Latest News

Gee Jhon - Master Adsense tapi Ngaku Minim Ilmu SEO

Banyak orang beranggapan, blogger yang expert di dunia Adsense tentu juga hebat di bidang SEO. Pendapat itu mungkin ada benarnya. Tapi sudut pandang itu mampu melenceng kalau ngomongin blogger yang satu ini.

Saya perkenalkan kepada Anda Gee Jhon - seorang blogger, publisher Adsense dan sekaligus pengelola blog portal-uang dot com.

Anda tentu berpikir, Gee Jhon kan hanya ID trus nama aslinya siapa ya? Jika itu terpendam di benak Anda, berarti kita sama, alasannya yaitu dikala interview saya pun lupa menanyakan hal itu.

Tapi ya sudahlah, apalah arti sebuah nama yang penting kan prestasinya, toh nanti mampu kita tanyakan eksklusif sama orangnya..he he.

Lewat obrolan santai, saya bakal banyak ngoceh soal pengalaman bermain Adsense dari member senior di IAPD (Indonesia Adsenses Publisher Discussion) ini. Pantengin terus ya bro..

Gee Jhon -  Master Adsense tapi Ngaku Minim Ilmu SEO

6 Tahun Bergelut dengan Adsense


Anda tentu bertanya, kenapa memilih mas Gee Jhon bukan blogger lain? Jika referensi pikir Anda mengarah soal earning Adsense nya, itu salah besar. Bagi saya, mas Gee Jhon yaitu fighter Adsense sejati (keren kan istilahnya).

Enam tahun bukan waktu yang singkat bagi seorang blogger untuk bertarung di kegiatan iklan sekelas Adsense. Menurut mas Jhon, menjalankan Adsense itu susah-susah gampang. Butuh akad dan dedikasi yang tinggi.

Dibilang susah, alasannya yaitu pada 7 bulan pertama semenjak menjadi publisher, beliau tidak dibayar sepeser pun oleh Adsense, alias no pay out. Baru pada bulan berikutnya ( bulan ke-8) beliau gajian untuk pertama kalinya sebesar $100.

Ia gres mampu mencicipi gajian rutin bulanan setelah 6 bulan semenjak gajian pertama nya. Artinya, butuh waktu hampir 1,5 tahun bagi mas Jhon untuk mampu menstabilkan pendapatan nya di Adsense.

Seperti yang dikutip dari bacaanku dot com, rekor gajian mas Gee Jhon tembus sampai $1700 pada bulan November tahun lalu. Cek aja pakai kalkulator kalau kurs rupiah dikala itu Rp.14.000, nilai nya mampu melebihi 5 bulan gaji pokok PNS.

Master Adsense tapi Minim Ilmu SEO?


Inilah yang bikin saya penasaran. Masak sih mas Jhon yang lihai ngutak-atik Adsense tapi nggak paham soal SEO? Padahal di setiap pencarian kata kunci soal Adsense, artikelnya selalu muncul di pageone. Kok bisa?

Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut saya rangkum hasil interview singkat saya dengan mas Gee Jhon. (ssst..itung-itung kita bongkar resep ngeblognya..hi hi)

Saya : Apa kabar mas?  maaf nih saya ada perlu sama mas jhon. Saya mau nulis artikel yang mengangkat profil unik dari mas Jhon..

Gee Jhon : Boleh.... silakan bos sebelum saya mau nulis

(tuh enaknya ngobrol sama mas Jhon, semua orang di panggil BOS)

Saya : Apa mas Jhon bener-bener kurang menguasai soal SEO?

Gee Jhon : ya bos..saya memang nggak banyak berguru seo, dan kesudahannya saya sama sekali melupakan seo..

Saya : Apa yang terlintas pertama kali, setelah artikel dibuat oleh mas Jhon? maksudnya, dalam hal promosinya,..target pembacanya dll.. 

Gee Jhon : hhmmm... apa ya? entah lah bos…bisa dikatakan saya hanya memanfaatkan share otomatis ke FP (fanspage) dan G+ aja..dan email ke pelanggan seminggu sekali..

Saya : Dari situs lain mungkin?

Gee Jhon : entah juga tuh bos, saya gak pernah memikirkan situs lain..

Saya : saat nulis artikel,..apakah nulis secara alami,.atau harus ikut kaidah2 SEO,..seperti onpage dan offpage nya?

Gee Jhon : saya cenderung nulis alami saja..saya pernah mencoba tuk ngikuti kaidah2 seo on page…tapi hasilnya gak beda jauh dengang yang saya tulis secara alami..jadi akhirnya, ya sudah saya nulis alami saja..saya sekarang pake yoast..tapi mungkin hanya 3% dari artikel saya yang bahkan memiliki kw (keyword) fokus..

Saya : Pernah riset keyword mas?

Gee Jhon : Ngga

Saya : Kalo boleh tahu,..apakah portal uang yaitu blog pertama yang mas Jhon kelola?

Gee Jhon : bukan bos…mungkin portal yaitu blog ke-10 saya..tapi kalau dihitung yang seriusnya saja, mungkin blog ke-5 saya..

Saya : Jadi, mas jhon pernah punya 9 blog yang mampu dikatakan "gagal" ?

Gee Jhon : saya sih, lebih suka gak memakai kata gagal ya.. tapi emang tujuannya waktu itu sama sekali bukan untuk mencari uang, atau ingin blognya populer atau gimana..tapi murni hanya untuk menyebarkan saja… dan nggak 9,, mungkin 4 - 5 an lah

Saya : porsi atensi nya terhadap 5 blog yang lain itu gimana mas?

Gee Jhon : tapi saya berusaha tuk 'adil'..tapi memang ya,,,,, saya masih nulis semaunya kalo tuk blog yang saya anggap sekedar daerah curhat

Saya : jadi kesimpulan saya,..mas jhon ngeblog tanpa pusing soal SEO,..dan portal uang yaitu blog yang ke-10 yang udah di kelola,..bukan begitu mas?

Gee Jhon : ya... kurang lebih begitu..tapi kalo yang dikelola secara serius ada 6 termasuk portal..

Saya : selama 5 tahun jadi publisher Adsense,.pernah kena pinalti nggak mas?

Gee Jhon : belum

Saya : maaf nih rada sensitif pertanyaannya,..apa portal uang yaitu penyumbang terbesar dolar adsense?

Gee Jhon : bukan..PU (portal uang) menyumbang sekitar 40% saja.. sisanya dari 5 blog saya yang lain,.termasuk dari erudisi. Ok, saya tambahkan lagi mungkin berguna…intinya saya jalanin adsense, 2 tahun sebelum membuat PU.. jadi apa yang saya tulis di PU, yaitu pengalaman saya dalam mengelola blog-blog lainnya.

Penutup


Hanya kalimat sederhana yang mampu saya simpulkan. “SEO bukan faktor utama yang menjamin keberhasilan Anda dalam bermain Adsense”.

Anda buta soal SEO pun punya kesempatan yang sama untuk sukses di urusan ekonomi ini. Yang terpenting, tulis apa yang Anda tahu dan apa yang pembaca butuhkan.

Semoga profil dari mas Gee Jhon ini mampu menginspirasi Anda.

Akhir kata, SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.