Latest News

Membangun 'Chemistry' antara Blog dengan Google

Membangun chemistry antara blog dengan google. Menjalin sebuah relasi itu penting untuk mendapatkan keuntungan di masing-masing pihak. Ada relasi antara insan dengan Tuhan, insan dengan manusia, dan insan dengan alam.

Namun kali ini saya mencoba mengurai cara membangun relasi antara insan dengan robot yang berjulukan GOOGLE.

Dalam sebuah relasi diharapkan sebuah unsur yang sering kita sebut ‘chemistry’. Sebelumnya, saya beri gambaran sedikit perihal chemistry.

Chemistry berkaitan dengan interaksi yang terjadi antar personal. Kata ini dipakai untuk menggambarkan jalinan relasi seseorang dengan orang lain yang memiliki ikatan batin satu sama lain. Hal ini bisa terjadi pada siapapun dan apapun termasuk robot sekalipun.

Nah, untuk kali ini saya akan mencoba membahas cara membangun ‘chemistry’ antara blog dengan Google. Mungkinkah hal itu terjadi? Mari ikuti coretan saya di bawah ini.

Membangun 'Chemistry'  antara Blog dengan Google

Proses Chemistry


Dalam dunia konkret ketika akan memulai sebuah hubungan, baik pertemanan atau pun percintaan pasti ada prosesnya. Hal ini tak jauh berbeda dalam dunia blogging. Butuh pendekatan dan tahapan yang harus dilalui, semoga proses chemistry berjalan dengan sukses.

1. Perkenalan

Tak kenal maka tak sayang’. Pepatah ini bisa Anda jadikan sebagai tahap awal semoga Google mengenal siapa Anda. Blog ialah sarana untuk mempertemukan kita dengan ‘sang cleopatra’ dunia maya ini. Untuk itu kita wajib membuat sebuah blog.

Selanjutnya, lakukan banyak observasi untuk lebih mengetahui kriteria mirip apa blog yang disukai atau pun yang dibenci oleh Google. Langkah ini untuk mempercepat terjalinnya sebuah chemistry.

Google ialah sebuah perusahaan raksasa, meski demikian menurut info yang masuk ke meja redaksi, berikut ialah kriteria blog yang menjadi pujaan Google:
  • Kesederhanaan dalam desain
  • Kaya dengan bahan yang informatif
  • Keunikan dan originalitas

2. Pendekatan

Perkenalan sudah dilalui, kini saatnya pendekatan atau istilah umumnya ‘pedekate’ (suit suit....). Makna pendekatan ialah merapat untuk lebih dekat. Tugas Anda hanya menawarkan data akurat perihal blog kepada Google melalui akomodasi yang telah disediakan berjulukan webmaster tools (search console).

Judul, alamat, deskripsi, kata kunci hingga meta tag pada blog wajib Anda beberkan melalui alat ini. Tujuannya semoga Google lebih mudah menemukan blog Anda melalui sistem yang berjulukan algoritma.

Berikutnya sering-seringlah ‘main’ ke Google, itu bentuk pendekatan yang lebih masuk akal. Caranya, artikel pada blog harus bisa muncul di halaman pertama mereka. Lebih banyak makin bagus.

Dibutuhkan kemampuan SEO untuk bisa mengalahkan artikel jawara dari blog lain yang telah lebih dulu menebar pesona nya.

Jurus pendekatan lain yang harus Anda miliki yaitu popularitas. Buktikan kepada Google bahwa blog Anda populer di dunia maya. Ini bisa diketahui dari banyaknya jejak kaki dari acara blogwalking kita berupa jumlah backlink yang mengarah pada blog Anda.

3. Hubungan Serius

Seiring berjalannya waktu, blog makin bertambah umur dan jumlah artikel pun makin panjang memenuhi daftar isi. Sampai tahap ini, Google sudah bisa melihat keseriusan kita dalam ngeblog.

Ini ialah sinyal positif kalau ‘pedekate’ kita berjalan sukses. Tak perlu ‘kata rayuan’, dengan tangan terbuka Google akan mendapatkan Anda untuk menjadi ‘kekasihnya’.

Langkah pada tahap perkenalan harus tetap dilakukan, bahkan intensitas nya harus terus ditambah sebab kita akan menuju satu tahap lagi yang paling krusial.

Pada tahap tersebut, Google mulai banyak ‘maunya’ dan lebih susah untuk dimengerti.

Di sini Anda harus bersabar. Butuh ketelatenan dan pemahaman untuk memenuhi syarat-syarat yang diminta oleh Google. Jika blog anda lolos, Google akan menyerahkan ‘kehormatan’ yang menjadi dambaan para blogger yaitu ADSENSE.

Komitmen dengan Google


Selamat, kini Anda telah bergabung dengan Adsense. Silahkan berbangga hati atas hasil jerih payah Anda selama ini. Adsense merupakan simbol ‘bergengsi’ bagi para blogger, dan Anda telah bisa meraih nya. Kini iklan Adsense telah tersemat di website Anda.

Hubungan blog dengan Adsense memiliki dasar hukum hitam di atas putih. Memang tidak ada tuntutan hukum yang mengikat, namun kita wajib tunduk dan patuh terhadap kebijakannya. Banyak larangan yang tidak boleh dilanggar, meski sengaja atau pun tidak.

Melalui label iklan adsense yang ada pada blog, Google menawarkan hak kepada Anda untuk mengakibatkan blog sebagai mesin penghasil uang. Kreativitas dan konsistensi tinggi sangat diharapkan untuk membangun blog menjadi mesin uang yang efektif.

Ini penting, menyerupai sebuah pernikahan, Google tidak ingin diduakan apalagi diselingkuhi. Baca dengan teliti perjanjian Anda dengan Adsense, semoga relasi yang tercipta bisa terjalin dengan langgeng.

Kesimpulan


Chemistry dalam sebuah relasi itu penting. Tak terkecuali antara blog dengan Google. Semua tidak terjadi dengan begitu saja. Untuk mewujudkan nya ada jalur dan proses yang perlu dilewati.

Meski ini dunia maya, namun ada norma-norma yang tak bisa diabaikan. Akan muncul sanksi yang kita terima kalau melanggar nya.

Google memang sebuah mesin. Tapi jangan lupa, banyak orang-orang jenius di belakangnya yang tidak mudah untuk kita kelabui melalui cara-cara licik. Mereka lebih menyukai cara yang sportif dan profesional.

Komitmen dan loyalitas wajib Anda persembahkan kalau memang serius ingin menjalin sebuah relasi dengan Google. Sebagai timbal balik nya, Google akan menawarkan iktikad kepada Anda melalui iklan Adsense untuk dijadikan sebagai mesin uang.

Kiranya saya cukup kan dulu hingga disini. Semoga coretan saya perihal cara membangun chemistry antara blog dengan Google ini bisa membawa manfaat untuk Anda.

Akhir kata, tak lupa saya berpesan “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan wassalam.