Latest News

Agar Terkenal di Facebook Tanpa Bayar Iklan

Facebook telah menjadi raksasa periklanan paling kompetitif. Media sosial yang satu ini sangat potensial untuk perjuangan kecil, startup, dan juga pengusaha di seluruh dunia.

Sayangnya, semakin ketatnya persaingan telah menciptakan suasana yang bising untuk ukuran jaringan media umum terbesar di dunia.

Indikasi nya mampu dilihat pada website perusahaan industri yang mengalami penurunan dramatis dalam jangkauan organik mereka di Facebook. Akibatnya, banyak yang beralih ke iklan berbayar untuk lebih bersahabat dengan konsumen mereka tanpa khawatir wacana jangkauan organik.

Namun banyak perjuangan kecil yang ingin ikut ‘bermain’ tapi terhalang dalam hal anggaran.

Jika Anda berada di posisi ini, ada beberapa hal yang mampu Anda lakukan untuk mempopulerkan Fanspage Facebook Anda tanpa perlu membayar iklan.

Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk iklan, mungkin taktik di bawah ini mampu Anda pelajari sebagai satu-satunya pilihan untuk mencapai kesuksesan di Facebook.

Agar Terkenal di Facebook Tanpa Bayar Iklan

Berinvestasi di Konten Remarkable


Tanpa anggaran untuk membayar iklan, Anda harus berinvestasi lebih banyak energi ke agresifitas konten dan posting di media umum biar orang mau ‘share’ konten Anda. Bagaimana caranya?

1. Invest pada konten yang luar biasa

Jika postingan Anda biasa-biasa saja, jangan mengharapkan keberhasilan organik pada media sosial. Itu tak akan terjadi.

Orang tidak akan men-share konten yang tidak beresonansi dengan mereka atau yang tidak membuat mereka menjadi lebih tahu, makin sukses atau tidak memotivasi.

2. Posting Blog dengan Serius

Posting blog yang panjang dan mendalam yaitu cara yang indah untuk mengalahkan pesaing Anda dan membangun persona Anda sebagai andal dibidang yang Anda tekuni.

Pemirsa melihat posting jenis ini sebagai informasi yang berharga, terutama ketika Anda meluangkan waktu untuk memasukkan banyak sekali unsur bermanfaat, ibarat :
  • Link ke studi penelitian, dan sumber daya komplemen pada topik
  • Screenshot, kustom grafis, dan gambar terkait lainnya
  • Video pendukung materi
Semakin dalam konten Anda, semakin berharga di mata pembaca. Anda mungkin akan mendapat lebih banyak share pada jenis konten generik, dibanding konten yang biasa-biasa saja.

3. Buat ‘Graphics Engaging

Pernahkah Anda jumpai gambar  dengan ‘like’ hampir ratusan bahkan ribuan serta komentar yang mengalahkan postingan teks? Itu alasannya yaitu pada platform media sosial, orang lebih suka mengkonsumsi elemen visual dibanding tulisan.

Berbagi grafis unik dan menarik yaitu cara yang indah untuk menerima perhatian audiens Anda. Bila Anda memiliki sesuatu untuk disampaikan, selalu sertakan gambar berkualitas tinggi.

4. Mulai Berinvestasi pada Konten Video

Saat ini masih jarang orang fokus dalam menempatkan konten video di situs media sosial. Sebagai bukti, Facebook baru-baru ini merilis beberapa statistik yang berpengaruh wacana elemen video mereka:

Kecenderungan statistik tergantung jenis konten yang Anda bagikan. Jika Anda ingin membuat dampak organik dengan Facebook, konten video dapat merealisasikan hal itu.

Kenali dan Pelajari Audiens Anda


Tahukan Anda aspek terpenting dari Fanspage Facebook? Bukan soal posting atau konten pada blog Anda. Membagikan konten setiap kali update, itu bukan cara yang cerdik.

Bagian paling penting nya yaitu AUDIENS Anda.

Setelah memahami konsep ini, Anda akan dapat benar-benar merancang media umum sebagai sarana popularitas tanpa perlu membayar iklan.

