Latest News

Mobil Listrik Undip Jangkau Kecepatan 100 KM/Jam


SEMARANG - Mobil Listrik Undip Jangkau Kecepatan 100 KM/Jam. Undip kian gencar melaksanakan terobosan pada bidang penelitian karya ilmiah. Salah satu hasil kreasi terbaru yaitu kendaraan beroda empat listrik persembahan mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik.


Mobil berkapasitas dua penumpang ini juga diproyeksikan untuk dapat melaju sampai mencapai kecapatan 100 KM per jam.  Mobil listrik tersebut melengkapi temuan aplikatif dari kampus ibarat tangan robot, keramba apung bertingkat, asap cair sampai teknologi ozon.

‘’Di kala PTNBH, Undip memang sedang menggenjot penambahan karya publikasi ilmiah dan penelitian. Penemuan kendaraan beroda empat listrik ramah lingkungan ini tentu sangat membanggakan. Rektor Undip Prof Dr Yos Johan Utama di sela peluncuran kendaraan beroda empat listrik di Gedung Rektorat Widya Puraya pun memperlihatkan apresiasi penuh terhadap dosen dan mahasiswa yang sudah bekerja cerdas untuk mewujudkannya banyak sekali karya ilmiah dan penelitian.

Menurut Dekan Teknik M Agung Wibowo, mahasiswa dan dosen tidak akan berhenti pada tahapan ini. Mereka masih akan terus memperbanyak karya yang dapat diaplikasikan untuk banyak sekali kebutuhan. Selain riset monumental kendaraan beroda empat listrik, kemarin dipublikasikan juga produk penelitian tangan robot. Fakultas Teknik Undip bekerja sama dengan Rumah Sakit Karyadi Semarang dan Lembaga Penelitian serta Pengabdian kepada Masyarakat Undip membuat penemuan tangan tangan robot/ bionik dengan material lokal yang biaya produksinya lebih murah dari produk impor.
Tangan robot bionik ini tidak lain bertujuan untuk membantu penderita disabilitas tangan semoga mereka dapat beraktivitas sehari-hari.Hanya dengan menggerakan otot-otot pundaknya, jemari tangan bionik ini dapat bergerak menggenggam botol, handphone serta barang lainnya. Hasil tangan robot ini dihibahkan diantaranya kepada penyandang cacat akhir kecelakaan kerja dari Kabupaten Kendal. Tangan robot karya Undip ini dapat menjadi alternatif penyediaan lengan elektronik berbiaya lebih murah.