share”, “like”, dan "comment" yang ada pada plugin Facebook, semua itu mampu terjadi.

Mudah dan cepat dioperasikan

Ini yang paling disukai banyak orang. Saat iklan simpulan Anda buat, dalam waktu singkat iklan Anda akan pribadi diterbitkan. Hanya butuh waktu 1 - 2 jam, toko online Anda akan ramai diserbu pelanggan gres Anda.

Tentu menyenangkan bila website Anda banyak dikunjungi banyak orang hanya dalam waktu yang singkat sementara Anda duduk manis di depan laptop sambil ditemani segelas kopi hangat. Hmm..nikmat bukan?


Tahapan Pembuatan Facebook Ads


Ada 3 proses dalam membuat iklan di Facebook. Berikut ini gambaran singkatnya:

1. Pengaturan Iklan

Tiga pilihan dalam layanan iklan Facebook yaitu
  • Get More Page Likes, yaitu iklan yang judul, teks, dan gambarnya dapat dibuat sendiri oleh pengiklan.
  • Promote Page Posts yaitu pilihan yang akan menampilkan salah satu posting terbaru di halaman Fan Page.
  • Advanced Options merupakan pilihan iklan yang memungkinkan untuk para pengiklan memilih sendiri iklan yang ingin di promosikan serta harga yang ingin dibayarkan melalui iklan tersebut.

2. Pilih Target Khalayak yang tepat

Setelah memilih model iklan yang diinginkan, para pengiklan harus memilih kategori target khalayak dari iklan yang ingin dibuat semoga iklan lebih spesifik dan sempurna sasaran.

Kategori yang dapat dipilih antara lain wilayah geografi, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya.

3. Harga dan Penjadwalan Iklan

Pada tahap ini, para pengiklan diwajibkan memberi nama kampanye dari iklan yang dibuatnya serta merancang aktivitas kapan saja iklan tersebut akan ditayangkan.

Selain itu para pengiklan harus menentukan budget iklan yang akan dikeluarkan per harinya. Sebagai rujukan bila pengiklan memiliki budget Rp. 100.000 untuk 10 hari masa iklan, maka ia dapat memilih iklan dengan tarif Rp.10.000 per harinya atau Rp. 100.000 untuk lifetime budget.

Terdapat dua metode pembayaran yaitu:
  • CPM (cost per mille, which is cost per 1000 impressions) yaitu harga iklan yang diberlakukan untuk per 1000 kali penayangan iklan.
  • CPC (cost per click) yaitu harga yang telah diubahsuaikan dengan jumlah klik yang sudah dilakukan oleh para khalayak.

Baca info penting ini gaes :
7 BOCORAN SUPAYA IKLAN FACEBOOK JADI LEBIH EFEKTIF





Cara Mengoptimalkan Iklan di Facebook

Agar iklan Facebook Anda benar-benar bekerja maksimal, tentu ada cara khusus untuk mengoptimasinya. Saya beri sedikit bocoran wacana metode mengoptimalkan iklan di Facebook, perhatikan.

1. Pilih iklan sesuai kebutuhan

Banyak jenis iklan pada Facebook berdasarkan beberapa kategori antara lain:
  • Page Post Engagement
  • Page Likes
  • Clicks to Website
  • Website Conversion
  • Apps atau Events

Meski kita bebas memilih, namun tentukan yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda perlukan. Apakah untuk mendongkrak jumlah ‘likes’ di Fan Page, atau untuk promosi postingan tertentu, event, atau klik untuk konversi ke website.

2. Sesuaikan dengan target pasar Anda

Agar target pasar Anda terang dan tepat, jangan disetting untuk umum. Inilah kesalahan kecil yang sering dilakukan para pelaku urusan ekonomi ketika menargetkan urusan ekonomi mereka.

Atur lokasi kawasan produk yang akan Anda jual dan siapa sasaran produk tersebut (pembeli).

Selain itu, tentukan target lainnya yang pas untuk produk Anda menyerupai umur, gender, bahasa, minat, dan kategori lainnya.

3. Kontrol landing page iklan

Saat akan memasang iklan, periksa tujuan halaman landing iklan yang Anda buat, apakah mengarah ke Fan Page, website, atau blog Anda.

Agar iklan tersebut mampu di ketahui efektifitas nya, Anda wajib memasang tracking landing page untuk iklan yang Anda buat (disarankan memakai Google URL Builder).

4. Gunakan sponsor yang direkomendasi

Ada fitur pada FB Ads yang sangat efektif dalam meningkatkan trafik yaitu Sponsored Story. Mekanismenya hampir sama dengan efek ‘snowball’.

Sponsored Story sama juga iklan dari verbal ke mulut. Berawal dari rekomendasi satu orang sahabat sampai menular ke sahabat yang lainnya. Prinsipnya sederhana, sesuatu yang direkomendasikan seorang sahabat biasanya memiliki tingkat konversi yang lebih besar. Karena secara psikologi, kita lebih percaya pada sahabat dibandingkan si penjual produk.

5. Uji CPM atau CPC nya

Di Facebook, sistem iklannya berbasis Cost Per Click (CPC) yang berarti Anda harus membayar ketika iklan diklik orang. Serta Cost Per Mile (CPM) yang mengenakan biaya untuk setiap 1000 impression (intensitas munculnya iklan).

Makara intinya, Anda dapat membeli kredit klik sesuai cita-cita dan budget yang Anda miliki.

Dan untuk meningkatkan secara optimal iklan Anda, pilih sistem CPC semoga produk lebih tertuju ke pembeli potensial, sedangkan bila produk Anda berupa jasa, pilih saja CPM.

Berdasarkan banyak pengalaman dari para pengiklan, bentuk CPM lebih cantik dibanding CPC.

6. Pantau performa iklan Anda

Andai iklan Anda tidak berjalan dengan efektif, sebaiknya di stop atau di pause. Tujuan nya semoga Anda menerima Click Through Rate (CTR) yang tinggi.

7. Pasang gambar dengan kata promosi yang menarik

Iklan yang menarik tentu didukung oleh kualitas gambar yang cantik dan menarik mata calon konsumen.

Sebagai bumbu penyedapnya, bubuhkan beberapa kata pemikat sebagai bentuk promosi Anda. Ingat! Agar diklik orang, buat sesuai dengan deskripsi singkat dari produk yang Anda jual.

Untuk informasi wacana berapa biaya iklan di Facebook Ads, silahkan baca artikel berikut ini :
BIAYA IKLAN DI FACEBOOK ADS

Nah, itulah beberapa informasi wacana Facebook Ads. Semoga bermanfaat.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.