Latest News

Cara Mudah Pasang Iklan di Facebook Plus Ongkosnya

Cara pasang iklan di Facebook. Banyak yang sudah mengenal iklan Facebook berjulukan FB Ads. Tapi aku yakin, masih banyak dari mereka yang mungkin belum tahu prosedur lengkapnya.

Nah, buat yang berminat ingin mempromosikan website atau produk urusan ekonomi nya di Facebook, disini aku akan memandu Anda. Tapi sebelum itu, ada 3 hal yang wajib Anda ketahui sebelum mulai membuat iklan, antara lain :
  1. Wajib memiliki halaman Facebook (FanPage), jikalau belum punya? Ya bikin dong.
  2. Memiliki banyak sahabat atau followers.
  3. Memiliki konten bermutu yang layak untuk dipromosikan.

Setelah Anda memiliki ketiga syarat di atas, selanjutnya silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Mudah Pasang Iklan di Facebook Plus Ongkosnya

Cara Pasang Iklan di Facebook Ads


1. Membuat iklan

Di halaman beranda Facebook Anda, klik tanda panah warna hitam pada pojok kanan atas layar browser Anda. Nantinya akan muncul menu dropdown. Pilih goresan pena “Buat iklan”.

2. Tentukan apa yang ingin Anda Iklankan

Terdapat 10 pilihan untuk kegiatan kampanye iklan. Sebagai pemilik website atau pun para blogger, mempromosikan kiriman dari halaman web untuk menggiring orang ke situs yang Anda kelola, tentu mampu jadi pilihan yang pas.

Sedangkan para pemain AdMob atau developer sebuah aplikasi, permintaan untuk memasang aplikasi serta berinteraksi lewat aplikasi yaitu pilihan yang lebih masuk akal.

Mempromosikan kiriman video sampai menggiring orang untuk menonton video yang Anda bagikan yaitu pilihan terakhir yang cocok bagi para youtuber.

3. Set Iklan Anda

Biasanya Anda akan diminta untuk mengisi beberapa kalimat promo pendek (sales writing) serta konfirmasi URL. Nantinya preview iklan akan muncul secara live pada bilah kanan. So, Anda mampu lihat bagaimana iklan ditampilkan eksklusif dikala Anda meng-editnya. Namun ada iklan tertentu dimana Anda tak perlu menambahkan kalimat promosi.

Kalimat promo (sales copy/sales writing) merupakan teks yang bertujuan untuk membuat calon pelanggan meng-klik iklan Anda.

Ada tiga elemen dalam iklan ini yaitu, headline, text, dan image. Headline dan image lebih bertujuan untuk menarik perhatian dan menjadikan rasa penasaran.

Sedangkan text harus berisi sales copy yang Anda buat sedemikian rupa biar orang tertarik untuk meng-klik iklan Anda. Pastikan anda sertakan call to action dalam episode ini.

4. Target Berdasarkan Geografi

Pilihlah lokasi dimana iklan Anda ingin ditampilkan. Jika ingin menambahkan target lokasi, lihatlah kotak yang memuat beberapa kota lain yang berjarak antara 10, 25, atau 50 mil dari kawasan yang Anda pilih.

Melalui opsi ini Anda mampu membuat iklan yang tertarget. Facebook Ads memungkinkan Anda untuk menargetkan kawasan ibarat negara, kota, propinsi, bahkan arahan pos sekalipun.

5. Target Berdasarkan Umur dan Jenis Kelamin

Pilih grup dari kategori jenis kelamin dan umur dimana iklan Anda ingin ditampilkan. Untuk memberi kebebasan pada Facebook guna menampilkan iklan Anda ke orang di luar grup yang telah Anda tentukan, Anda mampu centang box di episode kanan.

6. Target Berdasarkan Kategori dan Precise Interest

Di sini Anda mampu targetkan iklan berdasarkan hobi, status, minat, latar belakang budaya, dan lain sebagainya.

Pilihan-pilihan tersebut meliputi broad categories (kategori luas) dan precise interest (minat tertentu), Agar target Anda lebih sempurna sasaran, gunakan opsi ini secara spesifik.

Ingin men-targetkan golongan yang sudah menikah dengan hobi unik? Anda mampu gunakan fitur ini untuk mempersempit target iklan Anda biar iklan yang tampil lebih responsif.

7. Apa itu Precise Interest?

Jika sebab suatu alasan, minat tertentu yang Anda targetkan tidak ada di opsi pilihan di atas, maka Anda mampu memilih opsi ini.

Masukkan dengan mengetik kata kunci yang relevan dengan hal yang kira-kira menjadi kesukaan target iklan Anda, dan Facebook akan menampilkan beberapa pilihannya untuk Anda.

Contoh, ketik kata "marketing" dan karenanya secara eksklusif akan muncul sama persis sesuai dengan kata kunci yang Anda ketikkan sekaligus kata kunci relevan lainnya yang mungkin juga ingin Anda targetkan.

Anda mampu lebih 'precise' lagi dengan fungsi ini, ibarat misalnya men-target orang yang menyukai fanpage tertentu.

8. Apa itu Broad Categories?

Pada fitur ini, Facebook menyediakan aneka macam pilihan.

Jika Anda melihat kategori yang cocok dengan target market yang Anda targetkan, Anda mampu centang kotak kecil di sebelah nya dan iklan Anda akan secara otomatis dimasukkan dalam segmen pilihan Anda tersebut.

9. Target Berdasarkan Connection (hubungan)

Meski Anda mampu menargetkan iklan berdasarkan minat, usia, dan lokasi, Facebook juga menunjukkan kepada Anda untuk menargetkan iklan berdasarkan connection (koneksi).