Jika benar-benar ingin memahami audiens Anda, lakukan beberapa beberapa hal berikut ini :

1. Wawancara Pelanggan Ideal Anda

Cari orang yang memenuhi kriteria sebagai ‘subcriber’ ideal. Ajukan pertanyaan di bawah ini dikala sesi wawancara:
  • Bagaimana ukuran kesuksesan menurut Anda?
  • Apa sarana yang dipakai untuk menyelesaikan tugas-tugas harian Anda?
  • Apa yang Anda lakukan untuk mencapai kesuksesan?
  • Darimana informasi wacana pekerjaan Anda peroleh?
  • Blog, buku, atau media cetak apa yang Anda baca?
  • Apakah Anda tergabung dalam asosiasi atau kelompok eksklusif?
  • Apa tantangan terbesar Anda?
Beberapa pertanyaan di atas akan sangat membantu untuk mengetahui dan memahami audiens Anda. Setelah memahami mereka dengan lebih baik, Anda dapat membuat konten yang kuat, dan lebih menarik untuk media sosial.

2. Buat Target Hiper-Persona

Setelah memahami pelanggan ideal Anda, saatnya melaksanakan sesuatu dengan informasi yang telah Anda kumpulkan. Jangan hingga info tersebut mubazir, gunakan untuk membentuk hiper-persona Anda.

Sebuah persona (bukan pesona) membantu memposisikan konten Anda terhadap orang tertentu.

Selain informasi yang Anda kumpulkan dikala wawancara, elemen persona juga mencakup hal-hal di bawah ini:
  • Informasi demografis
  • Rincian spesifik kerja dan tugas
  • Solusi untuk sebuah masalah
  • Kendala yang paling umum
  • Cara mengidentifikasi
Kombinasi informasi ini mampu memastikan bahwa Anda tahu sebanyak mungkin wacana audiens Anda. Jika Anda membuat konten yang sangat-menarik untuk persona ini, brand Anda akan mudah dikenal di media umum tanpa perlu membayar iklan.

Hindari Kesalahan yang Sering Terjadi


Kesalahan dalam seni administrasi media umum dapat merusak reputasi dan menjauhkan brand Anda dari audiens.

Melakukan kesalahan dalam upaya menghindari biaya iklan di media umum kemungkinan nya mampu saja terjadi. Jangan hingga kesalahan-kesalahan di bawah ini, mengganggu keberadaan brand Anda di media sosial.

1. Update Konten di Setiap Platform

Jangan update postingan yang sama untuk setiap jaringan media umum Anda.

Sebaliknya, buatlah konten khusus untuk setiap profil alasannya yaitu konten yang ‘famous’ di Facebook belum tentu di sambut baik oleh penghuni Twitter. Atau hal-hal yang Anda posting di Instagram jangan hingga sama dengan gambar-gambar pada halaman Facebook Anda.

Setiap platform memiliki budaya sendiri, pikirkan hal itu dikala Anda update konten.

Posting pesan yang sama ke setiap platform mengisyaratkan Anda seorang pemalas. Anggaplah ‘follower’ Anda di media umum sebagai penggemar setia Anda. Bila Anda mulai jarang update konten unik di setiap platform, sama artinya mengabaikan loyalitas pendukung Anda.

Melalui kicauan yang unik atau juga konten yang menarik, tunjukkan betapa Anda menghargai penggemar. Sesuaikan dengan konteks dan karateristik setiap platform media umum Anda.

2. Meng-Infus Tulisan dengan Personal Branding

Hindari postingan klise, update konten generik.

Dunia online bergerak sangat cepat. Jika hanya meniru, tidak ada yang akan memperhatikan konten Anda.

Buat personal branding paling berbeda diantara yang lain, lalu bagikan kepada dunia. Ini yang akan membuat pengguna ingin melihat komoditas yang Anda jual.

3. Memperbarui Channel lewat Cara Reguler

Jangan malas posting, update konten secara teratur.

Jika konten Anda ingin dilihat tanpa lewat iklan, butuh keterlibatan atau totalitas Anda secara serius. Untuk mencapai hal ini, kerah kan anutan terbaik Anda melalui publikasi konten hebat yang rutin setiap minggu.

Strategi kompleks dan implementasi taktis mampu mengantarkan kesuksesan di media umum melalui website Anda.

Kesimpulan


Jika ingin melihat keberhasilan organik di Facebook dan jaringan sosial lainnya, saatnya untuk berinvestasi melalui perencanaan yang tepat.

Anda tidak harus membayar iklan untuk menerima momentum di situs media sosial, tetapi Anda harus bekerja lebih keras dan berpikir lebih cerdas untuk mendapatkannya.

Apakah Anda bersedia?


Semoga bermanfaat. SAY NO TO COPY PASTE. Wassalam.