Latest News

Ketentuan Pindah Kelas Peserta BPJS

Jika anda ingin berpindah kelas layanan kesehatan BPJS, misal dari kelas 3 menjadi kelas 2, atau 1 semua ada ketentuan-ketentuan seuai peraturan undang-undang yang berlaku. Dalam masalah lain bila ingin pindah dari penerima BPJS Non PBI menjadi penerima PBI (Penerima Bantuan Iuran). Silahkan simak keterangan Ketentuan Pindah Kelas Peserta BPJS di bawah ini.

Jika anda ialah Peserta Bpjs Kesehatan Bukan Penerima Upah & Bukan Pekerja Yang Ingin Pindah Status Kepesertaan Bpjs Kesehatan. Peserta Mandiri atau yang biasa disebut Peserta Bukan Penerima Upah & Bukan Pekerja (NON PBI), bekerjsama bisa berpindah status kepesertaannya ke Penerima Bantuan Iuran dari pemerintah (gratis) yang dikhususkan untuk fakir miskin, beralih ke status Pekerja Penerima Upah yang bayarkan oleh perusahaan atau mengajukan Peserta Penduduk yang Didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.
Dikutip dari Peraturan Bpjs Kesehatan No. 6 Tahun 2016 yang diluncurkan pada bulan desember 2016. Ketentuannya mengenai perubahan BPJS sanggup anda baca pada peraturan ini bab ke dua, ke tiga dan ke empat.

Bagian Kedua
Perubahan Status Kepesertaan Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan Pekerja Menjadi Peserta PBI
Pasal 5
(1) Perubahan status kepesertaan Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan Pekerja menjadi Peserta PBI sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 abjad a dilakukan terhadap Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan Pekerja yang memenuhi kriteria sebagai fakir miskin dan orang tidak mampu.

(2) Perubahan status kepesertaan menjadi Peserta PBI sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.
Bagian Ketiga
Perubahan Status Kepesertaan Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan Pekerja Menjadi Peserta Pekeija Penerima Upah
Pasal 6
(1) Perubahan status kepesertaan Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan Pekerja menjadi Peserta Pekerja Penerima Upah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 abjad b dilakukan dengan memperhatikan jumlah anggota keluarga tertanggung.
(2) Dalam hal jumlah anggota keluarga tertanggung sebagaimana dimaksud pada ayat (1) melebihi hak Peserta, anggota keluarga yang dialihkan hanya sejumlah haknya.
(3) Dalam hal jumlah anggota keluarga melebihi hak Peserta sebagaimana dimaksud pada ayat (2), maka anggota keluarga yang belum ditanggung sesuai hak Peserta:

a. dialihkan menjadi anggota keluarga tambahan; atau
b. tetap terdaftar sebagai Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah atau Peserta Bukan Pekerja.
(4) Perubahan status kepesertaan Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan Pekerja menjadi Peserta Pekerja Penerima Upah dilakukan dengan melengkapi persyaratan registrasi Peserta Pekerja Penerima Upah.
Bagian Keempat
Perubahan Status Kepesertaan Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan Pekerja Menjadi Peserta Penduduk yang Didaftarkan oleh Pemerintah Daerah
Pasal 7
(1) Perubahan status kepesertaan Peserta Pekerja Bukan Penerima Upah dan Peserta Bukan Pekerja menjadi Peserta Penduduk yang didaftarkan oleh Pemda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 abjad c dilakukan melalui registrasi sebagai Peserta Penduduk yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.
(2) Pendaftaran Peserta Penduduk yang didaftarkan oleh Pemda sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dalam Perjanjian Kerja Sama BPJS Kesehatan dengan Pemerintah Daerah.

Bagaimana bila ada iuran yang menunggak sehabis status kepesertaannya berubah? apakah tetap dibayar atau sudah danggap hangus? silahkan baca halaman selanjutnya...