Latest News

Cara Daftar BPJS PBI untuk Warga Miskin Gratis

Sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap kesehatan warga yang dikategorikan miskin, maka warga miskin bisa mendaftar BPJS PBI, kebijakan ini juga merupakan subsidi silang dari iuran penerima non pbi yang tidak sakit untuk membantu saudaranya yang miskin yang sedang sakit (sistem gotong royong, untuk menolong sesama).
 Bagi anda yang sudah terdaftar BPJS Gratis, namun merasa bisa membayar atau ada penghasilan, akan lebih bijak jikalau kita beralih ke BPJS non PBI, alasannya ialah kalau kita bisa kenapa harus gratis, padahal penerima gratis ini untuk orang-orang miskin. Namun banyak kita temui di lapangan, bisasanya orang bisa ingin jatah orang miskin. Yang dikategorikan miskin di sini ialah mereka menghidupi sehari hari aja susah? solusinya bisa ikut bpjs dengan kategori PBI (Penerima Bantuan Iuran) artinya ialah penerima bpjs PBI tidak membayar iuran perbulanya, yang membayar ialah pemerintah.


Lalu jikalau dibayari pemerintah/ Peserta PBJS PBI masuk kelas rawat berapa? otomatis untuk warga tidak bisa yang keanggotaan bpjs PBI masuk kelas rawat 3 dan tidak bisa naik kelas ke 2 atau 1. Bila anda merasa bisa dan ingin pindah ke kelas 2 atau 1 bisa  pindah ke sistem bpjs berdikari yang harus membayar iuran setiap bulannya.
Iuran Peserta PBI perbulan gratis yang di tanggung pemerintah ini di khususkan untuk warga miskin kategori warga tidak bisa sangat luas diantaranya:
1.Fakir Miskin ialah orang yang sama sekali tidak memiliki sumber mata pencaharian dan/atau memiliki sumber mata pencaharian tetapi tidak memiliki kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan keluarganya
2.Orang Tidak Mampu ialah orang yang memiliki sumber mata pencaharian, honor atau upah, yang hanya bisa memenuhi kebutuhan dasar yang layak namun tidak bisa membayar iuran bagi dirinya dan keluarganya.

CARA DAFTAR BPJS PBI UNTUK WARGA TIDAK MAMPU

Siapkan syarat syarat berikut:
1.Foto copy KTP dan KK
2.Surat keterangan tidak bisa dari kelurahan setempat.
3.Foto 3×4 2 LEMBAR
4.Rekomendasi puskemas

Langkah daftar bpjs

1.Minta surat pengantar ke kelurahan dari RT untuk mencari SKTM
2.ke Kelurahan minta surat keterangan tidak mampu
3.Ke puskesmas minta surat rekomendasi
4.Ke kantor bpjs terdekat jangan lupa bawa syarat syarat diatas.

Catatan


- Jika anda memang belum punya jaminan kesehatan bpjs segeralah mendaftar BPJS alasannya ialah orang tidak tahu kapan akan sakit dan juga bpjs bersifat wajib.
- Peserta pemegang KIS, Jamkesmas otomatis terintegrasi/ berfungsi menjadi BPJS

Source:


  • bpjs gratis,
  • bpjs gratis dari pemerintah,
  • bpjs gratis tanpa iuran,
  • bpjs gratis 2016,
  • cara daftar bpjs gratis,
  • cara mendaftar bpjs gratis,
  • daftar bpjs gratis,
  • cara daftar KIS,
  • bpjs kesehatan gratis,
  • bpjs miskin