Contohnya orang-orang yang ter-koneksi dengan fanpage Anda (yang pernah 'like' fanpages Anda), atau Apps tertentu, atau bahkan Anda mampu targetkan "friends" dari seseorang sahabat Anda di Facebook.

Fitur targeting tambahan ini juga meliputi orientasi s*ksu4l, status relasi (menikah, tunangan, single, dan lain sebagainya), bahasa, tingkat pendidikan, dan pekerjaan.

10. Tentukan Tujuan dan Harga Iklan

Inilah tahap yang sedikit merepotkan. Intinya, ada dua jenis iklan yaitu CPM dan CPC.
  • CPM (cost per miles) – tarif yang harus Anda keluarkan untuk setiap 1000 iklan yang tampil (diklik atau pun tidak). 
  • CPC (cost per click) – tarif yang harus Anda bayar  artinya anda akan ditarik bayaran tiap kali iklan anda di klik oleh calon pelanggan anda.

Jika target iklan yang Anda tentukan kurang spesifik, pilih CPC sehingga Anda hanya membayar orang yang tertarik dengan iklan Anda dan meng-kliknya.

Namun, jikalau target iklan Anda amat spesifik dan tertarget, sehingga Anda begitu pede iklan Anda besar kemungkinan akan diklik orang, maka gunakan jenis CPM untuk lebih meminimalkan biaya iklan.

Saran aku pribadi, buat iklan dalam CPM dulu, setelah memiliki konversi yang indah gres ubah ke CPC. Jika nantinya konversi sudah indah kembalikan lagi menjadi CPM tanpa perlu mengubah isi iklan.

Untuk ubah CPM menjadi CPC di episode ini, ubah Objective Anda menjadi "click on my ad or sponsored story" di episode menu dropdown-nya.

Facebook mengubah tampilan halaman setup iklannya dari waktu ke waktu. Tampilan halaman setup iklan ini juga mungkin berbeda negara per negara. 

11. Review Iklan Anda

Pastikan Anda review ulang iklan Anda sebelum Anda iklankan dengan cara meng-klik tombol "Review Order" yang ada disebelah tombol "Place Order".

Selalu pastikan bahwa Anda tahu bagaimana jenis iklan yang Anda beli (CPC atau CPM) ketika iklan sudah diterbitkan, siapa targetnya, dan hal-hal lain sesuai dengan yang Anda inginkan.


Perhitungan Biaya Facebook Ads


Bagi Anda yang masih awam soal beriklan di Facebook tentu bertanya-tanya, “cara bayar iklannya gimana ya?”…. Pembayaran iklan Facebook mampu menggunakan debit/kredit card atau pun lewat Paypal.

Lalu bagaimana sistem biaya pada iklan Facebook? Ada 3 cara antara lain :

CPC – cost per click

Iklan dikenakan bayaran apabila iklan yang tampil di klik oleh target audien. Atau istilahnya "klik dulu, gres bayar!" Ngga ada klik, ya nggak perlu bayar! Tarifnya berdasarkan nilai bid yang telah ditentukan oleh Anda sebagai pengiklan.

Jika nilai bid CPC yang diletakkan yaitu sebesar $0.09, maka biaya CPC yang dikenakan mungkin $0.09 atau mampu lebih rendah (jika iklan kita bagus, ada diskon dari Facebook).

CPM – cost per 1000 impression/view

CPM yaitu tarif yang dikenakan berdasarkan 1000 kali iklan yang tampil. Ini sangat berbeda dengan CPC. Dengan CPM, Anda dikenakan bayaran setiap 1000 kali iklan Anda tampil di halaman Facebook, meski iklan tanpa klik dari pengguna.

Tarif yang dikenakan yaitu antara $0.01 – $0.05 untuk 1000 kali iklan yang tayang (impression). Anda boleh menentukan nilai bid-nya.

AutoCPM

Terdapat 2 jenis autoCPM, yaitu AutoCPM promote post dan sidebar.

a. AutoCPM (promote post) – cost per reach

AutoCPM ini secara otomatis akan dipakai jikalau Anda menggunakan iklan jenis Sponsored Post. (tekan tombol ‘promote’ pada post di fanpage Anda).

Ongkos yang dikenakan yaitu berdasarkan riset (sasaran audiens yang dicadangkan oleh pihak Facebook).

b. AutoCPM sidebar

Digunakan jikalau Anda memilih setting ibarat gambar rajah di bawah dikala mengelola  iklan Anda. Anda cukup menentukan anggaran iklan nya, dan pihak pengiklan FB akan jalankan iklan Anda secara otomatis.

Iklan berjalan tanpa merujuk bid CPC,  bid CPM, dan jumlah riset target. Oleh pihak Facebook, iklan Anda berjalan sesuai budget yang telah Anda tetapkan. Menggunakan AutoCPM jenis sidebar ini mampu berisiko, untuk itu pasang budget dengan nilai terendah dulu.

Penutup


Dengan memanfaatkan iklan dari media umum Facebook, Anda akan menemukan pengalaman yang berbeda dengan audiens sesuai yang Anda inginkan. Melalui beberapa tahapan mudah yang telah dijelaskan di atas, diperlukan konversi kunjungan akan meningkat untuk mencapai target laba Anda

Tentunya semua tergantung penargetan iklan yang tepat. Ditambah dengan metode cost iklan yang mampu diubahsuaikan dengan isi kantong Anda.

Lalu, tunggu apa lagi?

Semoga bermanfaat, tamat kata SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.