Latest News

Komentar Spammer, Memuji tapi Mematikan

Komentar spammer, memuji tapi mematikan. Komentar spam sering kita temui di setiap blog yang banyak pengunjung. Komentar spammer hanya ingin eksis di dunia blogging.

Komentar spam banyak jenis dan modelnya. Anda harus mulai mampu membedakan antara komentar yang asli dengan komentar spam yang hanya ingin numpang lewat pada blog Anda.

Siapa yang tak ingin blognya ramai pengunjung? Tentunya dengan bonus komentar yang isinya kebanggaan dari para pengunjung. “Mantap gan, nice info gan, keren nih...” dan beragam jenis sanjungan yang buntut nya "gan" dan seterusnya.

Apa itu 'spammer'?


Apa itu spammer? Saya akan jelaskan sedikit untuk Anda.

Menurut wikipedia, spammer berarti orang yang melaksanakan spam. Aksi dari spammer dinamakan spamming. Arti spam itu sendiri yaitu pemakaian perangkat elektronik yang di gunakan untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki penerimanya.

Pengunjung hampir sama dengan trafik, keduanya sangat diharapkan oleh mereka yang membangun sebuah website atau blog. Apalagi bila blog yang mereka kelola merupakan ladang kawasan mereka berjualan, semacam toko online atau pun urusan ekonomi marketing.

Pengunjung yang datang ke blog kita meskipun sudah membaca keseluruhan isi artikel, belum tentu mereka sudi meninggalkan jejak kaki pada kotak komentar yang telah disediakan oleh penulis.

Komentar Spammer, Memuji tapi Mematikan

Jika dihitung dengan skala 1 – 10, kemungkinan hanya 3 orang yang memberi apresiasinya terhadap hasil karya si penulis blog, tentu sisanya pergi untuk berkelana ke blog yang lain.

Perhitungan skala di atas tidak saya berlaku kan untuk seorang spammer.

Google sangat teramat sangat (maaf untuk penegasan) membenci segala tindakan yang berbau spam. Sanksi yang dijatuhkan pun kadang tidak sembarangan. Dalam dunia blogging, bentuk agresi spam bermacam-macam sebagai contohnya ialah spammer pada kotak komentar yang akan saya jelaskan di bawah ini.

Bentuk dan Ciri Komentar Spammer


Spammer termasuk blogger yang sangat aktif di dunia blogging. Mereka gemar gentayangan di dunia maya lewat acara blogwalking. Target utamanya ialah blog atau website yang memiliki pagerank tinggi dan berstatus dofollow.

Ibarat semut menyerbu gula yang berantakan di lantai, para spammer akan rela antri hanya untuk menerima jatah sebuah backlink dari si pemilik blog.

Berikut ialah beberapa bentuk dan ciri komentar para spammer untuk Anda ketahui, barangkali ketika ini ada yang nempel pada komentar di blog anda.

1. Tidak Nyambung

Bentuk komentar yang pertama memiliki ciri pada kata-kata yang ditulis di kotak komentar yang tidak nyambung dengan topik problem atau istilah nya OOT (out of topic). Inilah bentuk akal seorang spammer. Mereka melaksanakan ini bukan tanpa tujuan. Komentar OOT mampu memancing pemilik blog untuk merespon.

2. Irit kata-kata

Bentuk kedua cirinya yaitu deretan kata yang ditulis mampu dihitung dengan jari. Ini biasanya dilakukan oleh spammer yang tidak membaca isi dari artikel secara menyeluruh. Ibarat kata mereka hanya titip bolos untuk mengunjungi blog kita tanpa tahu pelajaran apa yang sedang dibahas.

3. Suka nitip link

Bentuk ketiga cirinya yaitu adanya hadiah untuk pemilik blog berupa link aktif yang tersemat pada kolom komentar Anda. Sebuah blog tidak akan menerima kunjungan kedua dari spammer seandainya pemilik blog melarang link aktif muncul di blog mereka.

4. Minta imbalan

Bentuk keempat cirinya yaitu minta imbalan berupa kunjungan balik atau follow balik. Di sini mampu diketahui motivasi dari para spammer. Mereka hanya sekedar datang lalu berkomentar dan minta imbalan. Ini merupakan bentuk penyimpangan makna dari blogwalking yang sesungguhnya. Spammer hanya akan berujar “emang gue pikirin?

5. Anonim atau anonymous

Bentuk kelima cirinya yaitu tidak adanya gambar atau foto profil. Biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki  tujuan hanya ingin menghina atau mengembangkan kalimat permusuhan terhadap pemilik blog tanpa ingin di ketahui identitasnya.

6. Nama dan keyword sama

Bentuk kelima cirinya yaitu nama akun yang tidak lazim. Biasanya berupa keyword, contohnya “obat herbal cina”, “pembesar anu pria” dan model lain nya.

Tujuan utamanya selain untuk menerima backlink juga secara pribadi mempromosikan produk mereka. Isi komentarnya pun biasanya berupa promosi produk yang mereka tawarkan.

7. Isi komentar selalu sama

Bentuk yang terakhir dari komentar spammer ialah isi komentar yang selalu sama pada setiap kolom komentar pada blog yang mereka kunjungi. Biasanya berupa kalimat kebanggaan yang terkesan sok erat dengan si pemilik blog.

Itulah beberapa bentuk komentar dari para spammer yang wajib Anda ketahui.

Kesimpulan


Terlepas dari semua problem di atas, semua tergantung Anda. Ada blogger yang kurang peduli dengan hadirnya spammer, yang penting blog ramai pengunjung.

Namun banyak pula yang merasa risih dengan komentar para spammer ini, alasannya ialah kemunculannya dirasakan sedikit mengganggu bagi pembaca lainnya.

Jika trafik blog Anda masih jalan di tempat, kehadiran para spammer ini mungkin mampu sedikit menambah suntikan semangat buat Anda.

Meskipun ada yang berpendapat negatif terhadap agresi para spammer, namun tak mampu dipungkiri kehadiran mereka memiliki sisi nyata bagi blogger muda yang sedang membutuhkan hadirnya pengunjung pada blog mereka. Tak perduli itu spammer atau sang master sekalipun.

Sampai di sini dulu berita yang mampu saya berikan. Semoga bahan wacana komentar spammer ini mampu menambah sedikit pengetahuan anda wacana seluk beluk dunia blogging. Tunggu adegan selanjutnya wacana dampak dan ancaman dari spammer, yang Insya Alloh akan saya berikan pada artikel selanjutnya.


Akhir kata, tak lupa saya berpesan “SAY NO TO COPY PASTE”. Terima kasih dan wassalam. Happy Blogging.