Latest News

Apa Perlu menukarkan e-ID Bpjs dengan Kartu Bpjs Kesehatan

Bagi anda yang mendaftar BPJS berdikari secara pribadi tentunya akan mendapat kartu BPJS kesehatan. Namun bagi sebagian masyarakat yang mendaftar Bpjs Kesehatan secara Online niscaya mendapat e-ID Bpjs berupa file Pdf yang lalu di cetak atau di print out menjadi selembar kertas biasa. Kemudian ada pertanyaan, sehabis punya e-ID apa perlu ke kantor Bpjs untuk mendapat kartu Bpjs Kesehatan yang asli, sementara sebagian mereka malas untuk ke kantor Bpjs lantaran ngantri atau jauh dari daerah tinggal.
Maih bingung? baca keterangan di bawah ini:


1. Apa sanggup e-ID di Tukar dengan Kartu BPJS Kesehatan yang asli?
Tentu bisa, namun hal itu tidak harus dilakukan, mengingat fungsi dan kegunaan e-ID sama saja dengan kartu BPJS Kesehatan yang biasa. Namun kalau Anda tetap ingin menukarnya, Anda sanggup mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat.

2. Apa Perbedaan e-ID dengan kartu BPJS Kesehatan?

Tidak ada perbedaan dari segi kegunaan. Baik e-ID maupun kartu BPJS Kesehatan yang biasa sama-sama sanggup dipakai untuk memperoleh layanan kesehatan di kemudahan kesehatan. Kartu e-ID ini sama sahnya, sama validnya, dengan kartu BPJS Kesehatan yang biasa. Kartu e-ID juga sanggup dicetak dengan tinta hitam saja (tidak harus berwarna) di kertas HVS/A4 biasa.

3. Bagaimana cara memakai e-ID untuk berobat?

Seperti kartu Bpjs yang asli, Anda cukup mengatakan e-ID dan identitas diri lainnya ibarat KTP untuk mendapat pelayanan kesehatan di banyak sekali kemudahan kesehatan.

4. Jika salah mengisikan data pada ketika melaksanakan registrasi online? Bisakah  mengubah data yang sudah isikan?

Bisa saja tapi khusus Faskes dan Kelas Bpjs anda perlu waktu lama, perubahan data hanya sanggup dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat. Oleh lantaran itu, disarankan agar segera melapor dan mengurus perubahan data di sana, sehingga anda sanggup memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan hak anda. Sekedar untuk berjaga-jaga, kami sarankan juga untuk membawa fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, dan pasfoto ukuran 3x4 dua lembar ketika mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat.

5. Kenapa File Pdf e-ID Ada yang kosong?

Kemungkinan  terdapat data perihal kemudahan kesehatan yang belum diisi lengkap, ibarat lokasi kemudahan kesehatan tingkat pertama, dokter keluarga, dan atau nama dokter gigi (jika Anda menentukan dokter keluarga sebagai kemudahan kesehatan tingkat pertama). Oleh karenanya, kami sarankan segera mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan cabang terdekat untuk melengkapi data dan mencetak e-ID Anda, alasannya yaitu ibarat yang telah dijelaskan sebelumnya, perubahan data penerima hanya sanggup dilakukan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

6. Kenapa link aktivasi saya di folder spam tidak sanggup diklik?

Untuk problem tersebut coba email tersebut Anda dipindahkan ke folder inbox terlebih dahulu, lalu klik refresh, dan klik kembali link tersebut.

Kesimpulan: Anda tidak harus menukarkan e-ID Bpjs dengan kartu Bpjs asli, lantaran keduanya sah dan valid dan sanggup digunakan. Jika anda ingin mendapat kartu Bpjs kesehatan silakan tiba saja ke kantor Bpjs terdekat.